[Podcast Episode #6] – Tips Mengelola Gaji yang Tepat

– Musik Pembuka –


  • Hai, sobat KoinWorks!
  • Kebali lagi di Podcast KoinWorks!
  • Saya mau nannya deh sama temen-temen. Pernah, nggak sih, teman-teman merasa, kenapa ya gaji cepat habis? Perasaan baru gajian tapi kok udah kangen gajian lagi, ya?
  • Nah, kalau saya pribadi keinginan saya untuk belanja jadi lebih tinggi. Penginnya makan di restoran fancy, jalan-jalan atau nongkrong sama teman-teman, beli baju, sepatu baru, dan lain lain.
  • Terus di minggu ke-2 setelah saya gajian, cek dompet, cek rekening, rasa-rasanya sudah saatnya kembali mengkonsumsi mie instan sampai gajian berikutnya.
  • Kalau teman-teman merasa hal ini sering terjadi hampir setiap bulan, berarti sudah saatnya kita  mencoba untuk mengubah kebiasaan ini supaya nggak perlu lagi makan mie instan sampai akhir bulan.
  • Dan, di episode kali ini, saya akan membahas tips mengelola gaji supaya nggak cepat habis sebelum akhir bulan!
  • Disimak ya teman-teman

– Selingan –


  • Tips yang pertama. Ingat ya teman-teman! Jangan sampai berpikir kalau kalian tiba-tiba jadi “kaya” sesaat setelah gajian. Ini adalah hal yang paling mendasar untuk mengatur gaji teman-teman agar tidak habis saat baru minggu ke-2. Ketika teman-teman berpikir bahwa teman-teman sedang memiliki uang yang banyak, biasanya kalian juga akan berpikir kalau kalian bisa membeli apa saja dengan uang itu.
  • Kamu harus tetap memikirkan keuangan jangka panjang, memperhitungkan keperluan-keperluan yang sifatnya penting dan juga kemungkinan adanya keperluan tidak terduga sampai tanggal gajian berikutnya.
  • Nah, untuk menyiasatinya, pertama, teman-teman harus membuat daftar alokasi pengeluaran yang sudah pasti jumlahnya, setidaknya 50% dari pemasukan utama.
  • Misalkan dari gaji 10 juta, 2 juta dialokasikan untuk membayar sewa kost, 1 juta untuk transportasi selama 1 bulan, dan 2 juta untuk makan sebulan. Karena pengeluaran ini sifatnya tetap, kamu tidak bisa lagi mengganggu-gugat jumlahnya, kecuali ada hal mendadak yang memang harus dipenuhi.
  • Kemudian, setelah mencatat pengeluaran wajib, teman-teman juga harus mencatat daftar kebutuhan yang harus dibeli.
  • Ingat ya teman-teman, kebutuhan bukan keinginan, ya. Di sini kamu harus mementingkan untuk membeli barang-barang kebutuhanmu yang sudah habis dan harus diisi ulang stoknya. Contohnya, peralatan mandi, bahan makanan, ataupun hal-hal sederhana seperti peralatan mencuci.
  • Teman-teman juga harus menentukan berapa jumlah yang harus kamu beli dan estimasi harga dari barang-barang tersebut.
  • Setelah itu, kamu bisa menentukan jumlah maksimal yang harus kamu keluarkan untuk belanja bulanan dan ini seharusnya diambil 30% dari pemasukan utama teman-teman.
  • Selanjutnya untuk kebutuhan harian. biasanya saya pripadi membawa uang cash secukupnya. Cara ini juga cukup ampuh untuk orang-orang seperti saya yang mager alias malas gerak, karena dengan membawa uang sedikit berarti saya harus bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang ketika uang di dompet habis setelah gunakan untuk berbelanja.
  • Dengan adanya uang cash yang banyak jumlahnya juga bisa mempengaruhi kita untuk terus berbelanja, lho. Malah akan bikin teman-teman jadi lebih boros.
  • Selain itu, kalau teman-teman membawa uang cash secukupnya, itu artinya tidak perlu lagi mengandalkan kartu kredit untuk keperluan-keperluan sederhana saat berada di luar, seperti biaya makan dan lain sebagainya.

– Selingan –


  • Dan sisa 20% dari gaji teman-teman adalah jumlah uang yang sebaiknya disimpan
  • Soal menyimpan uang, ada 2 cara yang bisa dipertimbangkan yakni menabung atau menjadi pendana di KoinWorks.
  • Kalau teman-teman ingin menggunakan uang tersebut sewaktu-waktu, sebaiknya ditabung atau disimpan saja di bank agar bisa ditarik kapan saja dan bisa langsung digunakan.
  • Tetapi kalau teman-teman merasa tidak membutuhkan uang tersebut dalam waktu dekat, sebaiknya teman-teman bisa mencoba menjadi pendana di KoinWorks.
  • Karena apabila dibiarkan di dalam tabungan, nilai dari uang teman-teman akan tergerus seturut waktu dengan adanya inflasi dan biaya administrasi bulanan.
  • Sebaliknya, kalau teman-teman menjadi Pendana di KoinWorks, nilainya akan terus bertumbuh seturut waktu.
  • Nah, untuk menjadi Pendana di KoinWorks tenag aja  teman-teman bisa memulainya dari Rp100 ribu saja kamu sudah bisa mulai mendanai!

– Selingan –


  • Nah, coba deh teman-teman ikutin beberapa tips mengelola gaji yang saya berikan, jadi teman-teman lebih bijak dalam mengelola keuangan!
  • Oh ya, teman-teman jangan lupa, selalu sisihkan uang untuk ditabung atau pun menjadi Pendana di KoinWorks.
  • Caranya gampang banget! Segera daftar di www.koinworks.com dan jangan lupa masukkan Kode Promo (temukan kode promo dengan mendengarkan Podcast dan dapatkan modal awal investasi sebesar 75.000 KOIN)
  • Investasi tak pernah semudah ini!

Investasi Sekarang


Baca Juga:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.