Home » Blog » Bisnis & UKM » QRIS Antarnegara Resmi Diluncurkan, Berlaku di Negara Mana Saja?

QRIS Antarnegara Resmi Diluncurkan, Berlaku di Negara Mana Saja?

QRIS antarnegara

Tahukah kamu? Baru-baru ini, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan QRIS antarnegara yang dapat digunakan di luar negeri.

QR Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara secara resmi diluncurkan pada tanggal 29 Agustus 2022 oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan perilisan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik.

Dalam pelaksanaannya, presiden didampingi oleh Perry Warjiyo selaku Gubernur BI,  Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Kemaritiman, dan Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan. 

Lalu, sebenarnya apa itu QRIS antarnegara?

Nah, khusus untuk Sobat KoinWorks, kami telah merangkum informasi lengkapnya, lho. Mulai dari pengertian, daftar negara yang memberlakukan, hingga cara menggunakannya.

Jadi, pastikan kamu simak ulasannya di artikel ini, ya!


Pengertian QRIS Antarnegara 

Perkembangan teknologi seakan membawa kita ke era baru secara perlahan. Misalnya, di saat pandemi, perkembangan teknologi menjadi solusi tetap produktif bekerja melalui rapat daring. 

Selain itu, perkembangan teknologi juga melahirkan inovasi-inovasi baru, tak terkecuali pada sektor ekonomi keuangan, yaitu terciptanya Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Belakangan ini, inisiatif layanan QRIS antarnegara muncul sebagai solusi menghubungkan pembayaran lintas negara (cross-border QR) melalui interkoneksi kode QR nasional dengan beberapa negara ASEAN. 

QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran berbasis QR Code untuk transaksi lintas negara. 

Dengan demikian, masyarakat tak perlu repot-repot menukarkan uang tunai di money changer atau ATM luar negeri, karena transaksinya dapat dilakukan langsung menggunakan rupiah ke mata uang yang dituju. 

Inisiatif konektivitas pembayaran ini berperan untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, serta menjaga stabilitas makroekonomi melalui perluasan penggunaan mata uang lokal untuk transaksi.

Selain itu, QRIS antarnegara juga dapat meningkatkan transaksi UMKM, lho. Sebab, pembayaran jenis ini akan memudahkan wisatawan mancanegara untuk melakukan transaksi pembelian produk lokal tanpa perlu menukarkan uang terlebih dahulu. 

Begitupun sebaliknya, kemudahan tersebut akan kamu dapatkan jika kamu bepergian ke negara yang telah memberlakukan QRIS antarnegara.

Menarik, kan? 

Tak heran jika Cross-border payment yang memuat QR Cross-border masuk pada salah satu pembahasan di jalur keuangan Presidensi G20


Daftar Negara yang Memberlakukan QRIS Antarnegara

1. Thailand

Thailand merupakan salah satu negara pertama yang telah bekerjasama dengan Indonesia dalam hal pembayaran berbasis QR Code lintas negara.

Awalnya, terlebih dahulu dilakukan uji coba pembayaran telah berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2022. 

Kemudian dilanjutkan fase implementasi yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari pihak Indonesia dan Thailand. 

Melalui inisiatif ini, masyarakat Indonesia dapat melakukan pembayaran dengan memindai QRIS saat melakukan transaksi pembayaran di merchant, sedangkan masyarakat Thailand dapat memindai Thai QR Codes. 

Bagi Indonesia, QRIS antarnegara merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 yang akan diintegrasikan dengan kerangka kerjasama untuk mendorong mata uang lokal.

Harapannya, inisiatif tersebut dapat meningkatkan konektivitas pembayaran di negara-negara ASEAN supaya lebih inklusif kedepannya. 


2. Singapura

Bersamaan dengan Thailand, Singapura juga merupakan negara yang bekerjasama dengan Indonesia untuk memberlakukan QRIS antarnegara. 

Inisiatif ini merupakan bentuk kolaborasi kedua negara yang berada di bawah arahan Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS), termasuk Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), dan NETS.

Menurut Managing Director MAS, Ravi Menon, konektivitas pembayaran ini merupakan tonggak penting untuk mencapai tujuan ASEAN dalam membangun integrasi pembayaran pada tahun 2025, serta mendukung dinamika koridor perdagangan lintas negara.


3. Malaysia

Lanjut, negara selanjutnya yang bekerjasama dengan Indonesia dalam pemberlakuan QRIS antarnegara adalah Malaysia.

Kerjasama ini ditandai dengan peluncuran uji coba interkoneksi pembayaran antarnegara menggunakan QR Code dari kedua negara pada Januari 2022. 

Nantinya, masyarakat Indonesia dapat melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QRIS di Malaysia. Begitupun masyarakat Malaysia yang bisa melakukan transaksi di Indonesia melalui DuitNow pada merchant offline maupun online. 


4. Filipina

Terakhir, QRIS antarnegara juga akan mulai berlaku di Filipina.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan bahwa QR Code sebagai transaksi antarnegara merupakan hasil kesepakatan dari 5 negara ASEAN, yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina. 

Kerjasama tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat, seperti digitalisasi sistem pembayaran, cross-border, QR, dan fast payment melalui transaksi mata uang lokal. 

Serta dampak positif terhadap pariwisata, UMKM, hingga ekonomi keuangan digital secara nasional. 


Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Untuk cara menggunakan QRIS antarnegara, Bank Indonesia telah membagikan langkah-langkahnya melalui akun instagram resminya. Ternyata, caranya cukup mudah, lho. 

Berikut cara menggunakan QRIS antarnegara:

  1. Unduh aplikasi jasa keuangan yang memfasilitasi QRIS lintas negara di ponsel kamu
  2. Buka aplikasi pembayaran
  3. Scan QR Thailand (menyesuaikan negara yang kamu kunjungi) 
  4. Masukkan nominal pembayaran dengan satuan Thai Baht
  5. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah
  6. Masukkan PIN
  7. Transaksi berhasil


QRIS merupakan sebuah inovasi dari perkembangan teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan bagi konsumen dan UMKM. Apalagi dengan kerjasama QRIS antarnegara. 

Selain QRIS, perkembangan teknologi juga menuntun KoinWorks sebagai perusahaan financial technology menghadirkan produk KoinWorks NEO untuk mendukung digitalisasi UMKM, lho. 

Salah satu fitur utama KoinWorks NEO adalah NEO Card, yaitu kartu digital yang dapat digunakan untuk membayar transaksi online. 

Mulai dari belanja kebutuhan bisnis di merchant domestik dan internasional, bayar iklan digital, layanan bisnis, hingga bayar kursus bisnis. 

Tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan dirimu ke KoinWorks NEO

Pstt, banyak promo menarik menantimu di  KoinWorks NEO, lho!

QRIS Antarnegara Resmi Diluncurkan, Berlaku di Negara Mana Saja?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​