Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 6 Strategi Jitu Pendekatan Marketing dalam Bisnis Minuman Kekinian

6 Strategi Jitu Pendekatan Marketing dalam Bisnis Minuman Kekinian

·
3 menit
strategi marketing pendekatan bisnis minuman kekinian yang baik akan meningkatkan penjualan

Marketing atau pemasaran merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Termasuk dalam bisnis minuman kekinian.

Itulah mengapa strategi pendekatan marketing bisnis minuman merupakan hal yang perlu kamu perhatikan.

Dalam hal ini, menentukan strategi yang tepat akan berpengaruh juga dengan perkembangan bisnis. Strategi marketing adalah bagaimana kamu menjangkau dan memperkenalkan produk kamu kepada konsumen.


Strategi Pendekatan Marketing untuk Bisnis Minuman Kekinian

Meskipun merupakan bisnis yang sedang populer, strategi marketing dalam bisnis minuman kekinian tetaplah kamu perlukan.

Apalagi jika target market kamu adalah pasar online. Dalam hal ini maka strategi marketing yang kamu perlukan juga akan lebih spesifik.

Hal ini karena market online tentu saja akan berbeda dengan market offline. Baik secara cara beli maupun kebiasaan.

Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian. Beberapa strategi marketing yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Memberikan Diskon atau Harga Promo

Strategi pendekatan marketing bisnis minuman untuk pasar online yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan diskon. Dalam banyak kasus, diskon memang masih efektif untuk kamu jadikan sebagai cara melakukan marketing.

Dalam hal ini, kamu bisa memberikan diskon dengan beberapa syarat tertentu. Misalkan, pelanggan akan mendapat jika total belanjaan mereka mencapai nilai tertentu.

Atau juga pelanggan bisa mendapat diskon jika mereka membeli produk tertentu.

Untuk pasar online, bentuk diskon yang bisa kamu berikan juga cukup beragam. Dari mulai diskon untuk produk ataupun kamu juga bisa memberi pelanggan kamu free ongkos kirim.

Dengan memberikan free ongkos kirim, maka konsumen akan merasa lebih murah dan mereka bisa membeli produk minuman kamu lebih banyak.

2. Membuat Konten Marketing yang Menarik

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan sebagai strategi pendekatan marketing bisnis minuman adalah dengan membuat konten marketing yang menarik.

Dengan tren penggunaan internet yang meningkat dan juga jumlah pengguna media sosial yang makin banyak maka hal ini juga akan mempermudah kamu.

Terutama jika target pasar kamu adalah pasar online. Maka hal ini merupakan langkah wajib yang perlu kamu lakukan.

Konten marketing ini bisa kamu sebar di media sosial. Ini merupakan cara untuk melakukan marketing ke banyak calon konsumen kamu.

3. Ikuti Tren yang Ada di Platform yang Kamu Gunakan

Ada banyak cara untuk berjualan minuman dengan cara online saat ini. Yang paling mudah tentu saja dengan memanfaatkan media sosial ataupun berjualan lewat marketplace.

Ketika kamu memutuskan untuk berjualan pada platform tersebut maka kamu juga perlu memahami dan mengikuti tren yang ada pada platform tersebut.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu strategi pendekatan marketing bisnis minuman kamu.

Misalkan, jika kamu berjualan di marketplace dan sedang tren diskon berdasarkan tanggal cantik, maka, kamu bisa mengikuti tren itu.

Kamu bisa memberikan diskon khsusus pada tanggal-tanggal tertentu. Mengikuti tren ini juga akan berkaitan dengan bagaimana kamu mengelola konten marketing.

Kamu juga bisa membuat konten marketing berdasarkan tren yang sedang ramai saat itu.

4. Manfaatkan SEO dan SEM

Ketika kamu berjualan di internet maka kamu tidak akan terlepas dari SEO dan SEM. Kedua hal ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan sebagai strategi pendekatan marketing bisnis minuman kamu.

Kedua cara ini akan membantu mempermudah kamu ketika melakukan marketing.

Dengan menggunakan SEO maka bisnis kamu akan lebih mudah untuk orang temukan. Cara ini akan membuat bisnis kamu muncul di halaman pertama dan teratas ketika orang mencari lewat mesin pencari.

Sementara SEM akan membuat konten marketing kamu muncul pada orang yang membutuhkan.

Ketika ada orang yang ingin membeli minuman kekinian, maka iklan kamu lah yang akan muncul pertama.

Cara ini tentu akan menjadi salah satu hal yang mempermudah strategi marketing kamu.

5. Memaksimalkan Social Media Marketing

Saat ini bisnis online tidak akan terlepas dari peran media sosial. Banyak orang yang menjadi konsumen karena terpengaruh oleh media sosial.

Itulah salah satu peran besar dari media sosial saat ini. Itulah mengapa, ketika kamu mengincar pasar online maka kamu juga perlu memaksimalkan penggunaan media sosial terutama untuk kebutuhan marketing.

Media sosial bisa menjadi salah satu strategi pendekatan marketing bisnis minuman. Selain murah, melakukan promosi di sosial media juga bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas dan banyak.

6. Membangun Komunikasi yang Baik

Ini yang juga tidak kalah penting ketika kamu melakukan strategi pendekatan marketing bisnis minuman. Kamu perlu membangun komunikasi yang baik dan juga intens dengan para konsumen.

Interaksi ini selain bisa meningkatkan engagement, juga bisa menjaga konsumen kamu untuk tetap membeli produk minuman yang kamu jual.

Untuk membangun komunikasi ini juga kamu bisa melakukannya dengan banyak cara. Misalkan kamu aktif menjawab segala pertanyaan mereka di kolom komentar, kamu aktif membuat konten yang berisikan interaksi, ataupun cara lain.


Itulah beberapa strategi pendekatan marketing bisnis minuman yang bisa kamu lakukan. Tujuan utama dari melakukan hal ini adalah memperkenalkan bisnis minuman kamu ke konsumen.

Selain itu, hal ini juga berguna untuk membangun kepercayaan antara kamu dengan konsumen.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​