Jangan Menyerah! Coba 5 Tips Ini untuk Bangkit dari Kegagalan Bisnis

·
4 menit
kegagalan bisnis

Jangan Menyerah! Coba 5 Tips Ini untuk Bangkit dari Kegagalan Bisnis – Sebelum masuk ke dalam artikel ini lebih jauh, mari berkenalan dahulu dengan Gilang, seorang pria 28 tahun yang tidak hanya bekerja tetapi juga menekuni bisnis online di bidang sepatu.

Beberapa waktu lalu, Gilang ternyata pernah mengalami kegagalan atau kesulitan finansial. Hal ini berimbas, ia harus menjual barang-barang berharganya hanya untuk memenuhi kebutuhan.

Hal yang ia punya saat itu hanyalah rasa optimis, percaya diri dan keyakinan untuk dapat menjadi lebih baik, sehingga tidak membebankan persoalan keuangannya kepada orang lain. Intinya, ia ingin kembali bangkit dan menuju kemerdekaan finansial versi dirinya.

Ya, Gilang mampu melalui segala keterpurukannya karena sifat optimis dan positifnya lalu selalu berusaha untuk bangkit dan memutar kembali hidupnya jadi lebih baik.

Hasilnya, sekarang ia bisa kembali tersenyum, menikmati keberhasilannya untuk bisa mandiri tanpa membebani orang lain.

Nah, dari cerita Gilang di atas, coba bayangkan jika ia tidak menanamkan rasa optimis dan pola pikir positif lainnya dalam dirinya? Mungkin saja, ia masih terpuruk dalam kegagalannya saat itu.

Memang, rasa optimis dan pola pikir positif itu penting untuk bisa bangkit dari kegagalan, apalagi kegagalan bisnis. Pola pikir Anda sebagai pebisnis harus selalu bisa positif agar bisa kembali bangkit setelah mengalami keterpurukan.

Setelah Anda memperbaiki pola pikir tersebut, cobalah 5 tips ini yang bisa membantu Anda untuk bangkit dari kegagalan bisnis.


Jangan Menyerah! Coba 5 Tips Ini untuk Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Melakukan Evaluasi

kegagalan bisnis - evaluasi

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa terbangun kembali dari kegagalan bisnis adalah dengan segera melakukan evaluasi.

Hal ini penting karena Ana bisa mengetahui apa penyebab kegagalan dari hal ini.

Paling tidak, Anda harus bisa mengevaluasi hal berikut, seperti pemasaran yang salah, atau pengelolaan modal yang tidak baik.

Baca Juga: Mau Punya Startup Sendiri? Cari Inspirasi dari Kutipan Mark Zuckerberg Ini!

Jika hal tersebut bisa Anda ketahui, tentu saja bisa lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan tersebut agar tidak terulang kembali.

Anda juga bisa menjadi lebih hati-hati agar hal tersebut tidak terulang lagi ke depannya.

Selain itu, dengan melakukan evaluasi ini, dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja bisnis agar lebih maksimal.


Perbaiki Sistem Keuangan

kegagalan bisnis - sistem keuangan

Faktor yang sering terjadi pada bisnis yang bangkrut atau gagal salah satunya adalah karena tidak dapat mengelola keuangan dengan baik.

Seringkali para pebisnis, khususnya yang pemula, tidak menyadari betapa pentingnya cash flow. Kebanyakan pelaku bisnis, cenderung hanya memperhatikan profit saja daripada cash flow.

Alhasil, bisnis tersebut mengalami kegagalan bisnis karena cash flow berantakan yang menimbulkan habisnya modal.

Baca Juga: Positive Mind Matters! 7 Trik Jitu Agar Selalu Berpikir Positif dalam Berbisnis

Melihat hal ini, para pebisnis wajib untuk mempelajari dengan baik, bagaimana sistem keuangan perusahaan agar bisa memperbaiki kondisi bisnisnya.

Bila perlu, Anda bisa menyewa jasa konsultan finansial, yang membantu Anda menganalisa keuangan bisnis yang ada.


Mulai Mendaftar Asuransi Properti

kegagalan bisnis - asuransi properti
img source: haughn.com

Mengasuransikan properti saat ini sudah kerap kali dilakukan oleh banyak individu. Tentu saja, Anda sebagai pebisnis juga bisa menerapkan hal ini untuk menghindari risiko buruk kembali terjadi.

Mendaftarkan tempat bisnis Anda ke asuransi properti, bisa menghindari risiko atas hal-hal buruk yang terjadi di masa depan.

Seperti yang kita semua tahu, tak ada yang bisa memprediksi sebuah musibah karena hal itu terjadi secara tidak terduga.

Karena itu, dengan hal ini kerugian materi yang bisa terjadi saat lahan bisnis Anda terkena musibah bisa diminimalisir dan tidak akan memberikan pengaruh besar bagi kelangsungan bisnis nantinya.


Mencari Tambahan Modal

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha - kegagalan bisnis

Modal menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis, dan dapat memicu terjadinya kegagalan bisnis bahkan bangkrut.

Baca Juga: Para CEO di Dunia Punya 3 Kesamaan Ini

Maka dari itu, untuk kembali bangkit dan membangun bisnis, Anda perlu melakukan proses mencari tambahan modal.

Modal tersebut bisa berasal dari uang pribadi Anda atau mengajukan pinjaman modal.

Dengan modal tambahan ini, Anda bisa memakainya untuk memperbaiki masalah yang terjadi, sehingga bisnis dapat kembali berjalan normal.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Modal Usaha yang Ada Agar Usaha Anda Tidak Bangkrut

Berbicara tentang modal, sekarang ini sudah banyak, penyedia-penyedia modal usaha yang tersebar di mana-mana.

Tetapi, Anda harus lebih cermat, jangan sampai nantinya modal usaha yang Anda dapatkan malah melilit keuangan Anda ke depannya.

Nah, di KoinWorks Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha cepat serta mudah, mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Yuk, lihat pengalaman Peminjam dana berikut ini yang bisa Anda jadikan inspirasi!


Melakukan Konsolidasi Hutang

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang - 5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit - kegagalan bisnis

Pengelolaan keuangan yang kurang baik, dapat memicu kebangkrutan. Begitu juga dengan adanya hutang.

Ya, hutang mengambil peran tersendiri yang dapat membuat kegagalan bisnis dapat terjadi.

Tak jarang juga, pelaku bisnis menjadi kacau karena terlilit hutang yang cukup besar, mengingat banyak pebisnis meminjam uang sebagai modal.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Modal 1 Juta dengan Untung Berjuta-Juta

Maka dari itu, sebaiknya saat ingin melakukan pinjaman modal bisnis, coba lakukanlah konsolidasi hutang dengan bernegosiasi dalam proses pembayaran hutang sesuai jumlah uang yang dimiliki.

Tentu saja, hal tersebut bisa meringankan beban saat bisnis Anda sedang terpuruk.

Maka dari itu, saat ingin melakukan pinjaman modal bisnis, Anda harus memastikan tempat Anda meminjam uang bisa bekerja sama dengan baik.


Nah, itulah tips-tips yang bisa diakukan untuk membantu Anda agar dapat bangkit dari kegagalan bisnis. Jangan menyerah, dan tetaplah optimis bahwa kegagalan yang Anda rasakan saat ini, akan menjadi lebih baik, dan akan lewat masanya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah tetap berusaha yang terbaik dan jangan biarkan pikiran negatif membelenggu Anda dalam perjalanan ini.

Ayo, berani untuk perjuangan kemerdekaan finansial Anda! Tetap semangat!

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih