5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru – Siapa sih yang tidak ingin mempunyai penghasilan tambahan?

Di era modern seperti sekarang ini, banyak orang dituntut untuk membuat sesuatu yang lebih, termasuk dalam hal penghasilan.

Harga barang-barang yang terus melonjak naik membuat orang-orang memutar otaknya untuk mencari peluang dari berbagai sisi.

Ada yang membuka bisnis baru, atau hanya sekedar bekerja sampingan. Termasuk para guru.

Baca Juga: 5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup

Di Indonesia sendiri, gaji guru memang bisa dibilang tidak terlalu besar, terutama para guru honorer atau swasta.

Sulitnya menjadi guru dengan status PNS membuat para guru honorer ini harus membuka usaha sampingan demi memenuhi financial goals-nya.

Namun, kendala modal juga seringkali menjadi masalah mengapa seorang guru hanya bisa terjun ke bisnis-bisnis tertentu.

Apakah Anda juga demikian? Jika iya, maka Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan disebutkan apa saja sih usaha sampingan tanpa modal yang cocok untuk para guru, baik itu guru honorer ataupun guru PNS.


5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru

Nge-Blog/Blogging

blog-menulis-ngeblog-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru

Salah satu usaha sampingan yang bisa dicoba adalah blogging.

Pekerjaan seorang guru biasanya tidak jauh dari yang namanya tulis-menulis dan menyiapkan materi untuk pengajaran. Kebiasaan ini jelas bisa Anda salurkan ke wadah lain, salah satunya adalah blog.

Materi berupa tips cara mengajar, info seputar dunia pendidikan, atau hal-hal lain tentang ilmu pengetahuan adalah hal yang sudah seharusnya Anda kuasai. Konten-konten tersebut bisa Anda tulis di blog milik Anda sendiri.

Baca Juga: Investasi Pada Blog, Meraup untung Dari Google Adsense

Lalu, apakah untuk ngeblog butuh modal? Tentu saja tidak, Anda cukup daftar di situs blog-blog ternama seperti blogspot atau wordpress dan mulai menulis di sana.

Semakin Anda rajin dan konsisten dalam menulis, akan semakin banyak juga orang yang membaca blog Anda.

Saat blog Anda sudah dikunjungi banyak orang, pengiklan atau google ads pun akan otomatis akan datang ke blog Anda. Dari sinilah Anda akan mendapatkan uang tambahan.


Buka Les Privat

guru-les-privat-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru

Walaupun usaha sampingan ini sudah banyak dilakukan oleh guru lain, Anda juga tetap bisa mencoba cara ini, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Banyak Usaha Kecil yang Gagal

Dengan menjadi guru les privat, Anda tetap bisa menjalankan peran Anda sebagai pengajar tanpa perlu mempelajari bidang baru yang belum Anda kuasai.

Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa kepada murid-murid di sekolah Anda, kemudian mulai promosi dari mulut ke mulut orang tua murid.

Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa mulai mencobanya dari platform belajar online yang saat ini sudah banyak tersedia di Indonesia.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan di luar jam kerja Anda, seperti di sore atau malam sepulang jam sekolah, atau di akhir pekan saat sekolah sedang libur. Tentu saja pekerjaan ini pun tanpa modal.


Menjadi Penerjemah

penerjemah-translator-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru

Jika Anda seorang guru bahasa asing, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda ini sebagai penerjemah. Usaha sampingan ini bisa Anda cari melalui situs-situs freelance yang tersedia di internet.

Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan kecil yang sering membutuhkan jasa penerjemah, misalnya seperti travel agent. Ketika ada wisatawan asing yang membutuhkan penerjemah atau guide ke suatu tempat, mereka bisa membayar jasa Anda.


Berjualan di Koperasi Sekolah

Kantin atau koperasi adalah tempat berjualan yang paling strategis di sekolah. Kebijakan sekolah yang biasanya melarang muridnya untuk mengakses pedagang di luar sekolah membuat kantin atau koperasi pasti ramai dikunjungi oleh para siswa.

Baca Juga: 6 Hal yang Dirasakan Para Pekerja dengan Upah Minimum

Jika Anda memiliki keahlian di bidang memasak, Anda bisa coba untuk membuat makanan seperti nasi uduk untuk sarapan atau gorengan untuk camilan dan menitipkannya di koperasi.

Tapi, jika Anda tidak memiliki keahlian memasak, Anda bisa juga menjadi distributor barang yang dibutuhkan oleh para siswa, misalnya distributor flashdisk unik atau distributor alat tulis dan perlengkapan sekolah.


Berinvestasi

investasi-uang-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru

Investasi juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi ingat, investasi juga membutuhkan usaha yang maksimal.

Anda tetap harus memantau dan memilih investasi mana yang cocok untuk Anda. Anda bisa mempertimbangkan instrumen yang cocok dari minat Anda dan gaji Anda.

Baca Juga: 8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan

Untuk guru yang berpenghasilan cukup besar, Anda bisa mencoba investasi saham, emas, atau properti. Sebaliknya, untuk guru yang berpenghasilan tidak terlalu besar bisa mencoba untuk mendanai di Peer-to-Peer Lending seperti KoinWorks.

Hanya dengan Rp 100.000 saja, Anda sudah bisa mendanai para peminjam yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis atau UKM-nya. Lalu bagaimana imbal hasilnya? Tenang saja, karena Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari 18% per tahunnya.

Masih ragu juga? Jangan khawatir, KoinWorks sudah resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lho!

Nah, itu dia 5 usaha sampingan yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan Anda sebagai seorang guru. Jadi, Anda mau pilih usaha sampingan yang mana?


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.