Home » Strategi Bisnis » Cara Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Ayam Geprek

Cara Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Ayam Geprek

Bagaimana cara mengatasi penurunan penjualan pada sebuah bisnis kuliner, seperti bisnis ayam geprek?

Semua bisnis pasti pernah mengalami yang namanya penurunan penjualan.

Itu adalah di mana bisnismu mengalami masa yang sepi pengunjung, bahkan lebih rendah dari penjualan di hari-hari normal.

Hal tersebut berpotensi terjadi pada bisnis ayam geprek juga.

Lalu, bagaimana menyiasatinya?

Cara Mengatasi Penurunan Penjualan pada Bisnis Ayam Geprek

Bagaimana cara menyiasati momen penurunan penjualan yang berkepanjangan pada bisnis ayam geprek?

Tentu saja kamu tidak menginginkan terjadinya penurunan penjualan pada bisnismu, terutama jika berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisasi risiko kerugian yang terjadi, akibat penurunan penjualan.

Silakan disimak!


1. Membuat inovasi makanan baru pada menu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jenis menu baru yang menarik.

Penurunan penjualan bisa terjadi akibat situasi ekonomi konsumen yang tidak stabil, atau bisa juga terjadi karena bisnismu sudah terlalu lama berjualan menu yang sama.

Konsumen pun bisa merasa bosan, lho.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penurunan penjualan adalah dengan secara rutin mengeluarkan menu baru.

Ayam geprek sendiri merupakan makanan khas yang digeprek dengan sambal terasi.

Namun, hal itu tidak berarti kamu harus fokus hanya pada satu jenis menu saja. Kamu bisa berkreasi dengan menu baru, atau memodifikasi menu yang sudah ada.

Sebagai contoh, buatlah tingkat kepedasan tertentu dari sambal yang kamu tawarkan.

Konsumen biasanya menyukai konsep makanan yang seperti ini, di mana mereka bisa memilih sendiri berapa banyak efek pedas yang mereka inginkan.

Lalu, kamu juga bisa membuat inovasi baru dengan cara menyajikan jenis sambal lain. Contohnya, seperti sambal matah, sambal hijau, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menawarkan paket bundling pada menu ayam geprek, misalnya dengan menyediakan gratis minuman dingin untuk setiap pembelian dua porsi makanan.

Hal-hal tersebut terbukti cukup ampuh untuk menarik minat konsumen secara konsisten, jika kamu menggunakan dan menampilkannya secara tepat.


2. Melakukan pemasaran digital

Hal berikutnya yang mungkin menjadi penyebab penurunan penjualan adalah bisnismu belum aktif menggunakan pemasaran digital (digital marketing).

Beberapa tahun belakangan, banyak bisnis yang mulai beralih menggunakan media pemasaran secara digital.

Dengan begitu, kehadiran mereka akan lebih mudah ditemukan ketika konsumen sedang mengakses internet.

Jika sebagian besar kompetitormu sudah aktif memasarkan produk mereka secara digital, sedangkan kamu belum, mungkin itu penyebab kenapa bisnismu mulai mengalami penurunan penjualan.

Solusinya adalah kamu perlu membuat konsep bisnis dan branding yang lebih baik, dan mulai aktif beriklan serta berpromosi melalui media sosial.


3. Mulai aktif berjualan secara online

Menyambung aktivitas pada poin sebelumnya, pemasaran digital yang kamu lakukan perlu didukung juga dengan kehadiran bisnismu di media sosial dan marketplaces.

Kamu perlu menampilkan produk ayam geprek milikmu secara rutin menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok.

Selain itu, kamu juga bisa mulai mendaftarkan bisnismu untuk berjualan melalui layanan online delivery seperti GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood.

Daftarkan juga bisnismu di beragam marketplaces dan Google Business Profile, agar lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Jangan lupa untuk memasang layanan chat seperti WhatsApp dan Telegram, serta surat elektronik (e-mail), agar kamu bisa lebih mudah berinteraksi dengan calon konsumen.

Untuk urusan pembayaran, jangan lupa untuk memasang Payment Gateway yang terintegrasi dengan beragam metode pembayaran menggunakan kartu kredit/debit.

Nah, semua wadah baru ini bisa juga digunakan untuk mengiklankan inovasi-inovasi baru pada menu yang telah kamu buat sebelumnya.

Dengan semua kemudahan dan inovasi yang kamu lakukan, sudah tentu konsumen akan sering berkunjung dan membeli makanan dari bisnis ayam geprek milikmu.


Siap Menerapkan Cara Mengatasi Penurunan Penjualan pada Bisnis Ayam Geprek Milikmu?

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penurunan penjualan pada bisnis ayam geprek yang kamu miliki.

Walaupun memang terjadi penurunan penjualan akibat kondisi ekonomi secara nasional, cara-cara di atas pun tetap dapat membantumu mengurangi risiko kerugian akibat terjadinya gangguan ekonomi tersebut.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​