Home » Strategi Bisnis » Strategi Branding Meningkatkan Value untuk Bisnis Ayam Geprek

Strategi Branding Meningkatkan Value untuk Bisnis Ayam Geprek

Kamu baru menjalankan bisnis ayam geprek dan belum tahu cara melakukan branding yang baik dan benar? Jangan khawatir, di sini kami akan coba menjelaskan strategi branding agar meningkatkan value bisnis ayam geprek kamu.

Meningkatkan value sama dengan meningkatkan citra positif brand milikmu. Itulah mengapa, diperlukan strategi branding yang tepat karena value pada sebuah bisnis tidak bisa kamu peroleh begitu saja.

Mengapa Value dalam Bisnis itu Penting?

Sebelum kami membahas strategi branding agar meningkatkan value lebih jauh, alangkah baiknya kita bahas yang paling mendasar terlebih dahulu.

Value di dalam bisnis tidak hanya bisa diartikan sebagai aset perusahaan saja. Di sisi lain, value juga meliputi merek atau brand tersebut. Value bisnis hanya akan meningkat jika brand kamu memiliki kualitas yang baik.

Dengan adanya value atau penilaian pada produk yang kamu miliki, maka kamu bisa melakukan evaluasi produk ayam geprek yang sedang dipasarkan. Dengan begitu, bisnis kamu bisa terus berkembang dengan segala inovasi terbaru agar bisa diterima lebih luas di masyarakat.

Arti yang lebih sederhana dari fungsi value pada bisnis ini yaitu diartikan sebagai nilai yang diberikan oleh customer. Semakin tinggi value dari customer, maka akan semakin bernilai produk ayam geprek milk kamu.

Untuk kamu yang sedang berbisnis ayam geprek, fokuslah pada value bisnis yang kamu jalankan. Karena dengan fokus pada ‘nilai’, maka keuntungan pun akan mengikuti. Artinya semakin tinggi value bisnis kamu, maka semakin tinggi juga potensi penjualan.

Strategi Branding Meningkatkan Value Bisnis

Ada beberapa strategi yang bisa kamu implementasikan saat berbisnis ayam geprek. Salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan brand awareness. Berikut langkah-langkah brand awareness yang baik dan benar untuk meningkatkan value bisnis ayam geprek.

Menciptakan Logo yang Catchy

Jangan memandang sebelah mata sebuah logo perusahaan. Logo adalah elemen penting di dalam bisnis ayam geprek yang kamu jalankan.

Pernah ada kasus perseteruan logo ayam geprek Bensu yang ramai diberitakan oleh media, hal ini membuktikan bahwa logo merupakan salah satu elemen penting di dalam bisnis.

Komponen ini merupakan dasar dalam bisnis yang akan berinteraksi secara langsung dengan pasar. Logo akan muncul juga pada berbagai elemen yang berkaitan dengan aktivitas bisnis ayam geprek milikmu, contohnya seperti poster, kemasan, website dan lainnya.

Maka dari itu, buatlah logo yang menarik dan mudah diingat oleh customer. Tujuan dari hal ini juga berkaitan dengan strategi brand awareness yang optimal.

Membuat Tagline yang Unik dan Menarik

Selain logo, tagline adalah salah satu elemen yang juga bisa langsung berinteraksi dengan pasar. Sama seperti logo, tagline juga akan muncul pada kemasan, poster, dan lain-lain.

Ketika tagline tersebut dilihat dan dibaca, maka bisa langsung mempresentasikan produk ayam geprek milikmu. Bahkan tagline  yang unik dan menarik bisa melekat di kehidupan sehari-hari masyarakat.

Membangun Website Official yang Bersahabat

Dewasa ini, website merupakan platform yang sangat ideal untuk membangun kepercayaan customer. Website official yang profesional juga bisa meningkatkan value bisnis yang kamu jalankan.

Bangunlah sebuah website yang ‘bersahabat’ atau user friendly. Website official yang bersahabat adalah situs yang tampilannya bisa menyesuaikan, baik ketika diakses oleh PC (Personal Computer) maupun smartphone.

Bangun website, kemudian isi dengan informasi yang menarik. Informasikan juga produk ayam geprek kamu mulai dari varian menu, harga, dan lainnya.

Memaksimalkan Media Sosial

Selain website, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Ada dua cara sederhana yang bisa kamu implementasikan, yaitu memanfaatkan iklan berbayar dan membangun konten yang optimal.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai media untuk membangun kedekatan dengan customer. Contohnya membuka layanan tanya jawab seputar produk, layanan, cabang, dan lain-lain.

Mengikuti Expo dan Bazar

Aktif di dalam bazar maupun expo merupakan salah satu strategi promosi bisnis kuliner yang sangat penting. Di sini kamu bisa mengenalkan ayam geprek ke customer maupun calon customer.

Expo dan bazar adalah dua tempat yang tepat untuk ‘menyapa’ pasar. Di sini kamu juga berkesempatan untuk mengenalkan berbagai menu ke masyarakat.

Menawarkan Reward yang Menarik

Penawaran menarik bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan produk ke customer. Dengan begitu, customer bisa mengenal menu-menu terbaik milikmu sehingga mereka bisa menilai sejauh mana kualitasnya.

Teknik reward yang bisa kamu manfaatkan di antaranya seperti potongan harga, cashback dan giveaway. Kamu bisa menginformasikan penawaran menarik ini melalui media sosial maupun website official.

Bekerja Sama dengan Influencer

Saat ini ada banyak jenis promosi untuk mengenalkan produk ayam geprek kamu ke pasaran. Salah satu yang banyak digunakan saat ini yaitu memanfaatkan influencer marketing.

Kamu bisa bekerjasama dengan influencer yang sudah memiliki followers yang banyak. Contohnya seperti selebgram maupun influencer ternama di aplikasi TikTok.

Influencer bisa membantu menjangkau massa yang lebih banyak. Carilah influencer yang kompeten dan berpengalaman melakukan review makanan atau produk kuliner.

Itulah penjelasan beberapa strategi branding agar meningkatkan value bisnis ayam geprek yang sedang kamu jalankan. Value bisnis yang tinggi akan membantumu untuk mendongkrak penjualan yang lebih banyak.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

 

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​