Home » Strategi Bisnis » 5 Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Camilan

5 Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Camilan

Jika kamu sedang merintis sebuah bisnis camilan, tentu penasaran dengan rahasia dan kunci sukses dalam menjalankan bisnis tersebut.

Bagaimana cara yang tepat untuk menjalankan bisnis camilan ini?

Apa saja aspek yang perlu diperhatikan?

Mengingat banyaknya peminat produk camilan, mulai dari anak kecil hingga ke orang dewasa, seharusnya menjalani bisnis camilan ini tidak begitu sulit.

Namun, jika kamu ingin menjadi sukses dalam menjalaninya, tentu ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan pada bisnis camilan milikmu.

Apa sajakah itu?

5 Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Camilan

Bisnis kuliner seperti bisnis camilan merupakan salah satu jenis bisnis yang selalu memiliki banyak peminat, bahkan ketika dilanda krisis ekonomis sekalipun.

Cara memulainya pun terbilang tidak begitu sulit.

Hal ini membuat banyak orang mulai mencoba berbisnis camilan, dan membuat persaingan menjadi semakin ketat dari tahun ke tahun.

Lalu, bagaimana agar bisa sukses menjalani bisnis ini?

Nah, berikut adalah beberapa aspek utama, yang bisa kamu jadikan sebagai kunci sukses dalam menjalankan bisnis camilan.

Silakan disimak!


1. Konsep produk yang matang

Tidak hanya produk camilan saja yang harus matang, namun konsep produk pun perlu memiliki perencanaan yang matang.

Konsep produk camilan yang ingin kamu jual haruslah sudah pakem sebelum kamu meluncurkannya ke pasar.

Di awal berbisnis, kamu sebaiknya fokus pada satu atau dua varian produk camilan. Ini agar kamu bisa fokus mengembangkan produk tersebut nantinya.

Produk camilan jenis apa yang mau kamu buat?

Apa saja bahan bakunya? Apa mudah didapatkan di pasaran, atau kamu perlu cari pemasok untuk memenuhi kebutuhan produksi?

Siapa yang akan membuat, apakah kamu akan mencari tukang masak, atau kamu sendiri yang memproduksi semuanya?

Rasa apa saja yang akan kamu sediakan di awal?

Bagaimana dengan pengujian rasa dan kualitas, siapa yang akan mengujinya?

Apakah kamu membutuhkan jasa food taster profesional?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu kamu cari jawabannya, dan hasilnya bisa kamu gunakan untuk membuat produk utama bisnis camilanmu.

Konsep produk yang baik di awal berbisnis adalah salah satu kunci sukses bisnismu ke depannya.

Tanpa konsep ini, agak sulit bagi bisnis rintisanmu untuk bisa bersaing dengan banyak kompetitor nantinya.


2. Segmentasi pasar

Dari konsep produk yang sudah ada, kamu perlu melakukan segmentasi pasar untuk menentukan kelompok konsumen mana yang bisa kamu jadikan target penjualan.

Melakukan segmentasi pasar yang tepat sasaran juga bisa membuat bisnismu cepat sukses.

Contohnya, dari konsep produk yang kamu buat, kamu memperkirakan bahwa banyak anak kecil yang akan menyukai produk camilanmu.

Tanpa melakukan segmentasi pasar, kamu langsung meluncurkan produk tersebut dengan branding yang sesuai untuk anak-anak.

Ternyata, produkmu lebih disukai oleh anak remaja dan orang dewasa.

Alhasil, banyak anak kecil yang berhenti mengonsumsi produkmu karena rasanya tidak sesuai dengan selera mereka, sedangkan banyak orang dewasa yang tidak membeli lantaran mengira produk tersebut khusus untuk anak kecil.

Akhirnya kamu pun jadi merugi.

Segmentasi pasar dapat membantumu memetakan mana kelompok konsumen yang seleranya sesuai dengan konsep produk camilanmu.

Dengan begitu, kamu dapat lebih fokus menyasar kelompok tersebut, dan tidak salah sasaran.


3. Branding

Branding yang baik dan sesuai dengan konsep produk serta segmentasi pasar, adalah salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis camilan.

Dalam branding, kamu perlu mempersiapkan logo atau maskot camilan, warna dan bentuk packaging, pesan dan copywriting, dan hal-hal lain yang membantu produkmu agar bisa dikenal dan dibedakan.

Jika perlu, kamu bisa menggunakan jasa graphic designer, photographer, dan juga copywriter untuk membantumu mewujudkan branding yang tepat untuk bisnis camilan ini.

Kamu juga bisa menggunakan jasa brand specialist untuk membantu membuat strategi branding dan mengarahkan konsep tersebut agar lebih sesuai dengan konsep awal bisnismu.


4. Promosi & pemasaran

Pada bagian promosi dan pemasaran, kamu sebaiknya memilih metode yang paling efektif saat ini, yaitu melalui digital marketing.

Dengan digital marketing, kamu dapat lebih cepat dan lebih menjangkau target konsumen yang kamu incar.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, YouTube) untuk beriklan, berpromosi, sekaligus berinteraksi dua arah dengan para konsumen.

Kamu juga bisa menggunakan e-commerce marketplaces (Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya) untuk berpromosi.

Jangan lupa daftarkan bisnismu ke Google Business Profile agar konsumen bisa lebih mudah menemukan informasi & lokasi mengenai bisnis di search engine Google.

Kombinasi promosi dan pemasaran yang pas, bisa menjadi salah satu kunci sukses yang ampuh membuat bisnismu cepat berkembang.


5. Analisis data penjualan

Langkah terakhir yang bisa kamu coba sebagai kunci sukses dalam menjalankan bisnis camilan adalah dengan melakukan analisis data penjualan secara berkala.

Informasi data penjualan bisa kamu dapatkan melalui kasir toko, aplikasi kasir online yang kamu gunakan, dan juga dari marketplaces.

Dari hasilnya, kamu bisa melihat kapan waktu-waktu bisnismu ramai pengunjung dan paling banyak menghasilkan penjualan.

Kemudian, kamu perlu melihat juga data analytics dari media sosial yang kamu gunakan; konten apa yang paling menarik perhatian dan engagement dari pengguna media sosial, dan kapan waktu mereka paling banyak mengakses media sosial.

Informasi-informasi tersebut dapat kamu gunakan untuk kepentingan promosi bisnismu.

Misalnya, jika pengunjung toko ramai pada akhir pekan dan cenderung sepi pada hari-hari kerja, kamu bisa memberikan promo harga khusus pada hari-hari kerja.

Selanjutnya, jika pengguna media sosial ramai mengakses akun mereka pada saat jam pulang kantor, maka di jam-jam itulah kamu perlu mengunggah konten untuk mereka lihat.

Informasi yang ditampilkan bisa berupa promosi atau pengumuman produk baru.

Hal-hal tersebut terbukti cukup ampuh untuk mempertahankan konsumen lama, sekaligus menarik perhatian konsumen-konsumen baru.


Sudah Siap Menerapkan Kunci Sukses untuk Bisnis Camilan Milikmu?

Itulah beberapa kiat dan kunci sukses yang bisa kamu segera terapkan pada bisnis camilan.

Mulai dari mematangkan konsep produk dan segmentasi pasar, hingga ke perencanaan branding dan pemasaran yang sesuai dengan konsep bisnis camilan.

Kombinasi dari semua aspek tersebut dapat menjamin bisnismu untuk tetap tumbuh dan tidak kalah saing dengan kompetitor yang lain.

Masih banyak lho cara-cara lainnya yang bisa kamu jadikan kunci sukses versi bisnismu sendiri.

Intinya, jangan terlalu takut untuk berinovasi, ya.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​