Kunci Sukses Bisnis Cemilan Bagi Pemula

Berbisnis dalam bidang food and beverage (F&B) memang sangat menjanjikan. Meski terlihat mudah, bisnis apapun itu harus dipelajari ya. Untuk itu sebagai pemula, kamu wajib mengetahui kunci sukses bisnis cemilan.

Sebagai perintis usaha makanan ringan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari modal hingga produk yang dijual.

Kunci Sukses Bisnis Cemilan Bagi Pemula

Sebelum menerapkannya, kamu harus mengetahui dulu makanan ringan apa yang akan dijual. Caranya dengan melakukan riset pasar. Setelah itu, kamu bisa menerapkan trik ini. 

Berkualitas

Cemilan yang kamu jual harus memiliki kualitas, baik dalam segi komposisi bahan, rasa, hingga pengemasannya. 

Tetapkan standar untuk menjaga kualitas. Rekrut pegawai khusus yang bertugas untuk mengontrol kualitas cemilan kamu. Setiap selesai produksi, karyawan inilah yang bertugas mencermati bentuk, rasa hingga kemasan yang sesuai standar cemilan kamu.

Unik

Cemilan yang unik seringkali membuat konsumen tertarik. Maka dari itu, buat produk seunik mungkin, tapi tetap dalam koridor yang baik. Tetap utamakan cita rasa enak, tidak membahayakan kesehatan, dan lain sebagainya.

Untuk memproduksi makanan yang unik, kamu bisa melakukan riset pasar. Gunakan prinsip Amati-Tiru-Modifikasi (ATM) untuk menemukan cemilan yang berbeda. Salah satu yang bisa dilakukan dengan melihat cemilan yang ada di luar negeri. Kamu bisa menyerapnya untuk dipraktekkan pada pangsa pasar Indonesia. 

Makanan yang unik biasanya sulit dilupakan oleh konsumen. Selain itu, pesaing juga tidak terlalu banyak jika makanan kamu susah dibuat. 

Terus Berinovasi

Sebagai penjual makanan ringan, inovasi sangat perlu untuk menambah daya tarik pelanggan. Inovasi bisa berbentuk apa saja mulai dari penambahan produk, rasa, atau mengubah kemasan.

Sebenarnya tidak ada waktu ideal kamu harus melakukan inovasi. Disarankan, inovasi dilakukan setelah 1 tahun launching produk dengan pertimbangan penjualan sangat baik. Namun jika penjualanmu tidak baik, maka segera lakukan inovasi.

Branding Produk

Kunci sukses bisnis cemilan berikutnya adalah melakukan branding produk kamu. Branding adalah proses menciptakan citra terhadap produk untuk menarik minat pelanggan.

Kamu harus mencocokkan cemilan dengan rasa, kemasan, sampai jargonnya. Semua hal ini bisa membuat makanan ringan kamu melekat di hati pelanggan.

Pilih Target Pasar

Tentukan target pasar kamu sebelum mempersiapkan strategi pemasaran. Target ini meliputi siapa yang mengonsumsi cemilan, apakah untuk bayi, anak-anak, remaja atau orang tua. 

Apabila target pasar telah dikantongi, maka penyusunan strategi penjualan juga lebih mudah. Tinggal menyesuaikan dengan sasarannya. 

Susun Strategi

Setelah itu, susunlah strategi pemasaran yang baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyusun strategi ini yaitu:

Tempat Jualan

Dimanakah kamu akan menjual cemilan? Apakah di toko offline, online atau bahkan keduanya? Ini yang harus kamu pikirkan.

Untuk menentukannya, kamu harus melakukan riset pasar dan menghitung kemampuan modal. Apabila pasarnya bagus dan kamu cukup modal, membuka toko offline dan online sekaligus bisa dilakukan.

Kanal Promosi

Setelah itu, kamu harus mengetahui dimana tempat untuk mempromosikan cemilan kamu. Media sosial masih menjadi media promosi terbaik saat ini karena penggunaannya sangat mudah dan juga murah.

Namun tidak ada salahnya kamu promosi melalui papan reklame, jika ada budget yang cukup untuk melakukan promosi.

Model Bisnis yang Diterapkan

Berikutnya adalah strategi bisnis yang bisa dijalankan. Kamu bisa memilih mengembangkan toko cemilan sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain. 

Bentuk kerja sama bisa bermacam-macam seperti membuka peluang agen, reseller, franchise, titip ke toko-toko, dan lain sebagainya. 

Ingat riset terlebih dahulu untuk menentukan model bisnis yang terbaik. Lalu lakukan uji coba untuk melihat seberapa cocok model bisnis ini diterapkan untuk usaha cemilanmu.

Kolaborasi

Jangan pernah takut untuk melakukan kolaborasi, baik dari brand yang sama-sama berbisnis makanan maupun lintas usaha.

Misal permen yupi yang pernah bekerja sama dengan brand kosmetik. Ada juga brand-brand lain yang berkolaborasi untuk mendongkrak usaha. Semua bisa dilakukan untuk mendapatkan cross antar masing-masing pelanggan. 

Ciptakan Hubungan Baik

Kamu harus memiliki hubungan baik dengan siapapun, baik dengan karyawan sendiri, klien ataupun pelanggan. Lakukan event khusus untuk membangun kedekatan. 

Misal dengan pelanggan, kamu bisa menggelar giveaway setiap bulan sebagai bentuk apresiasi dukungan. Lalu dengan karyawan, kamu bisa mengadakan gathering setiap akhir tahun. Hal ini perlu kamu lakukan agar kedekatan makin terjalin.

Terakhir dengan klien atau owner dari brand lain, kamu bisa melakukan pertemuan sesekali. Tujuannya untuk mengakrabkan diri atau berkolaborasi.

Hindari Hal Ini saat Berbisnis Cemilan

Ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika memiliki bisnis cemilan, yaitu:

Terlalu Cuek

Tidak peduli memang diperlukan pada beberapa situasi, namun tidak dengan jika ada komplain dari pelanggan. Ciptakan rasa peduli kepada semua orang yang membawa kebaikan pada bisnis kamu. 

Terlena

Meski penjualan bagus, namun kamu tidak boleh terlena. Terus lakukan inovasi dan pengembangan agar bisnis cemilan kamu tetap berada di jalur yang tepat.

Berdiri Sendiri

Mandiri itu perlu, tapi tidak boleh menutup ruang kerja sama. Jika ada tawaran untuk berkolaborasi, kamu harus mempertimbangkan. Cara ini bagus untuk menggaet konsumen baru. 

Selain trik dan tips tersebut, kunci sukses bisnis cemilan adalah tidak kenal putus asa. Jangan pantang menyerah saat penjualan sedang buruk. Jadikan kondisi tersebut untuk semangat dan bangkit kembali sembari memperbaiki kualitas. Semangat berbisnis!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​