Home » Strategi Bisnis » Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen di Bisnis Thai Tea

Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen di Bisnis Thai Tea

Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Data Konsumen di Bisnis Thai Tea

Tahukah kamu, jika data konsumen menjadi salah satu unsur penting di dalam bisnis, bahkan bisnis Thai Tea sekalipun juga membutuhkan data ini. Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis mengetahui seperti apa cara mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen dalam bisnis Thai Tea. 

Pada dasarnya, data konsumen merupakan kumpulkan informasi pelanggan yang dikumpulkan di dalam sebuah sistem. Data konsumen ini berisi mengenai riwayat pembelian, riwayat percakapan dan lainnya. 

Umumnya, data konsumen ini dikelola dengan menggunakan aplikasi database, sehingga pebisnis bisa menyimpan serta mengelola database konsumen dengan lebih mudah. 

Cara Mendapatkan Data Konsumen

Untuk mendapatkan data konsumen, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Kumpulkan Data Ketika Pameran

Kamu bisa memperoleh data konsumen ketika mengikuti pameran bisnis. Pameran menjadi sebuah strategi yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan konsumen. Kesempatan ini juga bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan data konsumen. 

Sekarang ini, sudah mulai banyak dibuka festival kuliner di berbagai kota.  Kamu bisa mengikuti festival tersebut kemudian meminta informasi identitas di setiap pengunjung yang datang ke stand pameranmu.

Jangan lupa beri hadiah seperti souvenir atau diskon untuk setiap pengunjung yang mau mengisi kuesioner data agar semakin menarik. 

Sediakan Form di Website Bisnis

Cara lain memperoleh data pelanggan adalah dari website bisnis. Hal ini dilakukan bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas, contohnya seperti membuka waralaba atau membuka cabang baru. 

Umumnya, pelanggan akan mencari informasi dari internet atau website. Tentu ini menjadi peluang bagimu untuk memperoleh data pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan websitemu memiliki informasi penting yang berkaitan dengan produk bisnis. 

Email Marketing

Tidak sedikit pebisnis yang menganggap jika email marketing menjadi cara untuk memperoleh data konsumen yang ketinggalan zaman. Padahal, cara ini juga bisa dilakukan dengan efektif. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Kamu bisa mengirimkan email marketing seperti bulletin pada pelanggan untuk mendapatkan informasi serta data yang berkaitan dengan mereka. 

Media Sosial

Sekarang, semua orang secara aktif mempergunakan media sosial, penggunanya juga bukan hanya bertukar sapa saja, tetapi kamu juga bisa menggunakannya untuk berinteraksi dengan pelanggan serta memperoleh informasi yang berkaitan dengan mereka.

Kamu bisa menyesuaikan media sosial yang ingin digunakan dengan target audiens. Bila kamu menargetkan kelompok profesional, kamu bisa menggunakan Linkedln. Sedangkan, jika produkmu untuk kaum milenial, kamu bisa menggunakan Instagram, atau TikTok. 

Survei

Cara mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen yang lainnya adalah dengan survei. Saat melakukan survei, kamu bisa memperoleh informasi serta kontak pelanggan. Selain itu kamu juga bisa mengetahui seperti apa produk Thai Tea yang diinginkan oleh pelanggan.

Secara Pribadi

Hingga sekarang, strategi tatap muka masih menjadi cara jitu untuk memperoleh data konsumen yang banyak digunakan pelaku bisnis. Biasanya, pemilik outlet akan meminta informasi yang berkaitan dengan pelanggan ketika melakukan transaksi dengan alasan bisa memberi informasi diskon atau yang lainnya.

Cara Memanfaatkan Data Konsumen

Setelah mengetahui cara memperoleh data konsumen, berikutnya adalah cara memanfaatkannya:

Lakukan Segmentasi Pelanggan

Setiap pelanggan memang berbeda-beda, tetapi kamu dapat mengidentifikasi kesamaan yang akan membantu untuk mengelompokkan para pelanggan dalam segmen. Kesamaan tersebut seperti domisili, produk Thai Tea favorit dan yang lainnya. 

Kamu bisa menggunakan data pelanggan untuk mengelompokkan data pelanggan sehingga lebih mudah menentukan penawaran yang diberi di setiap segmen. 

Berikan Reward di Momen Spesial

Salah satu data umum dan bisa pelanggan berikan dengan mudah ialah tanggal lahir. Kamu dapat memanfaatkan tanggal lahir mereka untuk memberi birthday reward, sehingga dapat menunjukkan seberapa kamu mengapresiasi mereka.

Jangan salah, meskipun tindakan ini terkesan kecil, kamu bisa membuat pelanggan terkesan dan akan tertarik pada bisnis yang kamu miliki. 

Reaktivasi Pelanggan

Ketika sudah mengantongi data konsumen, kamu bisa mengetahui siapa saja konsumen yang sudah lama tidak melakukan pembelian. Tidak ada salahnya melakukan reaktivasi sehingga kembali ke bisnismu. 

Contohnya saja kamu membuka waralaba bisnis Thai Tea, kemudian terdapat outlet yang sudah lama tidak melakukan pembelian bahan baku. Kamu bisa memberikan reward khusus agar bisa mendorong mereka untuk kembali. 

Hitung CLV Pelanggan

CLV merupakan Customer Lifetime Value. Setiap pelanggan pada dasarnya mempunyai nilai yang berbeda-beda. Ada pelanggan yang memiliki kontribusi besar dalam bisnis, namun ada yang tidak. 

Dengan menggunakan data konsumen, kamu bisa menghitung CLV serta mengidentifikasi pelanggan mana yang paling loyal, kemudian meningkatkan value pelanggan yang masih rendah.

Jika ingin lebih mudah mencari tahu mana pelanggan yang loyal, kamu bisa memberikan stempel atau kupon setiap pelanggan melakukan pembelian. Kemudian, mereka dapat menukar stempel tersebut dengan salah satu produk gratis bila sudah mengumpulkannya dalam jumlah tertentu. 

Bangun Komunikasi yang Baik

Data pelanggan bisa membantumu untuk selalu terhubung dengan pelanggan, meskipun mereka sedang tidak berkunjung di toko fisikmu. Kamu bisa menjangkau pelanggan dari media sosial kemudian memberi informasi yang menarik berkaitan dengan penawaran terkini.

Cara mendapatkan dan memanfaatkan data konsumen memang tidak mudah, tetapi kita tidak akan mengetahui seberapa besar dampak teknik pemasaran ini, jika belum mencobanya bukan?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis Thai Tea kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​