Home » Strategi Bisnis » Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Cuci Mobil

Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Cuci Mobil

Dalam membangun bisnis cuci mobil, diperlukan pemahaman mengenai cara mengatur stok bahan baku dan pengelolaan barang yang baik.

Sebab, meskipun pada dasarnya bisnis cuci mobil adalah usaha berbasis jasa, akan tetapi dalam operasionalnya tetap saja membutuhkan beragam stok bahan baku fisik.

Contohnya seperti cairan pembersih, kain lap sintetis, dan juga semir ban mobil.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk melakukannya?

Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Cuci Mobil

Kamu nggak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara mengatur bahan baku & barang dalam bisnis cuci mobil, yang bisa kamu segera terapkan:

Mencatat semua bahan baku untuk kebutuhan cuci mobil

Pertama, buatlah daftar semua bahan baku yang kamu perlukan untuk menjalankan bisnis cuci mobil.

Daftar bahan baku tersebut setidaknya harus meliputi informasi tentang nama produk, nomor SKU (stock keeping unit), deskripsi produk, tanggal barang masuk, identitas pemasok, dan harga.

Pada saat jumlah bahan baku dan barang pendukung yang kamu perlukan masih sedikit, kamu bisa saja menggunakan catatan manual untuk membuat daftar tersebut.

Tapi begitu barang yang kamu perlukan mulai banyak ragam serta jumlahnya, mungkin kamu memerlukan bantuan aplikasi komputer untuk mencatat & memantau pergerakan barang-barang tersebut di bisnis cuci mobil milikmu.

Aplikasi komputer, seperti Excel, bisa memudahkan proses pencatatan, serta menghemat waktumu.

Menentukan jumlah persediaan minimum dan maksimum

Selanjutnya, kamu perlu menentukan jumlah persediaan minimum & maksimum dari bahan baku dan barang pendukung tersebut.

Hal ini berfungsi untuk menjaga ketersediaan barang-barang tersebut di bisnismu.

Selain itu, penentuan ini bertujuan untuk menghindari kekurangan stok atau terlalu banyak stok di tempat penyimpanan, saat bisnismu beroperasi nantinya.

Kekurangan stok akan berakibat pada terhambatnya proses pelayanan konsumen, sementara kelebihan stok akan menjadi masalah logistik.

Tentu kamu tidak ingin bisnis cuci mobilmu mengalami hal-hal tersebut, bukan?

Walaupun besar kemungkinan terjadinya, namun dengan perencanaan ketersediaan stok seperti ini, bisnis kamu dapat menimimalisasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dan merugikan bisnis cuci mobil milikmu.

Pisahkan stok bahan baku yang baru dan yang lama

Biasanya, bahan baku dan barang pendukung di sebuah bisnis cuci mobil memiliki masa kedaluwarsa yang lumayan panjang.

Meskipun begitu, ada baiknya kamu tetap menerapkan pemisahan antara stok lama dan stok yang baru datang.

Dahulukan penggunaan bahan baku yang lama untuk memenuhi permintaan konsumen.

Dengan demikian, kamu bisa selalu menjaga kondisi & kualitas bahan baku yang kamu simpan, sekaligus mempertahankan kualitas pelayanan terhadap kendaraan para konsumen.

Menempatkan bahan baku di area yang mudah diakses

Setelah kamu memisahkan antara stok bahan baku yang baru dan yang lama, tempatkan bahan baku yang lama tersebut di area yang mudah dijangkau.

Dengan begitu, stok bahan baku tersebut akan dapat digunakan terlebih dahulu.

Hal ini akan dapat dengan mudah dilakukan, jika sebelumnya kamu telah memisahkan barang lama dengan yang baru datang.

Melakukan pencatatan stok secara rutin

Hal penting lain yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pencatatan jumlah stok secara berkala (stock opname atau stock recording).

Hitunglah jumlah persediaan kamu, dan bandingkan dengan catatan penjualan. Apakah hasilnya cocok, atau ada ketimpangan?

Pencatatan ini berguna untuk mengetahui barang apa yang cepat habis, barang apa yang pemakaiannya normal, hingga barang apa yang hilang.

Seperti daftar barang sebelumnya, pencatatan ini dapat pula dilakukan menggunakan aplikasi komputer. Terutama jika stok bahan baku yang kamu miliki jumlahnya sangat banyak & jenisnya beragam.

Jangan takut terhadap perubahan

Kebutuhan bisnis cuci mobil milikmu dari waktu ke waktu tentu akan mengalami perubahan.

Cara pengaturan stok yang mungkin berhasil kamu terapkan dalam operasional bisnis cuci mobil milikmu di awal, mungkin tidak cocok diterapkan di tahun-tahun berikutnya.

Oleh karena itu, lakukanlah evaluasi kinerja bisnis serta pengelolaan stok bahan baku pada bisnis cuci mobilmu.

Catat & bandingkan kinerja serta aktivitas stok tiap bulannya, dan gunakan data tersebut untuk merencanakan pengaturan stok bahan baku di periode berikutnya.

Jika ternyata metode pengelolaan stok bahan baku dalam bisnis cuci mobil milikmu terbukti sudah tidak efektif, jangan ragu untuk melakukan perubahan.

Contohnya dengan berinvestasi pada gudang yang lebih besar. Atau kamu bisa mengadopsi penggunaan sistem manajemen stok yang lebih terintegrasi dengan sistem komputer, dan lain sebagainya.

. . .

Mengatur Stok Bahan Baku dan Barang Pendukung pada Bisnis Cuci Mobil itu Penting!

Itulah beberapa cara mengatur stok bahan baku dalam bisnis cuci mobil yang bisa segera kamu terapkan.

Walaupun bisnis cuci mobil milikmu baru saja dirintis, pengelolaan stok yang baik tetap menjadi suatu keharusan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Mulai dari pencatatan jenis barang, penyusunan stok barang di tempat penyimpanan, hingga ke penggunaan aplikasi komputer untuk memonitor pergerakan barang.

Tanpa mempelajari cara mengatur stok bahan baku yang baik, bisnis cuci mobilmu kemungkinan besar menjadi tidak teratur. Kalau tetap berlanjut, bukan tidak mungkin bisnismu malah merugi.

Semoga cara-cara di atas bermanfaat, ya.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​