Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Fotografi

Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Fotografi

Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Fotografi

Apa sebenarnya rahasia & kunci sukses dalam menjalankan sebuah bisnis fotografi?

Bisnis fotografi bisa dibilang memiliki potensi yang lumayan besar di Indonesia, terutama di wilayah perkotaan.

Walaupun pernah mengalami momen-momen sepi permintaan di masa awal pandemi, namun bisnis ini mulai bergeliat lagi semenjak pandemi mereda.

Apa yang membuat bisnis tersebut bisa bertahan dan bahkan cenderung berkembang?

Apa kiat dan kunci suksesnya?

Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Fotografi

Setiap bisnis memiliki cara unik untuk menjalankannya, dan setiap pebisnis memiliki kiat suksesnya masing-masing.

Ini berlaku juga untuk bisnis fotografi.

Tetapi jangan khawatir, berikut adalah beberapa kiat dasar yang bisa kamu perhatikan & gunakan dalam mengembangkan bisnis fotografi milikmu.

Silakan disimak!


1. Perlengkapan fotografi

Faktor sukses bisnis fotografi yang pertama adalah perlengkapan yang digunakan.

Mulai dari kamera, lensa, flashlighting, komputer, studio foto, dan lain sebagainya.

Semakin bagus dan berkualitas perlengkapan yang kamu miliki, tentu akan semakin menarik di mata konsumen/klien.

Biasanya, kamera yang harganya mahal bisa menghasilkan kualitas gambar yang baik. Namun, bukan berarti kamera dengan harga lebih rendah tidak bisa digunakan untuk bisnis ini.

Kamu tidak harus memiliki/menyewa kamera high-end untuk memulai bisnis fotografi. Cukup gunakan kamera yang setidaknya ada di tingkat mid-range untuk bisa menarik konsumen pertama.

Jika kamu hanya mampu untuk mendapatkan kamera entry-level, atau menggunakan smartphone yang memiliki kamera berkualitas, kamu bisa berlatih memotret dan mengumpulkan portfolio foto terlebih dahulu.

Jangan salah, sering ditemukan lho, fotografer yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan hanya menggunakan kamera biasa dan smartphone.


2. Jam terbang

Kunci sukses berikutnya adalah pengalaman dan jam terbang.

Tidak dapat dipungkiri, pengalaman seorang fotografer akan menjadi aset utama dalam menjalankan sebuah bisnis fotografi.

Apakah kamu perlu menjadi seorang fotografer yang handal untuk memulai bisnis ini?

Tentu saja tidak.

Tetapi, apakah kamu perlu mengetahui mana hasil gambar yang berkualitas, serta fotografer mana yang berpengelaman?

Nah, kalau ini sudah mutlak harus kamu ketahui.

Pasalnya, kinerja seorang fotografer akan berpengaruh langsung pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Jika, hasil foto tidak sesuai ekspekstasi konsumen, bukan tidak mungkin konsumen tersebut akan menjadi kecewa dan tidak mau menggunakan jasa bisnis fotografimu lagi.


3. Promosi & pemasaran

Setiap bisnis pasti memerlukan strategi promosi & pemasaran, tidak terkecuali untuk bisnis fotografi.

Sebuah bisnis fotografi yang sukses biasanya memiliki cara unik tersendiri untuk memasarkan jasa mereka.

Promosi bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok.

Bisnis tersebut juga bisa membuat sebuah website atau blog sederhana untuk memasarkan jasa mereka, lengkap dengan informasi dasar dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Tidak perlu metode pemasaran yang terlalu rumit untuk memasarkan jasa ini, cukup sediakan platform yang rapi dan menarik, serta portfolio yang beragam.


4. Portfolio

Salah satu komponen penting dalam kesuksesan sebuah bisnis fotografi tentu saja adalah hasil dari foto-foto itu sendiri.

Bisnis fotografi yang profesional pasti bisa mengumpulkan portfolio mereka, dan menyajikannya kepada para calon konsumen.

Baik itu hasil foto produk untuk kebutuhan iklan & promosi suatu bisnis, foto acara-acara penting seperti pernikahan dan wisuda, foto studio untuk kebutuhan personal, hingga ke foto-foto travelling permintaan konsumen.

Semua dikemas dalam suatu format yang bisa diakses oleh siapa saja (selama ada persetujuan dari konsumen pemilik foto). Calon konsumen bisa melihat-lihat hasil jasa fotografi melalui media sosial maupun website.

Jika hasil jepretan foto disajikan dalam format yang menarik, tentu saja akan menarik minat calon konsumen lain untuk menyewa jasa fotografi itu nantinya.


5. Networking

Hal terakhir yang menjadi kunci sukses bisnis fotografi adalah networking.

Ya, faktor terakhir ini merupakan sebuah rahasia umum, namun jarang sekali dibahas.

Setelah memiliki perlengkapan yang berkualitas, fotografer yang handal, serta portfolio yang menarik, sebuah bisnis fotografi biasanya banyak menerima permintaan calon konsumen berdasarkan informasi dari konsumen sebelumnya.

Faktanya, bisnis fotografi merupakan salah satu bisnis yang juga bisa mendapatkan manfaat dari informasi mulut ke mulut.

Jika beberapa konsumen merasa puas dan senang atas hasil foto dari bisnis tersebut, sudah hampir pasti mereka akan merekomendasikan bisnis tersebut ke orang-orang terdekat.

Dengan cara ini, orang-orang yang tadinya belum tahu kehadiran bisnis fotografi, kemudian akan menjadi tahu, dan mungkin akan mencoba untuk menggunakan jasa tersebut.

Orang asing berubah menjadi calon konsumen, calon konsumen berubah menjadi konsumen.

Nah, satu hal lagi yang menarik dari faktor networking ini: tidak jarang kesempatan bisnis juga bisa didapatkan dari berkolaborasi dengan komunitas atau bisnis fotografi lain, lho.

Jadi, networking ini tidak hanya bisa digunakan kepada para konsumen/klien, tetapi juga bisa diterapkan kepada sesama pebisnis fotografi.

Selama saling menguntungkan, kenapa tidak?


Sudah Siap Menerapkan Kunci Sukses pada Bisnis Fotografi Milikmu?

Itulah beberapa kiat dan kunci sukses yang bisa dicoba terapkan pada bisnis fotografi yang sedang kamu rintis.

Mulai dari menyiapkan perlengkapan yang berkualitas dan tenaga kerja yang mumpuni, hingga menjalin komunikasi dan networking dengan para konsumen serta bisnis fotografi lain.

Apakah hanya itu kunci suksesnya? Tentu saja tidak!

Kamu bebas berkreasi dan berinovasi untuk menemukan kiat sukses bisnis fotografi versimu sendiri.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Fotografi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​