Home » Strategi Bisnis » 9 Tips Jitu Memilih Bahan Baku Furniture Berkualitas

9 Tips Jitu Memilih Bahan Baku Furniture Berkualitas

9 Tips Jitu Memilih Bahan Baku Furniture Berkualitas

Kualitas bahan baku menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis, terutama bisnis furniture. Karena semakin berkualitasnya bahan baku, semakin bagus pula penilaian konsumen terhadap bisnismu. Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan bahan baku berkualitas bisnis furniture?

9 Tips Memilih Bahan Baku Furniture Berkualitas Tinggi 

Furniture dengan bahan baku yang berkualitas akan memiliki ketahanan yang awet dan kuat. Jadi, pelanggan akan merasakan kepuasan saat membelinya. Nah, berikut ini ada sembilan strategi memilih bahan baku berkualitas untuk bisnis furniture:

Pilih Supplier yang Terpercaya

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memilih supplier yang sudah berpengalaman. Biasanya, supplier jenis ini memiliki jam terbang dan penilaian tinggi.

Kamu perlu melakukan evaluasi supplier terlebih dahulu untuk mengetahui apakah terpercaya atau tidak. Misalnya, cek website atau media sosial mereka, ini bertujuan agar kamu tahu track record yang mereka punya.

Rekomendasi supplier antara lain Indotrading, PT. Bumimas Permata GroupPT Inhutani, PT Asia Forestama Raya, PT Hutrindo Prajen Plywood Mfg Co, PT Surya Dumai Industri, KLI Group, dan lain sebagainya.

Periksa Daya Tahan Bahan Baku

Kamu harus memeriksa daya tahan atau kekuatan dari bahan baku sebelum membeli bahan baku agar barang-barang dari bisnis furniture kamu bisa bertahan dalam jangka yang panjang.

Caranya, mintalah kepada supplier untuk melakukan uji coba. Misalnya, lakukan uji coba pada kayu, lihat apakah kayu tersebut mudah patah atau tidak. Biasanya, bahan baku dengan daya tahan yang kuat akan lebih mudah digunakan. Apalagi jika konsumen kamu membutuhkan furniture yang dapat menampung banyak beban.

Lihat Spesifikasinya

Strategi untuk mendapatkan bahan baku berkualitas bisnis furniture selanjutnya adalah dengan melihat spesifikasi bahan. 

Cek spesifikasi setiap bahan baku agar produksi di bisnis furniture kamu berjalan dengan efisien. Karena masing-masing bahan baku tentu memiliki spesifikasi yang berbeda.

Misalnya, plywood (kayu lapis) akan memiliki berbagai macam lapisan, tentunya berbeda dengan melaminto yang cenderung lebih halus maupun dengan kayu jati yang padat.

Jangan lupa untuk menaruh bahan baku sesuai dengan unit fungsinya. Jadi, proses produksi barang furniture tidak akan terganggu. Sehingga, kamu tidak perlu merasakan pemborosan waktu, biaya, dan bahan baku.

Gampang Ditemukan

Tidak sedikit yang berpendapat bahwa bahan baku berkualitas memiliki kelangkaan tertentu. Namun, jika kamu memang membutuhkan bahan baku secepatnya, maka sebaiknya pilih bahan yang mudah didapatkan. Misalnya, kayu jati, akrilik, plywood, dan lain sebagainya.

Ini bertujuan agar bisnis furniture kamu tidak kesulitan dalam melakukan produksi dan berdampak pada hilangnya konsumen. Jadi, gunakanlah bahan baku yang sudah tidak asing di pasaran. Dengan begitu, masalah tersebut tidak akan terjadi.

Pastikan juga bahwa bahan baku yang akan kamu gunakan memiliki komponen pengganti yang kualitasnya sama. Dengan demikian, proses produksi di perusahaan milikmu akan berjalan tanpa adanya kendala atau masalah.

Perhatikan Estetika Produk

Sebuah produk harus memiliki karakteristiknya tersendiri. Ini berkaitan dengan nilai-nilai estetika yang ada di dalam bahan baku. 

Untuk memilih bahan baku berkualitas bisnis furniture dari segi estetika, kamu perlu meninjau bentuk, warna, dan detailnya. Ada berbagai bahan baku furniture yang estetik, antara lain seperti kayu mahoni, kayu solid, kayu pinus, medium density fiberboard, dan lain-lain.

Estetika sendiri bertujuan untuk menciptakan makna dan kesan barang furniture, jadi barang akan terlihat lebih aesthetic. Selain itu, bahan baku dengan nilai estetika juga akan membuat barang produksi semakin kompleks.

Cari Tahu Keamanan Bahan Baku

Mencari tahu keamanan bahan baku menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan. Sebab, ini bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang furniture. Dengan begitu, bahan baku akan memiliki ketahanan yang awet.

Pilih bahan baku dengan tingkat keamanan maksimal, misalnya seperti tidak ada goresan, retak, maupun kerusakan lainnya. Untuk tips ini, tergantung bagaimana supplier menyimpan bahan baku sebelum dikirim ke pelanggannya.

Minta Sampel Kepada Supplier

Kamu bisa meminta sampel kepada supplier untuk memastikan apakah bahan baku sudah sesuai kriteriamu atau belum. Tips ini juga bisa membantu kamu menentukan kualitas dari bahan baku dan menemukan supplier yang cocok.

Bagaimana cara meminta sampel? Kamu bisa menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan sedikit sampel ke tempatmu. Misalnya, seperti sampel kayu jati, tripleks, busa, dan lain-lain. 

Jika kamu ada waktu senggang, sebaiknya datang ke kantor supplier untuk melihat bahan baku secara langsung.

Cek Garansi

Tips memilih bahan baku berkualitas bisnis furniture selanjutnya adalah dengan mengecek garansi. Ketika proses pengiriman bahan baku mengalami goncangan, ada kemungkinan kerusakan terjadi. Oleh sebab itu, garansi bisa menjadi solusi untuk melakukan pengembalian bahan baku.

Kamu bisa menggantinya dengan bahan baku yang masih bagus, jadi masalah dapat terselesaikan. Sementara itu, bahan baku yang berkualitas tidak akan mudah rusak, meski ada goncangan sekalipun.

Gunakan supplier yang dapat mempertanggungjawabkan kesalahan mereka, salah satunya menyediakan garansi. Dengan begitu, kamu bisa mencegah terjadinya kerugian.

Pertimbangkan Harganya

Kamu harus mempertimbangkan harga bahan baku sebelum membeli. Pilih harga yang sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnismu. Berikut ini ada list perkiraan harga bahan baku furniture yang bisa menjadi referensi kamu.

Yuk, Temukan Bahan Baku Furniture Berkualitas!

Setelah mengetahui sembilan tips memilih bahan baku berkualitas bisnis furniture di atas, tentunya kamu sudah punya gambaran bukan? Yuk, segera pilih bahan baku yang berkualitas, agar produk furniture kamu memiliki ketahanan terbaik!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis furniture kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​