Home » Strategi-bisnis » Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Furnitur

Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Furnitur

Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Furnitur

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk berbisnis furnitur, dan sudah memiliki akun bisnis Instagram, pasti pernah bertanya-tanya; bagaimana cara menaikkan followers Instagram untuk bisnis furnitur milikmu?

Dengan semakin banyaknya jumlah orang yang aktif menggunakan media sosial seperti Instagram, tentu kehadiran akun Instagram untuk bisnis furnitur milikmu menjadi penting.

Kenapa? Karena fungsi Instagram yang awalnya hanya untuk menampilkan gambar dan foto yang menarik, kini bergeser menjadi wadah untuk berpromosi sekaligus membangun branding bisnis.

Fungsi-fungsi utama marketing yang tadinya hanya bisa dilakukan secara konvensional, kini bisa dilakukan dengan mudah melalui Instagram; yang bisa diakses kapan saja & di mana saja, di perangkat komputer maupun smartphone.

Nah, untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram dan mendapatkan engagement yang baik bagi bisnis furniturmu, kamu perlu memiliki jumlah followers yang tidak sedikit.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menaikkan jumlah followers di akun Instagram bisnis furnitur milikmu?

Begini Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Furnitur

Seperti telah disebutkan di atas, betapa pentingnya kehadiran sebuah media sosial untuk perkembangan sebuah bisnis.

Contohnya seperti Facebook, YouTube, TikTok, Twitter, dan yang paling digandrungi saat ini, yaitu Instagram.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, untuk menaikkan jumlah followers di akun Instagram bisnis furnitur milikmu:


1. Membuat username yang relevan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat username yang unik dan menarik, namun masih berkaitan dengan bisnis milikmu.

Sebagai contoh, bisnis furniturmu memiliki nama “Toko Furnitur Jakarta”, maka username yang paling sesuai adalah @tokofurniturjakarta.

Hal ini akan membantu para konsumen, dan juga users Instagram lain, untuk menemukan & mengenali akun bisnismu.

Jika para konsumen memang menyukai kualitas produk serta pelayanan yang diberikan, tentu mereka akan berusaha mencari profil Instagram tokomu untuk diikuti.

Hindari penulisan username yang menggunakan kombinasi angka dan terlalu panjang, ya.


2. Membuat profil dan biodata yang menarik

Kamu juga menuliskan biodata yang menarik pada profil akun bisnis Instagram milikmu.

Tidak hanya mengenai informasi identitas bisnis furnitur, namun kamu juga bisa memberikan informasi lain seperti alamat dan kontak yang bisa dihubungi.

Buatlah para konsumen fokus terhadap penjelasan singkat yang kamu tulis.

Kamu bisa mengajak konsumen lain untuk menjadi followers di akun tersebut, tawarkanlah promo khusus bagi para users yang berkenan untuk menjadi followers baru.

Dengan begitu, mereka akan tergoda untuk menjadi pengikut akun Instagram bisnis furnitur milikmu.


3. Menggunakan tagar (hashtag) yang unik

Salah satu cara menarik users untuk mengunjungi akun dan membuat mereka menjadi followers adalah dengan menggunakan tagar yang unik, tapi masih relevan.

Tulislah tagar yang menarik, serta memiliki traction yang tinggi, saat kamu mengunggah gambar atau foto terbaru.

Sebagai contoh, jika kamu mengunggah konten mengenai promosi potongan harga menjelang momen akhir tahun, tuliskanlah tagar-tagar yang sesuai dengan tema akhir tahun tersebut.

Dengan begitu, para users yang tadinya sedang mengakses Instagram dan mencari informasi seputar promosi akhir tahun, tentu akan dapat melihat konten yang baru kamu unggah.


4. Memasang tag lokasi

Selain memasang tagar yang berkaitan dengan unggahan kontenmu, jangan lupa untuk memasang informasi lokasi di unggahan tersebut.

Hal ini dapat membantu users di lokasi yang sama untuk menemukan kontenmu.


5. Mengunggah konten di waktu tertentu

Instagram memiliki data mengenai kapan para penggunanya aktif menggunakan media sosial tersebut.

Nah, dengan adanya informasi ini, kamu bisa mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten di akun bisnis Instagram milikmu.

Misalnya, kamu ingin mengunggah konten mengenai promosi dan potongan harga jika users menjadi pengikut Instagram bisnis furnitur milikmu, dan kamu memiliki informasi bahwa banyak pengguna Instagram aktif di sore hari, serta di malam hari sesaat sebelum mereka tidur.

Dengan begitu, kamu sebaiknya mengunggah konten tersebut di sore hari saat banyak orang baru pulang dari tempat kerja, dan juga malam hari sebelum waktu tidur.

Dapat dipastikan bahwa Instagram mungkin akan lebih banyak menampilkan konten milikmu kepada para pengguna ini.

Namun, jangan terlalu sering mengunggah konten juga, ya.

Hindari mengunggah konten dalam jumlah banyak, dan dalam waktu yang singkat dan sering, bisa-bisa akun bisnismu dianggap mengganggu oleh Instagram.


6. Menggunakan gambar atau foto yang kualitasnya baik

Hindari menggunakan gambar atau foto yang kurang jelas, atau blur, di tiap unggahanmu.

Hal ini dapat membuat feed Instagram bisnis furnitur milikmu jadi kurang enak dilihat.

Pastikanlah gambar atau foto yang digunakan memiliki resolusi yang cukup baik untuk diunggah.

Kamu juga bisa menggunakan fitur sunting gambar dan beragam filter di Instagram.

Namun, penggunaan filter jangan sampai menyulitkan users untuk menangkap informasi yang kamu ingin sampaikan, ya.


7. Mengunggah konten secara rutin di Instagram Story

Manfaatkanlah fitur Instagram Story dan juga fitur Reels untuk mengunggah konten, jika memang ada hal rutin yang ingin kamu sampaikan ke followers.

Instagram Story adalah salah satu fitur yang ampuh menarik perhatian pengguna Instagram yang kebetulan mengunjungi akun bisnismu.

Unggahan ini akan otomatis hilang dalam 24 jam, dan juga tidak mengganggu feed Instagram secara keseluruhan.

Instagram Reels adalah fitur pengunggahan video pendek, dengan durasi sekitar 60-90 detik. Video ini bisa kamu unggah dan akan masuk ke feed, layaknya foto atau gambar biasa.

Berbeda dengan Instagram Story, Reels tidak akan otomatis hilang dalam 24 jam.


8. Melakukan endorsement dan promo giveaway

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan endorsement, dan promo giveaway di akun Instagram bisnis furnitur yang kamu miliki.

Endorsement biasanya dilakukan dengan meminta bantuan pihak-pihak tertentu yang memiliki pengikut banyak di Instagram.

Misalnya seperti para selebritas atau influencers.

Kamu bisa mencari tahu siapa selebritas yang sedang digemari oleh orang banyak, kemudian mengajaknya untuk bekerja sama.

Biasanya kamu akan diminta untuk membayar biaya endorsement, dan selebritas tersebut akan membantu mempromosikan produku furniturmu melalui Instagram miliknya.

Usahakan selebritas atau influencers yang kamu ajak kerja sama juga memiliki keahlian atau minat terhadap produk furniturmu, ya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan promo giveaway di akun bisnis Instagram.

Contohnya seperti mengumumkan bahwa followers yang mengikuti akun kalian di hari ini akan berkesempatan mendapat kupon potongan harga sebesar 30%.

Dua hal tersebut terbukti ampuh untuk menaikkan jumlah followers di Instagram.


Pentingnya Menaikkan Jumlah Followers Instagram untuk Bisnis Furnitur Milikmu

Demikian beberapa cara mudah untuk menambah jumlah followers yang kamu miliki.

Mulai dari memilih username dan menyusun biodata yang relevan, menggunakan tagar yang kreatif, hingga menggunakan jasa influencer untuk membantu promosi akun bisnismu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Furnitur

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​