Home » Strategi Bisnis » 3 Jenis Pelayanan Bisnis Furniture yang Banyak Dicari

3 Jenis Pelayanan Bisnis Furniture yang Banyak Dicari

3 Jenis Pelayanan Bisnis Furniture yang Banyak Dicari

Kualitas pelayanan dalam bisnis furniture menjadi salah satu hal sangat berpengaruh pada kesuksesannya. Berdasarkan Salesforce Research, 89% konsumen melakukan pembelian kembali karena kualitas pelayanan yang baik. Karena itu, banyak pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menyediakan pelayanan terbaik untuk konsumennya.

3 Jenis Pelayanan Bisnis Furniture

Berdasarkan situs Hubspot, 77% konsumen akan menyebarkan pengalaman positif mereka kepada kenalannya. Dengan mengetahui seperti apa bentuk pelayanan terbaik, akan sangat menguntungkan bisnis kamu. Berikut ini ada tiga jenis pelayanan yang paling banyak dicari dalam bisnis furniture:

Respon yang Cepat dan Tanggap

Pelayanan yang cepat dan tanggap adalah salah satu yang paling banyak dicari. Setiap konsumen pasti selalu menginginkan pelayanan yang cepat dan tidak membuatnya menunggu lama, serta pelayanan yang tanggap dan dapat membantu permasalah yang mereka hadapi.

Karena itu, apapun jenis usaha yang dijalankan, termasuk bisnis furniture kamu harus memperhatikan aspek ini. Misalnya, kamu memberikan layanan chat untuk konsultasi atau pertanyaan secara online. Konsumen akhirnya menghubungi dan menanyakan tentang, apakah perusahaanmu melayani pengiriman barang di luar kota?

Maka kamu harus memberikan respon secepat mungkin untuk konsumen tersebut dan tidak membiarkan konsumen menunggu terlalu lama. Selain itu, respon yang kamu berikan harus bisa menjawab pertanyaan tersebut. 

Berikan dulu sambutan seperti “Terima kasih telah menghubungi kami.” Selanjutnya, baru jelaskan secara detail prosedur pengiriman, seperti berapa jumlah minimal barang yang mungkin harus dipesan dan lainnya. Lalu, ke daerah mana saja kamu bisa mengirimkan barang. Misalnya, hanya di daerah Jabodetabek dan sebagainya.

Hindari menjawab dengan jawaban yang terlalu singkat, karena akan terkesan tidak ramah dan tidak menghargai konsumen. Contohnya, karena pertanyaan tersebut kamu hanya menjawab “Ya” atau “Tidak” tanpa penjelasan dan sambutan yang baik. 

Untuk pelayanan yang lebih baik kamu bisa mempekerjakan seorang admin online khusus. Gaji seorang admin online sendiri berkisar antara Rp 2,5 juta -Rp 3,5 juta.

Kemudahan Melakukan Pembelian

Berdasarkan penelitian Salesforce Research, 87% konsumen mengharapkan sistem pembelian dan pengiriman yang memiliki banyak opsi dan fleksibel. Karena itu, pelayanan dalam bisnis furniture yang banyak dicari selanjutnya adalah kemudahan untuk berbelanja.

Artinya, semakin banyak banyak opsi untuk konsumen dapat melakukan pemesanan hingga pembayaran, semakin besar pula konsumen tertarik dan berminat untuk berbelanja. Sebagai pemilik bisnis furniture, kamu harus lebih memperhatikan aspek yang satu ini.

Misalnya, selain memberikan layanan secara langsung di toko offline, kamu sebaiknya juga memiliki sebuah toko online. Kamu bisa memanfaatkan marketplace dengan akses yang mudah dan memiliki pangsa pasar luas, seperti Tokopedia atau Shopee

Kelebihan lain dari marketplace tersebut adalah adanya banyak opsi pembayaran yang tentunya akan semakin memudahkan konsumen. Apalagi kamu juga bisa menggunakan fitur gratis ongkir yang pasti akan semakin menyenangkan konsumen.

Selain menggunakan marketplace online, kamu juga bisa membuat website yang membuat konsumen membeli barang dari sana. Jika kamu tertarik untuk membuat website, maka kamu juga harus memiliki budget yang cukup. 

Contohnya, estimasi biaya pembuatan website dengan WordPress menggunakan sistem e-commerce adalah sekitar Rp 600 ribu – Rp 5 juta per tahunnya. 

Sedangkan website Builder (Zyro) membutuhkan biaya sekitar Rp 237,6 ribu- Rp 2,75 juta. Biaya ini akan berbeda tergantung pada metode yang kamu pilih dan gunakan.

Konsultasi dan Experience

Pelayanan dalam bisnis furniture yang terakhir adalah adanya konsultasi dan experience. Rumah adalah tempat yang istimewa, tentunya setiap pemilik pasti menginginkan rumah yang nyaman. Oleh karena itu, mereka pasti ingin memilih furniture yang terbaik. 

Cara agar mereka mampu memutuskan furniture seperti apa yang terbaik untuk rumah mereka adalah dengan melakukan konsultasi dan merasakan pengalaman untuk mencoba furniture secara langsung. Kamu bisa menyediakan pelayanan tersebut dengan sistem end-to-end, yaitu mendampingi pelanggan dari awal hingga akhir.

Contohnya, memberikan layanan konsultasi agar konsumen dapat menemukan seperti apa desain rumah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Dari sini, kamu bisa memberikan rekomendasi furniture seperti apa yang cocok untuk menunjang desain impian tersebut. 

Kamu bisa menggunakan jasa seorang desainer interior profesional agar lebih kredibel. Kisaran gaji desainer interior adalah mulai dari Rp2,8 juta – Rp 9,6 juta tergantung pada pengalamannya.

Sedangkan untuk experience yang ditawarkan, kamu bisa memulainya dengan mendesain toko offline dengan tampilan yang lebih rapi dan menarik. Contohnya, menata setiap furniture hingga membentuk sebuah ruangan. Kemudian ubah display setiap dua minggu sekali, sehingga toko tidak akan terlihat membosankan. 

Gunakan juga cat dengan warna yang berkesan ceria dan cerah, seperti putih atau biru sehingga ruangan tampak lebih besar. Lalu, gunakan juga pencahayaan dengan CCT suhu Kelvin, mulai dari 2700K – 3000K yang dapat memberikan kesan hangat dan mewah.

Salah satu perusahaan furniture yang menerapkan layanan seperti ini dan dapat kamu jadikan inspirasi adalah Dekoruma. Bentuk layanan yang Dekoruma berikan adalah dengan adanya konsultasi dengan desainer interior profesional dan Dekoruma Experience Center.

Tujuan Dekoruma menyediakan layanan tersebut adalah agar konsumen dapat mendapatkan inspirasi, konsultasi, dan edukasi untuk mewujudkan rumah impiannya. 

Sudah Tahu Apa Saja Pelayanan dalam Bisnis Furniture?

Itulah ulasan tentang tiga jenis pelayanan dalam bisnis furniture yang paling banyak dicari oleh konsumen. Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti memahami bahwa kepuasan konsumen adalah sebuat prioritas. Karena itu, jangan pernah menyepelekan aspek pelayanan ketika kamu membangun sebuah bisnis.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​