Home » Strategi-bisnis » Strategi Melipatgandakan Omset dalam Bisnis Furniture

Strategi Melipatgandakan Omset dalam Bisnis Furniture

Strategi Melipatgandakan Omset dalam Bisnis Furniture

Salah satu tanda berkembangnya sebuah bisnis adalah omset yang terus merangkak naik. Tak terkecuali dalam bisnis furniture. Melipatgandakan omset dalam bidang bisnis furniture tentu memerlukan strategi khusus yang berbeda dengan bisnis pada umumnya.

Dewasa ini, furniture tidak hanya berfungsi sebagai perabot pemenuh kebutuhan. Furniture kini juga adalah lambang gaya hidup dan kepribadian seseorang. Sebagai pemilik bisnis kamu wajib mengikuti perkembangan ini.

Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Furniture

Lebih detail, berikut ini 7 strategi yang dapat kamu terapkan untuk terus mengikuti perkembangan bisnis furniture dan melipatgandakan omset:

Mempertahankan Kualitas

Strategi pertama dan utama untuk melipatgandakan omset dalam bisnis furniture adalah mempertahan kualitas. Tentu tak perlu diragukan bahwa pertimbangan utama konsumen adalah kualitas furniture.

Guna melakukan hal ini, kamu perlu memilih bahan baku yang berkualitas. Jika kamu mau menggunakan kayu solid, rekomendasi untukmu adalah kayu jati, mahoni, dan jati belanda.

Sedangkan jika kamu mau menggunakan kayu olahan, pastikan kamu memilih kayu yang cukup padat agar kuat dan sesuai dengan fungsi furniture. Jenis kayu olahan yang umum digunakan adalah plywood, partikel board, dan Medium Density Board (MDF).

Meningkatkan Manfaat

Strategi selanjutnya adalah meningkatkan manfaat furniture yang kamu produksi. Furniture yang multifungsi akan meningkatkan nilai, sehingga lebih menarik minat konsumen.

Contohnya, kamu dapat membuat meja makan yang bisa dilipat, sehingga memberi fungsi tambahan sebagai rak. Hal lain, misalnya rak buku dimana pintunya dapat dibuka untuk menjadi meja.

Jenis furniture seperti ini sedang banyak diminati, karena menghemat tempat peletakan di rumah modern masa kini yang semakin mungil.

Salah satu bisnis furniture yang telah berhasil dengan strategi ini ada Pira Home yang berasal dari Sidoarjo. Produk Pira Home menarik banyak peminat hingga mampu melakukan pengiriman ke luar Jawa.

Modernisasi Desain

Kamu dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli furniture dengan memodernisasi desain. Sebagai pemilik bisnis, kamu wajib untuk terus update tentang tren desain furniture agar produk yang kamu hasilkan selalu kekinian.

Desain furniture yang sedang tren sekarang, antara lain adalah scandinavian yang didominasi warna putih. Kamu dapat menilik offline atau online store toko furniture JYSK untuk mempelajari desain ini.

Tren lainnya adalah desain dengan gaya retro yang memadukan kesan lawas, namun tetap kekinian. Beberapa tipe desain dari merek furniture Fabelio menganut tren ini. Kamu dapat mencari inspirasi dengan mengunjungi offline atau online storenya.

Menjual Produk Bundling

Strategi menaikkan omset berikutnya adalah menjual produk furniture secara bundling. Kemudian, kamu dapat memberi sedikit diskon, sehingga konsumen mengerti bahwa membeli furniture dalam paket akan lebih murah.

Misalnya, kamu dapat menawarkan sofa tamu bundling dengan meja tamu. Contoh lainnya adalah lemari pakaian bundling dengan nakas. Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh banyak toko furniture, karena terbukti menarik banyak minat konsumen.

Salah satunya adalah toko furniture isiruma. Isiruma berani memberikan diskon sekitar 30% untuk produk furniture bundling. Jika ingin mempelajarinya lebih lanjut, kamu dapat mengecek ke website brand isiruma.

Buka Layanan Kustomisasi

Salah satu tantangan bagi konsumen ketika memilih perabot adalah mencari desain dan ukuran yang sesuai. Seringkali desain sudah sangat memikat hati, tetapi ukuran terlalu besar.

Menanggapi hal ini, kamu dapat menawarkan custom furniture, sehingga konsumen tidak perlu mengurungkan niat membeli ketika tertarik dengan furniture buatanmu.

Salah satu brand furniture yang sudah menerapkan hal ini adalah dekoruma. Dekoruma menawarkan layanan custom desain dan ukuran furniture, sehingga konsumen benar-benar mendapatkan furniture yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengingat semakin beragamnya desain rumah yang membutuhkan bermacam ukuran furniture, kamu tentu perlu mempertimbangkan layanan ini untuk melipatgandakan omset.

Bekerjasama dengan Pengembang Perumahan

Strategi berikutnya adalah bekerjasama dengan pengembang perumahan. Pengembang perumahan biasanya menjual rumah kosong tanpa perabot. Ini adalah kesempatan untukmu.

Keluarga baru, umumnya belum memiliki perabot. Mereka tentu berminat pada perabot yang sesuai dengan rumah baru mereka. Maka, apabila kamu dapat menjalin kerjasama dengan pengembang sebagai penyedia furniture, omsetmu pasti meningkat tajam.

Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunjungi pengembang perumahan dan menawarkan kerjasama. Misalnya, kamu dapat memberi diskon besar untuk sampel furniture pada rumah contoh.

Sediakan Layanan Purnajual

Layanan purnajual adalah nilai lebih bagi sebuah brand furniture. Umumnya, toko furniture hanya menyediakan garansi pembelian, dimana konsumen perlu menyertakan foto dan video ketika menerima produk untuk melakukan klaim garansi.

Sedangkan dengan layanan purnajual, kamu melakukan lebih dari sekedar memberi garansi. Misalnya, kamu dapat menyediakan layanan perbaikan furniture berbayar. Jadi ketika furniture mengalami kerusakan satu tahun setelah masa garansi berlalu, mereka akan menghubungimu kembali untuk melakukan perbaikan.

Selain meningkatkan kepuasan, dengan cara ini kamu dapat terus menjalin hubungan baik dengan konsumen, sehingga mudah untuk melakukan remarketing dan meningkatkan peluang pembelian berulang.

Waktunya Melipatgandakan Omset Bisnis Furniture

Peningkatan angka penjualan akan melipatgandakan omset, sehingga bisnis furniture kamu akan semakin berkembang. Kamu dapat menerapkan 7 strategi yang telah kita bahas di atas untuk mendongkrak omset bisnis furniture kamu. Selamat mencoba!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Melipatgandakan Omset dalam Bisnis Furniture

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​