Home » Strategi Bisnis » Strategi Menarik Pelanggan dalam Bisnis Furniture

Strategi Menarik Pelanggan dalam Bisnis Furniture

Furniture bukanlah kebutuhan pokok layaknya makanan. Hal inilah yang menyebabkan pelanggan dalam bisnis furniture tidak akan selalu membeli produk furniture yang kamu jual. Agar bisnis furniture kamu bisa berkembang, maka sangat penting untuk menerapkan strategi menarik pelanggan dengan tepat.

Strategi Jitu untuk Menarik Pelanggan Furniture

Strategi menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama pada bisnis furniture memiliki pendekatan yang sangat jauh berbeda. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa strategi jitunya berikut ini:

Strategi Menarik Pelanggan Baru

Strategi menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan memperkenalkan produk serta meningkatkan brand awareness secara lebih luas melalui cara berikut ini:

Lakukan Pemasaran Konten Secara Aktif

Pemasaran melalui konten adalah salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan baru. Kamu bisa membuat berbagai konten menarik dengan memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan produk serta memperoleh brand awareness dari para pelanggan baru.

Konten-konten tersebut bisa berupa hard-selling, seperti ajakan membeli produk secara langsung dan gamblang dalam sebuah konten. Bisa juga berupa soft-selling, seperti konten edukasi tentang cara menata rumah minimalis, lalu giring audiens untuk membeli produk furniture kamu.

Salah satu bisnis furniture yang sudah menerapkan cara ini adalah platform belanja furniture Rupa Rupa dengan akun Instagram @ruparupacom. Contoh lainnya bisa juga kamu lihat di akun Instagram @dekoruma yang rutin memposting konten-konten menarik perihal furniture.

Manfaatkan Social Media Ads

Langkah kedua dalam menarik pelanggan baru adalah dengan manfaatkan sosial media ads, seperti Instagram Ads atau Facebook Ads untuk bisa menarik banyak pelanggan baru.

IG atau FB Ads biasanya sudah memiliki data masing-masing pengguna, mulai dari usia, tingkat pendidikan, hingga hal-hal yang mereka suka. Oleh karena itu, melakukan pemasaran konten dengan memanfaatkan IG atau FB Ads akan sangat membantu kamu untuk menarik banyak pelanggan baru.

Biaya pasang iklan di IG ataupun FB pun terbilang cukup murah, yaitu mulai dari Rp 10 – 30 ribu per harinya. Sementara untuk perminggunya bisa mencapai Rp 750 ribu sampai dengan Rp 750 juta. Perhitungan biaya ini pun tergantung pada jumlah pelanggan baru yang ingin kamu target dan seberapa luas jangkauan iklan kamu.

Kolaborasi dengan Brand Lain

Kamu juga bisa lakukan kolaborasi dengan brand lain untuk mendapatkan awareness dari masing-masing customer setia brand tersebut. Sebagai contoh, sekarang ada banyak sekali brand kosmetik yang berkolaborasi dengan produk F&B.

Hal tersebut jelas sangat menguntungkan kedua belah pihak, di mana brand kosmetik akan mendapat awareness di kalangan pelanggan brand F&B dan begitu juga sebaliknya.

Dalam bisnis furniture kamu mungkin bisa melakukan kolaborasi dengan perusahaan fashion untuk menciptakan produk furniture dengan gaya tertentu. Sebagai contoh, kamu bisa berkolaborasi dengan perusahaan fashion batik untuk ciptakan furniture bergaya tradisional.

Strategi Mempertahankan Pelanggan Lama

Strategi mempertahankan pelanggan lama adalah dengan membuat penawaran yang bersifat personal. Beberapa cara untuk memberikan penawaran secara lebih personal, yaitu:

Email atau WhatsApp Marketing

Strategi marketing menggunakan email atau WhatsApp membantu kamu memberikan penawaran atau promosi secara lebih personal. Kamu bisa mengirimkan pesan WhatsApp atau email yang berisi penawaran khusus yang ditujukan untuk si penerima pesan.

Contoh pesan berisi penawaran khusus kepada penerima pesan “Diskon khusus hanya untuk kamu! Dapatkan set sofa lipat hanya Rp 499 ribu!”

Berikan Banyak Penawaran Menarik

Kamu bisa memberikan mereka berbagai penawaran menarik yang belum pernah kamu berikan kepada pelanggan baru dari kanal sosial media. Hal ini pun dapat menarik pelanggan lama untuk membeli produk kamu.

Penawaran menarik ini bisa berupa diskon atau bonus tambahan untuk mereka yang sudah membeli produk furniture pada bisnismu sebanyak 2 – 3 kali. 

Kamu bisa tekankan bahwa promosi tersebut bersifat eksklusif dengan menambahkan kata-kata seperti “Hanya untuk Anda” atau khusus “Pelanggan Setia yang Punya Member Card.”

Buat Giveaway

Strategi membuat giveaway ini sebenarnya bisa menarik minat pelanggan lama maupun pelanggan baru. Namun, pada pelanggan lama, adanya giveaway ini semakin meningkatkan loyalitas mereka pada brand furniture kamu.

Kamu bisa membuat giveaway menggunakan produk furniture terbaru dari bisnis kamu dan minta mereka yang memenangkan giveaway untuk memberikan testimoni pada produk yang kamu jadikan giveaway.

Strategi giveaway ini tidak hanya menghasilkan pelanggan yang loyal tetapi juga testimoni yang bisa kamu jadikan sebagai bahan marketing.

Jika kamu ingin membuat giveaway yang viral dengan memberikan hadiah giveaway di luar produk yang kamu jual juga sebenarnya sah-sah saja. Namun, model giveaway seperti ini belum tentu bisa menjangkau target customer kamu, sehingga efeknya terhadap brand kamu pun tidak terlalu signifikan.

Jangkau Pelanggan dengan Strategi yang Tepat

Pelanggan atau customer merupakan komponen krusial dalam suatu bisnis. Menjangkau pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan lama sama pentingnya untuk menjaga kelangsungan bisnis kamu.

OIeh karena itu, kamu wajib untuk memelihara hubungan yang baik dengan keduanya. Terapkanlah strategi marketing yang tepat untuk menarik pelanggan, agar bisnis furniture kamu bisa tetap bertahan dan bahkan berkembang lebih baik.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​