Home » Strategi-bisnis » Tips Memilih Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Hijab

Tips Memilih Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Hijab

Tips Memilih Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Hijab

Ketika berbisnis hijab, pemilihan bahan baku hijab berkualitas sangat penting untuk menjaga kualitas produk. Sehingga, kamu perlu strategi untuk mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis hijab kamu.

Apa saja hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih bahan baku hijab? Simak ulasan berikut untuk mengetahui tips dalam memilih bahan baku hijab berkualitas.

Strategi Memilih Bahan Baku Hijab Berkualitas

Ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan dalam memilih bahan baku hijab sebelum mulai produksi. Mulai dari pemilihan vendor dan supplier, hingga memilih grade kain untuk menghasilkan produk hijab berkualitas.

1. Kunjungi Penjual Kain Terpercaya

Pada saat menentukan produk bahan baku, kamu perlu melakukan riset bahan produk, seperti memilih jenis kain yang akan kamu gunakan. Ada baiknya kamu membeli kain secara langsung sehingga kamu bisa menyentuh bahan kain apakah nyaman atau tidak.

Jika kamu tinggal di daerah ibu kota dan sekitarnya, ada beberapa rekomendasi tempat membeli kain tekstil untuk bahan hijab berikut ini:

Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang merupakan tempat membeli kain secara grosir dalam jumlah besar. Jika ingin membeli bahan baku untuk hijab, kamu bisa menuju ke blok A dan blok B lantai B1 dan B2.

Lokasi Pasar Tanah Abang terletak di Jalan Kyai Haji Mas Mansyur no 6, Jakarta Pusat. Jika naik kereta, kamu bisa turun di Stasiun Karet daripada Stasiun Tanah Abang. Dari catatan perjalanan angkutan kereta, bila memilih turun di Stasiun Karet, kamu bisa naik angkot dengan biaya Rp 4.000, lebih dekat daripada turun di Stasiun Tanah Abang dan harus jalan kaki.

Melansir dari moovitapp, jika naik bis, kamu bisa memilih jalur 1R atau M10 dan turun di halte terdekat, yaitu Halte Stasiun Tanah Abang.  

Pasar Mayestik

Selain Pasar Tanah Abang, kamu juga bisa mendapatkan bahan baku hijab berkualitas dari Pasar Mayestik. Pasar Mayestik ini terletak di Jalan Tebah, Kemayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di tempat ini, kamu bisa mendapatkan bahan baku hijab berkualitas, baik dari kain lokal maupun kain impor. Bahan pelengkap hijab juga tersedia di Pasar Mayestik, seperti kancing, renda, hingga manik-manik.

Melansir capangker, apabila hendak ke Pasar Mayestik, jika naik bis kamu bisa turun di halte busway Mayestik atau halte busway depan bank BCA Mayestik. Sedangkan, bila naik KRL, kamu bisa memilih untuk turun di stasiun Kebayoran, lalu menggunakan jasa transportasi online.

Pasar Cipadu

Khusus wilayah Tangerang dan sekitarnya, kamu bisa mencari bahan baku hijab berkualitas di Pasar Cipadu. Lokasinya terletak di daerah Kreo, Tangerang Selatan. Tempat ini cocok jika kamu mencari bahan impor, karena mendapatkan kiriman kain langsung dari Jepang dan Korea Selatan.

Pasar Cipadu juga menjual produk garmen sisa untuk ekspor, sehingga kamu bisa mendapatkan kain dengan kualitas ekspor yang harganya miring. Perlu kamu perhatikan juga, saat mengukur roll kain apakah ada cacat fisik pada kain atau tidak.

Rute dari transportumum.com, bila ingin ke Pasar Cipadu, kamu bisa naik KRL arah Serpong atau Rangkasbitung, kemudian turun di Stasiun Pondok Ranji. Jika sudah, kamu bisa naik angkot ke arah Ciledug dan naik angkot ke arah Kreo. Pilihan lain, kamu bisa langsung naik ojek online setelah sampai Stasiun Pondok Ranji.

Thamrin City

Terakhir, ada juga Thamrin City untuk berbelanja kain hijab berkualitas. Tempat ini menjadi pindahan pedagang dari Pasar Tanah Abang, sehingga kamu juga bisa mendapat harga bahan baku yang terjangkau. Banyak pedagang online yang mendapat supplier dari Thamrin City juga. 

Melansir dari oketravel, apabila hendak ke Thamrin City menggunakan Trans Jakarta, kamu bisa turun di Halte Tosari. Jika naik MRT, kamu bisa turun di Stasiun Bundaran HI. Sedangkan jika kamu naik KRL, kamu bisa turun di Stasiun Karet dan berjalan kaki sekitar 500 meter atau naik transportasi online.

2. Tentukan Grade Kain Sesuai dengan Budget

Kedua, kamu juga perlu menentukan grade atau tingkatan kain sesuai dengan modal kamu. Grade kain ini juga mempengaruhi kualitas hijab saat dipakai. Berikut adalah tingkatan kain dari fitinline untuk panduan memilih bahan baku hijab yang berkualitas:

Kain Grade A

Bahan kain grade A memiliki tingkatan yang paling bagus. Kain jenis ini artinya baik dan tidak memiliki cacat. Jenis kain grade A umumnya langsung dijual dari pabrik dan dijual dalam bentuk roll.

Contoh bahan kain grade A adalah kain katun rayon super grade A, kain fine 44 polycotton, kain wolfis, dan lain sebagainya.

Kain Grade B

Kain grade B memiliki kualitas yang bagus, tetapi kain ini ada cacat meskipun tidak banyak. Jadi, kamu harus mengecek dengan teliti jika membeli kain grade ini.

Kain Grade C

Kain grade C memiliki kualitas yang kurang baik, sehingga tidak disarankan untuk kamu memilih bahan ini karena ada cacat fisik pada kain. Hal ini agar menjaga bahan baku hijab tetap berkualitas.

Pilih Bahan Baku Berkualitas untuk Menjaga Produk

Sebagai seorang pebisnis hijab, kamu perlu menjaga kualitas produk dengan memilih bahan baku hijab berkualitas. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi toko kain terpercaya dan memilih grade kain yang bagus.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Memilih Bahan Baku Berkualitas untuk Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​