Home » Strategi-bisnis » Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Hijab

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Hijab

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Hijab

Langkah promosi yang tepat pasti akan memberi banyak keuntungan bagi sebuah bisnis. Untuk bisnis hijab, ada banyak bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru maupun lama yang bisa diterapkan. Tentu pebisnis harus cerdas memilih mana bentuk promosi yang paling efektif sehingga hasilnya bisa optimal sesuai ekspektasi. 

Saat ini persaingan bisnis semakin ketat, apalagi untuk jenis bisnis hijab yang jenis produk dan brand-nya berkembang semakin banyak. Dibutuhkan bentuk promosi yang efektif, menarik, dan tentunya bisa sesuai dengan target pasar. 

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama

Bagi para pelaku bisnis hijab, pastikan untuk lebih kreatif lagi dalam menerapkan langkah promosi yang tepat karena media promosi semakin banyak bermunculan di era digital saat ini. Berikut akan dibahas beberapa bentuk promosi yang bisa diterapkan pebisnis hijab baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama:

Promo Produk Baru

Langsung saja tarik perhatian konsumen dengan merilis produk baru. Supaya menambah daya tarik, berikan promo khusus untuk produk baru tersebut. Langkah ini bisa diterapkan untuk pelanggan baru maupun lama. Namun dengan adanya produk baru itu sendiri sebenarnya kamu sudah menjangkau lebih banyak konsumen. 

Berikan produk baru yang menarik dan belum banyak beredar di pasaran. Bisa ambil contoh dari brand hijab PARTE. Mereka merilis produk baru hijab dengan nama Primrose. Produk ini punya keunikan karena terbuat dari material Tencel yang ramah lingkungan. Inovasi pada produk baru ini menjadi daya tarik tersendiri dan tentu akan semakin menarik jika ditawarkan dengan harga promo.

Diskon Pembelian Pertama

Khusus untuk menarik pelanggan baru, kamu bisa memberikan program diskon pembelian pertama. Bentuk promosi yang satu ini juga sering sekali ditemui pada berbagai jenis brand hijab. Pelanggan yang melakukan transaksi pembelian pertama kali bisa mendapatkan potongan harga dengan nilai tertentu.

Ini menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi para pelanggan baru. Tentunya mereka tak akan berpikir lebih lama karena merasa bisa mendapat keuntungan lewat pembelian pertama. Selain diskon atau potongan harga, bisa juga dikembangkan bentuk promo lain misalnya dengan membeli bonus atau gift khusus.

Voucher langganan

Kalau yang satu ini khusus untuk pelanggan lama. Kamu bisa memberikan voucher langganan khusus bagi pembeli yang sudah loyal melakukan pembelian berulang kali. Program promosinya bisa dibuat bervariasi, misalnya penawaran diskon 20% untuk pembelian produk ke-3. 

Banyak juga brand yang menerapkan sistem poin. Jadi pelanggan akan mendapatkan poin setiap kali melakukan pembelian. Poin ini bisa terkumpul kemudian ditukarkan menjadi voucher belanja. Promosi ini termasuk efektif untuk menjaga pelanggan agar tetap setia.

Pembelian Bundling 

Coba tawarkan juga promosi dalam bentuk produk bundling. Ini juga menarik karena konsumen biasanya ingin mendapatkan keuntungan lebih setelah melakukan transaksi. Bundling artinya produk yang dijual dalam bentuk paket. Satu kali pembelian bisa mendapatkan beberapa jenis produk. 

Kamu bisa membuat bundling yang menarik agar konsumen juga merasa puas. Misalnya, ada produk paket hijab bundling yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp99.000,00. Isi bundling-nya adalah 1 hijab dan 1 ciput.

Adakan Flash Sale

Jangan ragu untuk memanjakan pelanggan dengan mengadakan flash sale. Diskon melalui program semacam ini besar kemungkinan akan menarik perhatian konsumen. Kini, flash sale semakin mudah dilakukan karena kamu bisa memanfaatkan beragam jenis platform online. Bisa dengan menggelar flash sale sendiri lewat media sosial atau bergabung dengan program flash sale dari e-commerce

Ingat, tetap lakukan perhitungan dulu sebelum melakukan flash sale. Pastikan harga yang ditawarkan masih tetap menutup modal dan memberi keuntungan. Flash sale ini efektif untuk pelanggan lama maupun baru karena biasanya terbuka bagi siapa saja.

Rilis Program Giveaway

Bisnis-bisnis online saat ini sering sekali mengadakan program giveaway. Program promosi satu ini juga efektif untuk menjaga kesetiaan pelanggan lama maupun menarik minat pelanggan baru. Giveaway ini dilakukan dengan memberi hadiah kepada pelanggan melalui syarat-syarat tertentu.

Biasanya giveaway akan dilakukan lewat media sosial. Pebisnis bisa membuat syarat-syarat yang sesuai dengan keinginan. Misalnya peserta giveaway harus mengunggah foto dengan produk hijab atau membuat story yang mengulas produk hijab. Hadiah giveaway juga beragam, bisa berupa produk sendiri atau hadiah lain yang menarik.

Alokasikan Dana untuk Promosi yang Efektif!

Kamu sudah tahu bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama. Supaya langkah promosi bisa kamu lakukan dengan lancar, maka kamu butuh modal. Coba alokasikan dana dalam jumlah tertentu agar bisa menjalankan promosi secara optimal. 

Dana promosi ini akan menjadi modal untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Biasanya semakin besar dana promosinya, maka semakin efektif juga hasil yang didapatkan selama rencana promosi dibuat dengan matang dan sesuai target pasar yang diinginkan. 

Bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama ini bisa kamu terapkan sekarang juga. Mulailah sedini mungkin untuk mempromosikan bisnis dan brand yang kamu kelola. Lakukan analisis dan belajar dari kompetitor agar kamu bisa menerapkan langkah promosi yang paling efektif.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​