Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Membangun Brand Identity untuk Bisnis Hijab

5 Cara Membangun Brand Identity untuk Bisnis Hijab

Selama melakukan bisnis, kamu akan mendapati berbagai kompetitor yang menjual produk yang sama. Bahkan beberapa kompetitor saling memanfaatkan dan mencuri ide satu sama lain. Oleh sebab itu, memiliki brand identity adalah hal yang wajib kamu lakukan sebagai pebisnis.

Bisnis hijab pun tak terkecuali, buatlah brand identity yang menjelaskan bagaimana identitas brand, sehingga tampak lebih menonjol. Demi memiliki brand identity yang baik, yuk simak 5 cara yang harus kamu lakukan berikut ini.


5 Cara Membangun Brand Identity Bisnis Hijab

Brand identity merupakan identitas dari suatu brand yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan keistimewaan dan apa yang membuat produk dari brand berbeda dengan kompetitor. Memiliki brand identity yang baik akan membantu meningkatkan kesadaran brand. Berikut langkah untuk memiliki brand identity yang baik: 

Buat Konsep Brand

Bisnis hijab memiliki tempat yang banyak di Indonesia. Supaya membedakannya, kamu perlu membuat konsep yang berbeda dari kompetitor. Pertama-tama, tentukan logo, seperti NHS Looks yang menggunakan logo berbentuk inisial brand

Brand hijab satu ini memiliki konsep chic yang elegan di saat bersamaan. Kamu bisa melihat produknya melalui media sosial dan perhatikan setiap produk memiliki logo yang menonjol. NHS Looks menjual produk hijab dengan berbagai model, seperti segi empat, pasmina, hingga bergo.

Konsepnya yang menjual hijab polos dengan berbagai warna dan bahan, menarik banyak pelanggan. Harganya pun tergolong terjangkau, mulai Rp 50 ribu. Brand hijab yang menawarkan produk berkualitas, simpel, namun tetap menarik. 

Konsisten 

Kunci kedua dalam membangun brand identity bisnis hijab adalah menjadi konsisten. Brand tidak akan bergerak dan berkembang apabila tidak memiliki kegigihan untuk menciptakan produk baru. Sebagai contoh, brand hijab Heaven Lights tidak pernah berhenti launch hijab dengan berbagai jenis. 

Produk terbarunya bernama Helena Scarf yang terbuat dari ultrafine voal dengan tekstur lembut dan motif bunga yang cantik. Heaven Looks telah dipercaya oleh pelanggan sebanyak dua juta dan setiap produk yang mereka jual laris di pasaran, tak lama setelah launch berjalan.

Brand yang telah berdiri sejak tahun 2013 ini tidak akan bisa berkembang di pasar Indonesia apabila mereka tidak berkembang dan berinovasi. Namun, dengan kegigihan dan banyaknya produk, mereka jadi brand hijab lokal terkenal dan terpercaya di banyak pelanggan.  

Berani Beda

Berbisnis bukan hanya tentang bagaimana kamu menjual dan mendapatkan penghasilan dari produk yang ditawarkan. Namun, kamu harus berani beda agar memiliki keistimewaan dengan produk lain. Brand hijab Indonesia bernama Vanilla Hijab menggebrak pasaran dengan menjual hijab bergo dengan motif menarik.

Padahal hijab dengan bentuk bergo tidak banyak yang menyukai, sebab ia akan membentuk wajah menjadi lebih bulat. Namun, brand ini berani untuk membuat produk hijab bergo berbahan ringan, dengan warna yang soft, dan motif yang girly.

Misalnya motif bunga, buah cherry berukuran mini yang menghiasi keseluruhan hijab dengan jarak berjauhan yang membuatnya tampak berbeda dari produk sejenis. Hasilnya banyak orang-orang yang terpikat untuk menggunakan hijab bergo dari Vanilla.

Beda tidak berarti kamu akan menjadi pihak yang kurang baik, justru apabila kamu melakukan inovasi. Maka brand akan berkembang dan menjadi tahu kekurangan serta kelebihan yang perlu disiasati. 

Pelayanan Maksimal

Di masa yang semakin modern ini, menggunakan gawai untuk semua keperluan adalah hal yang terjadi setiap harinya. Terutama saat memastikan apakah brand memiliki pelayanan maksimal terhadap pelanggan. Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa menggunakan media sosial untuk memberi pelayanan maksimal.

Sebagai contoh, siapkan informasi lengkap dan admin yang bisa memberikan jawaban saat ada pelanggan yang bertanya. Kemudian, berikanlah link yang langsung menuju marketplace untuk belanja produk. 

Selain itu, memberikan diskon dan promo bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengapresiasi para pelanggan setia. Manfaatkan tanggal kembar dan hari besar untuk memberi para pelanggan kejutan, sehingga mereka bisa hemat lebih banyak saat membeli produk. Semakin maksimal pelayanan, semakin banyak pelanggan.  

Kemudahan Transaksi

Meningkatkan brand identity berarti kamu meningkatkan kemudahan dalam transaksi. Kamu bisa memanfaatkan berbagai marketplace untuk menjual produk. Namun untuk memaksimalkan brand identity, kamu bisa membuat website khusus untuk brand yang kamu miliki.

Sebagai contoh, brand hijab Wearing Klamby menggunakan website khusus yang siap sedia untuk membantu pelanggan membeli produk selama dua puluh empat jam nonstop. Memberi kemudahan untuk bertansaksi sekaligus menjadi pusat informasi terkait produk adalah sebuah inovasi yang berguna untuk pelanggan.

Akses pun mudah, membeli hijab bisa dilakukan secara online dan barang sampai rumah dengan selamat. Jangan lupa untuk membuat domain yang berhubungan dengan brand, sehingga para pelanggan bisa mengingatnya dengan mudah. 

Siapkah Kamu Membangun Brand Identity Bisnis Hijabmu?

Demi menarik lebih banyak pelanggan, kamu akan membutuhkan metode pemasaran yang sesuai serta brand identity yang jelas. Namun, tidak semua brand hijab di Indonesia tahu cara untuk memiliki identitas yang baik. Kamu bisa membuat identitas brand dengan cara melakukan lima tips di atas.

Perhatikan setiap tips dan pastikan kamu tidak melakukan plagiat dari brand hijab lokal yang lain. Berikan usahamu yang konsisten dan lakukan inovasi setiap satu produk telah terjual. Semakin baik identitas brand, semakin banyak pula pelanggan yang akan tertarik untuk membeli. 


KoinWorks NEO Hadir untuk membantu para pengusaha UKM dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

One Click to Grow Your Business, hanya dengan satu aplikasi kamu bisa mendapat berbagai kemudahan seperti bebas biaya transfer, transaksi kapanpun dan dimanapun baik di dalam ataupun luar negeri, dan juga bisa mendapat laporan keuangan secara otomatis.

Semua keuntungan itu akan kamu dapatkan kalau kamu bergabung bersama KoinWorks NEO. 

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​