Home » Strategi-bisnis » Cara Melakukan Analisa Pasar di Dalam Bisnis Hijab

Cara Melakukan Analisa Pasar di Dalam Bisnis Hijab

Cara Melakukan Analisa Pasar di Dalam Bisnis Hijab

Analisa pasar dibutuhkan dalam berbagai bidang usaha, tidak terkecuali bisnis hijab. Pada dasarnya, cara melakukan analisa pasar tidak serumit yang kamu bayangkan. Hanya saja pada saat melakukannya kamu harus teliti dan melakukannya secara seksama.

Di artikel ini kami akan coba membantu bagaimana cara menganalisa pasar untuk bisnis hijab.

Alasan Mengapa Analisa Pasar Sangat Penting dalam Bisnis

Sebelum kami menjelaskan cara menganalisa pasar yang baik dan benar, pertama kami paparkan terlebih dahulu alasan kenapa hal ini sangat penting.

Mengetahui bagaimana menganalisa pasar merupakan salah satu syarat menjadi pebisnis andal. Beberapa kalangan bahkan menyebut bahwa analisa merupakan bagian penting di dalam manajemen pemasaran bisnis, khususnya hijab.

Jika melakukan analisa dengan tepat, maka kamu bisa memahami kondisi atau keadaan pasar yang sesungguhnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pemasaran produk hijab secara optimal untuk meningkatkan keuntungan.

Apa Itu Analisa Pasar?

Apa yang dimaksud dengan analisa pasar? Analisa adalah cara mempelajari berbagai permasalahan tentang keadaan pasar bisnis. Analisa ini bisa kamu jadikan sebagai pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya.

Selain itu, analisa pasar juga bermanfaat agar kamu bisa melayani semua konsumen atau pembeli. Pasalnya pembeli hijab memiliki kebutuhan dan keinginan yang cukup bervariasi. 

Tujuan analisa yang kamu lakukan ini bisa membantu mengidentifikasi pasar yang potensial.

Cara Melakukan Analisa Pasar Bisnis Hijab

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa langkah untuk menganalisa pasar bisnis hijab yang baik dan benar. Tanpa berlama-lama lagi, berikut sudah kami rangkum penjelasannya.

Mengetahui Permintaan Pasar

Pasar yang dimaksud dalam poin pertama ini merujuk kepada kondisi pasar potensial. Artinya jenis hijab yang banyak dicari oleh konsumen di pasaran. 

Maka dari itu, mulailah dengan melakukan pendekatan permintaan pasar agar kamu tahu jenis hijab apa yang sedang banyak permintaan.

Melalui pendekatan ini kamu bisa mengetahui jenis-jenis hijab yang paling banyak diminta di pasaran. Dengan begitu kamu juga bisa mengetahui jenis hijab apa yang berpotensi disukai oleh konsumen maupun calon konsumen.

Melakukan Pengamatan pada Tingkat Kebutuhan

Pengamatan tentang kebutuhan produk hijab seharusnya dilakukan sebelum memproduksi hijab. Pertama-tama kamu harus mengetahui kebutuhan yang paling banyak dicari oleh konsumen.

Pisahkan kebutuhan ini ke dalam dua bagian yaitu utama dan musiman. Kebutuhan utama adalah produk-produk unggulan yang ingin kamu jual. Sedangkan musiman yaitu untuk di musim-musim tertentu saja.

Sesuaikan Waktu Produksi

Penjualan hijab bisa dilakukan setiap saat karena bersifat dibutuhkan kapan saja. Namun yang dimaksud dengan waktu produksi di sini adalah meningkatkan produksi hijab di waktu atau perayaan tertentu.

Salah satu contohnya yaitu menambah produksi hijab di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Waktu ini sangat ideal sekali untuk kamu yang ingin meningkatkan produksi agar bisa mendulang keuntungan lebih banyak.

Menganalisa Kebutuhan Konsumen

Salah satu cara untuk meningkatkan peluang penjualan produk yang lebih tinggi yaitu menganalisa kebutuhan konsumen sesuai buyer persona.

Contohnya jika target pemasaran kamu adalah remaja, maka pilihlah warna-warna dan motif yang khas anak muda jaman sekarang. Selain itu harganya pun harus disesuaikan dengan kalangan remaja yang lebih banyak mencari harga terjangkau.

Lakukan Survei Pasar Secara Berkala

Survei sejatinya harus dilakukan secara rutin untuk mengecek apa yang saat ini sedang tren di pasaran. Contoh pada saat melakukan promosi. Seperti yang kamu ketahui, promosi harus dilakukan secara berkala. Namun sebelum berpromosi, kamu harus melakukan survei terlebih dahulu.

Kamu dituntut harus mengetahui kondisi pasar agar bisa menentukan target promosi produk hijab yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknik lain seperti membuat kuesioner yang dibagikan ke beberapa kalangan masyarakat terkait produk hijab dan layanan bisnis.

Hasil kuesioner yang sudah kamu lakukan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan pasar saat ini.

Kamu bisa melakukan analisa melalui marketplace dimana pada platform tersebut terdapat banyak produk hijab yang bisa kamu temukan.

Carilah hijab-hijab yang sedang populer di marketplace. Kemudian cari yang paling banyak terjual untuk mengetahui perkembangan model yang saat ini banyak dicari oleh konsumen.

Terus Mengamati Perkembangan Pasar

Observasi atau melakukan pengamatan juga merupakan salah satu cara melakukan analisa pasar. Tujuannya yaitu agar kamu bisa mengetahui perkembangan pasar sewaktu-waktu. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Cara mengamatinya tergolong mudah. Silakan amati produk-produk hijab yang ada di pasaran sebagai bahan perbandingan. 

Melakukan Uji Coba Terhadap Pasar

Sebelum meluncurkan produk, pastikan kamu melakukan uji coba terlebih dahulu. Tujuan uji coba yaitu untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat atau konsumen maupun calon konsumen.

Contohnya, kamu titipkan beberapa produk hijab ke sejumlah toko. Selain itu juga bisa dengan cara memberikan sampel gratis untuk mengetahui respon mereka. 

Jika responnya bagus, kamu bisa memproduksi hijab sebanyak mungkin untuk kemudian dipasarkan.

Cara melakukan analisa pasar yang baik dan benar akan menuntunmu untuk bisa menciptakan atau memasarkan produk hijab yang disukai oleh konsumen. Maka dari itu, yuk, lakukan analisis terlebih dahulu sebelum memasarkan produk!


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Melakukan Analisa Pasar di Dalam Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​