Home » Strategi-bisnis » Ingin Brand Hijab Cepat Terkenal? Lakukan 4 Cara Jitu Ini!

Ingin Brand Hijab Cepat Terkenal? Lakukan 4 Cara Jitu Ini!

Ingin Brand Hijab Cepat Terkenal? Lakukan 4 Cara Jitu Ini!

Membangun brand hijab agar cepat berkembang dan terkenal memang tidak semudah yang kamu bayangkan. Apalagi persaingan bisnis hijab di Indonesia begitu sengit, sehingga peluang untuk cepat terkenal pun kecil. Namun, jangan khawatir, kamu bisa memenangkan persaingan bisnis hijab dengan menyimak artikel ini!

Peluang Bisnis Hijab di Indonesia

Sekarang ini industri fashion muslimah khususnya hijab sedang berkembang pesat di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim terbesar, yaitu 237,53 jiwa atau setara dengan 86.9 persen populasi penduduk Indonesia, menurut data Kementerian Dalam Negeri. 

Maka dari itu, tidak heran jika jumlah bisnis hijab mengalami peningkatan setiap tahunnya. Baik dari segi jumlah brand, maupun jumlah penjualan hijab.

Menurut Euis Saidah, Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Indonesia, jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan hijab mencapai 20 juta orang. Faktor inilah yang semakin membuat perkembangan brand hijab meningkat.

Karena mengalami peningkatan, otomatis persaingan industri hijab pun sangat sengit. Meski target pasar berjumlah cukup banyak, bukan berarti semua brand hijab akan dengan mudah berkembang dan terkenal, lho.

4 Cara Jitu Membuat Brand Hijab Cepat Terkenal

Meski mayoritas penduduk Indonesia adalah umat muslim, kenyataannya untuk membuat brand hijab terkenal butuh perencanaan matang dan strategi yang tepat. Nah, agar brand hijab kamu memenangkan ketatnya persaingan bisnis serupa, ikuti empat cara jitu berikut ini:

1. Meningkatkan Strategi Branding di Media Sosial

Cara membuat brand hijab terkenal pertama yang harus kamu coba adalah meningkatkan strategi branding di media sosial. Sekarang ini, media sosial bisa dikategorikan sebagai alat marketing yang cukup efektif bagi pemilik bisnis.

Jika tidak ingin tersingkir dari persaingan bisnis hijab, kamu harus meningkatkan strategi branding, sebuah cara untuk memperkenalkan brand hijab kamu kepada target pasar. 

Ada beberapa aspek yang membuat strategi branding berjalan efektif, aspek tersebut seperti nama, logo, tagline, hingga ciri khas brand hijab kamu yang berbeda dari lainnya.

Daftar strategi branding yang bisa kamu lakukan agar brand hijab kamu dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen, antara lain:

Menggunakan Logo yang Sesuai dengan Brand Hijab

Sebagai brand hijab, kamu harus menunjukkan identitas tersebut melalui logo. Di dalam strategi branding, logo merupakan identitas sebuah brand yang akan diingat oleh para konsumen nantinya.

Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan logo yang sesuai. Contohnya, siluet wanita berhijab, ilustrasi hijab, dan lainnya yang identik dengan hijab. Kamu juga bisa menjadikan logo tersebut sebagai foto profil di media sosial, kemasan hijab, atau dalam bentuk stiker.

Memiliki Pesan yang Sesuai dengan Brand Hijab

Pesan brand bisa diwakilkan melalui tagline singkat. Meski singkat, tagline ini harus bisa menyampaikan pesan dari brand hijab kamu. Misalnya, kamu ingin calon konsumen menjadikan brand hijab kamu sebagai favorit mereka. Maka, contoh tagline yang tepat adalah “Favoritnya Wanita Muslimah”.

Aktif Melakukan Soft Campaign

Karena perkembangan media sosial yang cukup pesat, maka tidak ada salahnya untuk aktif melakukan soft campaign melalui media sosial. Selain itu, promosi melalui media sosial juga dinilai tepat, karena bisa dijangkau oleh banyak orang dan menghemat biaya pengeluaran.

Contoh soft campaign yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan brand hijab kamu adalah membuat konten seputar tips memilih bahan hijab yang bagus. Tentu saja kamu bisa menggunakan contoh produk hijab milik kamu. 

Sehingga, wawasan audiens pun bertambah dan meninggalkan kesan baik terhadap brand hijab milik kamu.

Konsisten

Konsisten adalah kunci utama agar brand hijab kamu berkembang dan terkenal. Mulai dari konsisten membuat konten yang menarik dan informatif, konsisten mempertahankan kualitas produk, serta konsisten memberikan pelayanan yang ramah.

2. Kolaborasi dengan Influencer Hijabers

Cara membuat brand hijab terkenal berikutnya adalah berkolaborasi dengan influencer hijabers populer. Adanya review positif dari influencer hijabers ini, brand hijab milik kamu akan mendapat kepercayaan dari target konsumen.

Contoh influencer hijabers yang bisa kamu ajak berkolaborasi antara lain Gita Savitri yang memiliki 1 juta followers, Dwi Handayani yang memiliki 2 juta followers, Aghnia Punjabi yang memiliki 1,2 juta followers.

Influencer hijabers tersebut sangat terkenal dan ahli dalam mempromosikan hijab kepada followers-nya. Gaya promosinya pun sangat natural, jujur, dan kreatif dalam memadukan hijab dengan outfit mereka.

3. Memanfaatkan E-Commerce Untuk Promosi Brand Hijab

Selain media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce sebagai wadah untuk mempromosikan brand hijab milikmu. Di antara platform e-commerce yang bermunculan, pilihlah yang paling populer dan sering digunakan oleh masyarakat.

Semakin gencar kamu melakukan promosi dengan memberikan potongan harga atau penawaran spesial di e-commerce, maka peluang untuk terkenal pun akan sangat besar.

4. Peka Terhadap Tren Hijab

Cara membuat brand hijab terkenal yang terakhir adalah peka terhadap perkembangan atau tren hijab saat ini. Yup, sebagai pemilik bisnis, kamu harus update tentang hal-hal yang bersangkutan dengan hijab.

Contohnya adalah variasi model hijab seperti segi empat, sporty, pashmina, dan plisket. Selain model, kamu juga harus memperbanyak warna, mulai dari pastel dan earthy tone yang saat ini tengah populer Kemudian, warna basic seperti dusty pink, maroon, navy, teal, mustard, gold, hingga indigo.

Kamu juga bisa menambahkan motif yang playful pada hijab agar menarik target konsumen lebih banyak. Berikutnya, jangan lupa untuk menggunakan bahan hijab yang nyaman, seperti voile, ultrafine, paris premium, katun, polyester, lycra, hingga ceruty baby doll.

Sudah Siap untuk Membuat Brand Hijab Kamu Terkenal?

Itulah 4 cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat brand hijab milikmu cepat terkenal dan semakin laris di pasaran. Selamat mencoba!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ingin Brand Hijab Cepat Terkenal? Lakukan 4 Cara Jitu Ini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​