Home » Strategi-bisnis » Media Online: Cara Memperluas Target Pasar Bisnis Hijab

Media Online: Cara Memperluas Target Pasar Bisnis Hijab

Media Online: Cara Memperluas Target Pasar Bisnis Hijab

Jangkauan target pasar akan memberi pengaruh besar pada pencapaian sebuah bisnis. Semakin besar jangkauannya maka akan semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa diraih. Begitupun dengan target pasar bisnis hijab. Dibutuhkan strategi yang efektif agar pelaku bisnis hijab bisa menjangkau untung yang lebih besar.

Media online saat ini dianggap sebagai platform yang sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak target konsumen. Perluasan target pasar dinilai jauh lebih mudah jika menggunakan beragam media online. Lalu, seperti apa langkah-langkah spesifik yang bisa dilakukan?

Cara Memperluas Target Pasar

Sebelum memulai bisnis, kamu pasti akan menentukan siapa target pasar terlebih dahulu. Seiring dengan pengembangan bisnis, target pasar ini perlu diperluas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan angka penjualan dan popularitas dari bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa diterapkan untuk memperluas target pasar lewat media online:

Tambah Koleksi Produk Hijab

Langkah paling sederhana untuk memperluas target pasar adalah dengan menambah koleksi produk. Setiap produk memiliki pangsa pasar sendiri. Jika ingin target pasarnya lebih luas lagi maka jenis produk yang dihadirkan harus lebih beragam. Artinya lebih banyak konsumen yang bisa disasar berkat adanya pilihan produk yang jauh lebih bervariasi. 

Misalnya, untuk produk hijab. Tampilkan lebih banyak varian produk hijab di media sosial dan platform e-commerce. Mulai dari tipe hijab, warna, dan motifnya harus dibuat lebih beragam lagi. Jika sebelumnya produk hijab hanya menyasar pada perempuan dengan gaya casual maka kembangkan lagi produk hijab untuk style lainnya agar jangkauan jadi jauh lebih luas. 

Menambah varian produk dan menyebarkannya secara online jauh lebih mudah di zaman sekarang ini. Konsumen bisa dengan mudah mengetahui varian produk yang kamu tawarkan lewat media sosial. Jangan lupa, kenalkan produk secara intens sehingga target pasar benar-benar mengenal produk baru tersebut. 

Menerapakan Sistem Penjualan Baru untuk Target Pasar Bisnis Hijab

Cobalah untuk menerapkan sistem penjualan yang baru. Jika selama ini kamu menggunakan sistem penjualan lewat media sosial dan WhatsApp, maka kembangkan lagi melalui media website. Metode pembelian melalui website biasanya lebih disukai karena terbilang praktis tanpa harus menunggu balasan admin. 

Konsumen punya karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka membeli produk lewat chat WhatsApp, ada yang merasa lebih praktis lewat e-commerce, ada juga yang lebih suka beli melalui website. Jika pilihannya terbatas maka jangkauan konsumennya juga terbatas. Jadi cobalah memuaskan semua kalangan konsumen dengan menambah sistem penjualan produk. 

Contoh brand Hijab Princess yang memiliki beberapa sistem penjualan. Mulai dari pemesanan WhatsApp, Shopee, dan website. Setiap platform penjualan akan memiliki konsumen masing-masing yang berkontribusi pada keuntungan pebisnis. 

Tingkatkan Intensitas Marketing Produk Hijab

Penting sekali untuk meningkatkan intensitas marketing bisnis. Jika ingin menjangkau lebih banyak target pasar, maka perluas strategi marketing-mu. Digital marketing salah satu solusi untuk mengenalkan bisnis dan produk ke berbagai kalangan konsumen. Media yang digunakan juga sangat beragam mulai dari media sosial, e-commerce, website, email, dan masih banyak lagi. 

Platform digital tersebut bisa bantu kamu untuk mengoptimalkan strategi marketing. Misalnya Instagram, jangan hanya upload barang dan promosi di feeds. Cobalah untuk memanfaatkan Instagram story, reels, dan Instagram Ads.

Lakukan Ekspansi Bisnis untuk Jangkau Target Pasar yang Baru

Cobalah untuk memperluas jangkauannya ke wilayah baru. Misalnya saat kamu menggunakan Instagram Ads, umumnya kamu akan diminta memilih mana saja wilayah yang masuk ke dalam jangkauan iklan. Perluas saja jangkauan ini supaya penjualan bisa meningkat.

Jalin Kolaborasi dengan Brand Hijab lain

Cara memperluas target pasar berikutnya adalah jalin kolaborasi. Di era digital sekarang, kolaborasi jauh lebih mudah untuk diwujudkan. Kamu bisa bekerja sama dengan brand hijab lain untuk menghasilkan produk baru. Langkah ini secara otomatis akan mempersatukan target konsumen milikmu dan brand yang kamu ajak kerja sama. 

Selain kerja sama antar brand, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer. Coba lakukan endorsement supaya target pasar semakin luas. Cobalah untuk mengajak lebih dari satu influencer agar upaya ini bisa lebih optimal. 

Perluas Target Pasar dan Tingkatkan Kualitas Bisnis Kamu!

Upaya memperluas target pasar tidak akan berhasil jika kamu tidak meningkatkan kualitas. Semakin luas jangkauan target pasar maka akan semakin berat tantangan yang harus kamu hadapi dalam dunia bisnis. Tingkatkan kualitas produk dan layanan supaya target konsumen yang sudah berhasil dijangkau tidak merasa kecewa. 

Peningkatan kualitas ini juga secara otomatis akan membantu kamu menjangkau target konsumen lebih luas lagi. Intinya, jangan malas melakukan improvement sehingga bisnismu bisa terus berkembang. 

Terapkan cara memperluas target pasar untuk bisnis hijab melalui platform online yang sudah dibahas tadi. Pastikan kamu juga terus melakukan inovasi agar brand dan produk yang kamu hadirkan semakin dipercaya banyak orang.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Media Online: Cara Memperluas Target Pasar Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​