Home » Strategi-bisnis » Cara Mendapatkan Investor Baru Demi Kembangkan Bisnis Hijab

Cara Mendapatkan Investor Baru Demi Kembangkan Bisnis Hijab

Cara Mendapatkan Investor Baru Demi Kembangkan Bisnis Hijab

Mayoritas muslim di Indonesia cukup besar sehingga kebutuhan hijab bagi wanita Indonesia juga sangat tinggi. Untuk itu, bagi kamu yang ingin melebarkan sayap usaha hijab kamu menjadi lebih besar, kamu dapat melakukan mendapatkan modal tambahan dari investor. Lantas, bagaimana cara mendapatkan investor baru? Kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Cara Mendapatkan Investor Baru

Kamu mungkin sudah mulai merancang secara detail mengenai perkembangan bisnis hijab seperti apa yang sedang inginkan. Sekarang, kamu harus merealisasikannya dengan berusaha mendapatkan modal tambahan dari investor. Yuk, ikuti cara berikut ini!

Siapkan Daftar Calon Investor

Jangan hanya menyiapkan satu calon investor saja. Buat beberapa daftar calon investor yang menurut kamu berpeluang besar untuk menanamkan modal pada bisnis hijab. Nilai tambah jika kamu bisa memperoleh investor yang kaya akan ide sehingga bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar.

Siapkan Proposal dan Ajukan Kepada Para Investor

Salah satu perlengkapan yang harus kamu siapkan agar investor mau menanamkan modal pada bisnis kamu adalah proposal. Hal ini dapat menggambarkan seberapa menariknya bisnis hijab yang sedang kamu jalankan. 

Sertakan visi dan misi, arus kas dan rencana kedepannya terkait bisnis hijab yang berharap bisa dikembangkan melalui modal tersebut.

Siapkan Materi Presentasi yang Menarik Minat Investor

Kamu mungkin sudah menyiapkan proposal dengan detail, rapi, dan menarik. Namun, kamu tidak boleh berhenti sampai disitu saja. Kamu harus menyiapkan bahan untuk melakukan presentasi dan bagaimana cara menyampaikannya dengan baik.

Investor tentunya ingin kamu dapat menunjukkan seberapa serius, cakap dan ingin mengetahui secara detail bisnis yang membutuhkan andil darinya. Kamu dapat memulainya dengan presentasi menggunakan slide yang minim tulisan, buat poin penting saja serta selipkan beberapa animasi yang menarik perhatian.

Jelaskan Risiko Bisnis Hijab yang Pernah Kamu Alami

Dalam upaya mendapatkan modal, kamu jangan hanya menampilkan hal-hal yang bagus dari bisnis hijab yang sedang kamu jalankan, melainkan harus mencantumkan risiko yang pernah terjadi. Bagaimanapun investor sebagai penanam modal masih menjadi bagian dalam pengelolaan bisnis kamu.

Melalui pemberitahuan resiko, kamu berkesempatan untuk mendapatkan saran atau solusi dari para investor. Lagipula, investor tidak menyukai pengusaha yang sulit untuk berkata jujur.

Memenangkan Kompetisi atau Mengikuti Pameran untuk Meraih Modal

Pameran adalah jalan cepat untuk mendapatkan dana tambahan. Dalam kesempatan yang baik tersebut, tidak jarang dihadiri oleh banyak investor yang mungkin memang berniat untuk menanamkan modal. Manfaatkan peluang ini dengan menjelaskan bisnis hijab kamu dengan detail tapi tetap bisa menarik perhatian.

Tidak Salah dalam Membuat Laporan Keuangan

Seperti yang telah diketahui, tujuan awal dari mencari investor adalah untuk mendapatkan dana. Untuk itu, laporan keuangan ini sangat penting untuk dibuat dengan cara yang tepat karena dapat menjadi perantara para investor untuk menerima ajuan modal kamu.

Laporan keuangan juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan terkait jaminan keuntungan yang akan didapatkan oleh investor nantinya. Karenanya, aplikasi laporan keuangan mungkin bisa membantu kamu untuk mempersiapkannya dengan sebaik mungkin.

Jujur dalam Bertindak

Investor yang nantinya akan menanamkan modal tentunya secara tidak langsung menjadi rekan bisnis dan ingin kamu jujur dalam mengoperasikan usaha. Tak jarang juga pebisnis yang membawa kabur dana yang mereka dapatkan sehingga jujur adalah kunci yang penting dalam kerja sama.

Perlihatkan perlengkapan dan kelengkapan bisnis hijab kamu seperti dimana tempat kamu menjualnya atau model hijab apa yang dijual pada investor. Dengan begitu, mereka semakin yakin dan mau menanamkan modal mereka kepada kamu.

Tunjukkan Sikap Seorang yang Pengusaha yang Kompeten

Tentunya para investor menginginkan orang yang tepat untuk menjadi pebisnis yang akan mereka tawarkan modal. Jika tidak kamu memiliki beberapa sikap di bawah ini, sepertinya investor tidak akan melirik bisnis kamu.

  1. Menanamkan motivasi tinggi dalam berbisnis.
  2. Mampu mempersatukan setiap ide yang diberikan oleh investor.
  3. Mau bekerja keras
  4. Memiliki keterampilan yang dibutuhkan seorang pebisnis seperti leadership, komunikatif dan kreatif.
  5. Update teknologi.
  6. Mampu mengelola SDM dan keuangan.

Cara Melakukan Presentasi untuk Menarik Perhatian Investor

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara mendapatkan investor baru adalah dengan mengoptimalkan presentasi kamu di hadapan calon investor. Karenanya, mari terapkan cara di bawah ini.

  1. Pahami karakter calon investor kamu. Ambil poin penting tentang profil, kesukaan dan track record mereka lalu bahasa saat presentasi.
  2. Presentasi sambil bercerita. Kamu bisa menjelaskan mengenai bisnis hijab kamu, motivasi, dan nilai tambah jika kamu bisa membuat investor menikmati cara kamu menyampaikan informasi.
  3. Jangan bertele-tele. Meskipun banyak tantangan yang harus kamu hadapi saat melakukan presentasi, kamu tetap harus bisa berbicara secara singkat dan jelas tanpa mengurangi maksud dari poin penting yang ingin kamu jelaskan.
  4. Siapkan daftar pertanyaan yang mungkin akan kamu terima saat selesai presentasi. Semakin banyak pertanyaan maka semakin besar kemungkinan pertanyaan sama yang akan diterima selesai presentasi.

Kamu telah mengetahui cara mendapatkan investor baru untuk mengembangkan bisnis hijab yang sedang kamu jalankan. Ayo lakukan cara di atas agar bisnis kamu semakin besar dan memperoleh banyak keuntungan.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mendapatkan Investor Baru Demi Kembangkan Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​