Home » Strategi-bisnis » Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Dalam Bisnis Hijab

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Dalam Bisnis Hijab

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Dalam Bisnis Hijab

Dalam menjalankan bisnis apapun, selalu terdapat rintangan dan tantangan yang mau tidak mau harus kamu hadapi, tidak terkecuali dalam bisnis Hijab. Selain dibutuhkannya strategi untuk mengelola sumber daya yang ada, sebagai pengusaha kamu juga harus tau cara mengatasi banyaknya kompetitor yang ada di dalam bisnis hijab itu sendiri.

Terlebih lagi, sudah banyak kompetitor dengan nama merek yang sudah sangat dikenal masyarakat di dalam bisnis hijab seperti Daissy.id, Lozy Hijab, Nhs.looks, Zoya, Elzatta, Shafira dan merek terkenal lainnya.   

9 Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Hijab

Adanya kompetitor terkadang dipandang sebagai salah satu hal yang negatif dalam sebuah bisnis. Namun pada kenyataannya kompetitor dapat membuat bisnis kamu jauh lebih maju jika kamu tepat dalam menangani persaingan bisnis yang ada. Maka dari itu, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi banyaknya kompetitor dalam bisnis hijab:

Mengenali Kompetitor

Mengenali kompetitor pada bisnis hijab merupakan hal yang penting. Dengan mengenali kompetitor kamu bisa mengetahui kelemahan dari kompetitor sehingga kamu mendapatkan peluang dan bisa membuat produk, layanan dan strategi pemasaran yang lebih baik dari kompetitor

Melakukan Survei Pasar

Sebelum memasarkan produk hijab yang kamu miliki, sebaiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan informasi dan masukan mengenai selera pasar, perkembangan tren hijab, dan hal yang lainnya. 

Survei tersebut bisa dilakukan melalui pengamatan seperti browsing di internet atau menanyakan secara langsung ke orang-orang disekitar. Jika tidak melakukan survei terlebih dahulu, dikhawatirkan minat terhadap produk hijab yang kamu pasarkan kurang karena ketidaksesuaian dengan apa yang calon konsumen inginkan. 

Memilih Tempat Strategis Untuk Penjualan Langsung (Offline)

Pemilihan tempat yang strategis akan sangat mempengaruhi jangkauan calon konsumen dari produk hijab yang kamu miliki. Beberapa tempat yang cukup strategis untuk melakukan penjualan produk hijab secara offline diantaranya ruko pinggir jalan yang ramai, sekitar universitas, atau tempat ramai yang biasa terjadi banyak kegiatan ekonomi seperti pasar dan supermarket. 

Dengan luasnya keterjangkauan calon konsumen akan berpengaruh juga terhadap penjualan produk sehingga bisa meningkatkan keuntungan bisnis hijab yang anda miliki.

Memperhatikan Pelanggan Lama

Pasar pelanggan baru terkadang memang sangat menggiurkan karena pelanggan baru akan mendatangkan keuntungan baru yang cukup menjanjikan. Namun sebagai pengusaha yang baik, kamu juga perlu memperhatikan pelanggan yang sudah lama menjadi pengguna produk kamu.

Melakukan Inovasi Secara Konsisten

Cara mengatasi banyaknya kompetitor lainnya yaitu dengan tetap melakukan inovasi dan mencari celah-celah baru. Melalui cara ini, kamu dapat membuka peluang untuk mengembangkan bisnis dan calon konsumen akan semakin tertarik dengan produk hijab yang kamu tawarkan. 

Terlebih lagi jika kamu mampu menciptakan inovasi yang sebelumnya belum dilakukan oleh kompetitor kamu baik itu dari segi produk, pemasaran maupun pelayanan.

Menganalisis Peluang Usaha

Untuk mempertahankan sebuah bisnis, perencanaan yang matang adalah salah satu hal yang berperan sangat penting. Analisis peluang usaha dapat berpengaruh terhadap langkah langkah selanjutnya yang akan diambil dalam sebuah bisnis. 

Dengan menganalisis peluang usaha, bisnis yang kamu miliki bisa lebih jeli dalam melihat kesempatan yang bisa mendatangkan keuntungan yang lebih dibanding dengan kompetitor lain. Itulah mengapa kamu sebagai pengusaha perlu melakukan analisis peluang usaha.

Memanfaatkan Digital Marketing

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, digital marketing menjadi salah satu metode strategi pemasaran produk hijab yang efektif dan efisien. Selain sumber daya yang digunakan tidak terlalu banyak, biaya yang digunakan pun cenderung lebih sedikit dibanding dengan pemasaran secara konvensional.

Kamu bisa melakukan digital marketing di beberapa media sosial yang banyak digunakan masyarakat seperti Facebook, Instagram, Tiktok,  dan yang lainnya.  Pemanfaatan berbagai platform tersebut akan membantu meningkatkan jalannya bisnis hijab milik kamu.

Tidak Menganggap Remeh Kompetitor

Kompetitor dalam sebuah bisnis terutama bisnis hijab tidak boleh diabaikan apalagi diremehkan. Setiap saat pasti ada kemungkinan lahirnya kompetitor-kompetitor baru yang siap memanfaatkan peluang yang ada dan bisa mengancam bisnis yang hijab yang kamu miliki. 

Maka dari itu sebagai pengusaha yang baik, tetap fokus dengan persaingan adalah sebuah keharusan jika ingin produk milikmu tetap bersaing dengan kompetitor yang lain 

Bersaing Secara Sehat

Sebagai seorang pengusaha, kamu perlu bersikap bijak dan cerdas. Kamu harus tetap memperhatikan etika dalam berbisnis dan bersaing secara sehat dengan kompetitor. Hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis kamu. 

Dalam bisnis apapun seringkali ada oknum–oknum kompetitor yang licik dalam menjalankan usahanya. Tentunya kamu jangan menjadikannya sebagai contoh, apalagi meniru apa yang mereka lakukan. 

Dalam dunia bisnis cukup jadikan kompetitor dalam hal berbisnis dan tidak melanggar aturan yang ada, karena hal tersebut akan semakin mendorong bisnis yang kamu miliki lebih maju lagi. 

Itulah beberapa cara mengatasi banyaknya kompetitor dalam bisnis hijab yang kamu miliki. Sebagai pengusaha, sebaiknya kamu tidak terpaku dengan banyaknya persaingan yang ada. Kamu dapat meningkatkan kualitas bisnis yang kamu miliki sehingga produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan kompetitor yang lain.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Dalam Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​