Home » Strategi Bisnis » Faktor-Faktor agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Hijab

Faktor-Faktor agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Hijab

Pengembangan bisnis hijab tentu tak bisa berjalan tanpa adanya peran dari konsumen. Produk hijab yang dipasarkan harus bisa meningkatkan minat konsumen agar mau membelinya. Ada faktor-faktor agar konsumen tertarik membeli dan ini harus dipahami oleh para pebisnis. Apalagi kini persaingan bisnis hijab semakin ketat dengan pilihan produk yang semakin beragam. 

Bagi pebisnis, kehadiran konsumen adalah suatu hal yang sangat penting. Untuk jenis hijab, bisa dilihat sendiri bahwa sekarang ada banyak sekali varian produk beredar di pasaran. Lalu, apa yang bisa membuat konsumen tertarik dengan hijab milikmu dibandingkan produk-produk lainnya?

Faktor-Faktor agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Hijab

Penting bagi pebisnis untuk memahami apa saja faktor yang membuat konsumen tertarik melakukan pembelian. Ini bisa dijadikan bahan acuan untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan. Berikut  beberapa faktor yang akan mempengaruhi perilaku konsumen agar tertarik membeli produk hijabmu:

Visual Produk Hijab

Faktor pertama adalah visual atau tampilan dari produk tersebut. Ini menjadi faktor utama yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para pebisnis. Coba bayangkan saja jika kamu sendiri menjadi konsumen. Pasti kamu akan lebih memilih produk yang menarik dari segi tampilannya, bukan? 

Itulah mengapa sangat penting bagi pebisnis untuk merencanakan produknya sebaik mungkin. Pastikan produk yang akan dijual memiliki visual yang menarik, unik, dan punya karakteristik tersendiri. Hijab yang kamu jual harus bisa memiliki identitas dan keunikan tersendiri sehingga berbeda dari produk lain di pasaran. 

Zaman sekarang ini perkembangan fashion khususnya pada produk hijab sangatlah pesat. Banyak sekali hijab beredar dengan desain yang bervariasi. Coba kamu temukan desain visual hijab yang paling menarik dan sesuai dengan perkembangan tren masa kini. 

Kualitas Bahan Produk Hijab

Konsumen juga akan tertarik membeli karena adanya kualitas. Hijab yang kamu jual sebaiknya mengutamakan kualitas bahan. Jika kualitasnya tinggi, secara otomatis produk tersebut awet digunakan dan punya keunggulan tersendiri. Ini akan menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para konsumen. 

Tak hanya bahan, kualitas juga harus ditunjukkan melalui aspek lainnya. Misal dari segi jahitan dan hasil printing. Setiap detail hijab harus diperhatikan kualitasnya sehingga produk tersebut bisa benar-benar menarik perhatian dan membuat konsumen mau membeli. 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, konsumen semakin mudah menilai suatu produk. Tak hanya memburu produk berdasarkan harga termurah, mereka semakin peka dengan kualitas. Bahkan mereka tak ragu untuk membandingkan produk satu dengan yang lain. Jadi jangan sampai kualitas produkmu kalah dari lainnya. 

Harga Produk Hijab

Sebagian besar konsumen akan melakukan pembelian karena faktor harga. Itulah mengapa para pebisnis sebaiknya memikirkan dengan matang harga penjualan produk mereka. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu murah atau bahkan sangat mahal. Harga jual harus benar-benar sesuai dan pas dengan barang sehingga bisa menarik konsumen. 

Penentuan harga sebaiknya dilakukan lewat langkah perhitungan yang matang. Pastikan harga jual ini tidak kalah jauh dengan harga produk hijab di pasaran. Selain itu kamu juga harus memastikan harga jual bisa memberi keuntungan sesuai ekspektasi. 

Metode Pembelian

Faktor lainnya yang juga akan berpengaruh pada minat konsumen adalah metode pembelian produk. Saat ini pebisnis memiliki banyak pilihan metode untuk menjual produk mereka. Tak hanya jual beli secara langsung namun juga bisa dengan media online seperti pemesanan melalui WhatsApp, Instagram, website, dan e-commerce

Saat ini konsumen lebih tertarik melakukan pembelian secara praktis. Usahakan untuk menyediakan pilihan metode pembelian yang beragam. Tak hanya lewat website, tapi buka juga pembelian lewat e-commerce. Pilihan e-commerce yang dipakai juga harus beragam jadi konsumen bisa mendapat kemudahan membeli lewat berbagai platform. 

Popularitas Brand

Tak hanya produknya, brand yang mengeluarkan produk juga pasti akan dipertimbangkan oleh konsumen. Jika ingin menarik lebih banyak konsumen, maka cobalah untuk meningkatkan brand awareness. Popularitas dan kredibilitas brand harus diperkuat lagi supaya lebih banyak konsumen merasa tertarik. 

Saat ini ada banyak sekali brand hijab beredar di pasaran. Konsumen punya begitu banyak pilihan. Tentu brand yang akan dipilih adalah brand yang sudah punya kredibilitas. Apalagi jika brand-nya sudah populer dan digunakan oleh banyak orang, pasti akan lebih mudah menarik minat konsumen.

Lalu bagaimana dengan brand baru? Tenang, saat ini ada banyak fasilitas yang bisa membantu pebisnis mengoptimalkan popularitas brand. Salah satunya lewat digital marketing dengan memanfaatkan website, media sosial, dan lain sebagainya. 

Jual Produk Hijabmu Sebanyak Mungkin Mulai dari Sekarang!

Di era digital seperti sekarang, kamu juga bisa mengoptimalkan penggunaan media online untuk meningkatkan angka penjualan. Pada tahun 2021, data statistik periklanan mencatat adanya 5,22 miliar pengguna ponsel dan media digital di dunia. Angka ini terus mengalami peningkatan hingga 93 juta dari tahun ke tahun. Jadi, bisa diperkirakan sendiri berapa banyak jangkauan konsumen jika kamu memanfaatkan platform digital!

Perhatikan semua faktor agar konsumen tertarik membeli produk hijabmu. Optimalkan setiap faktor yang ada dan tingkatkan kualitas pelayanan untuk meningkatkan angka penjualan dan mengembangkan bisnismu!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​