Home » Strategi-bisnis » Faktor Pemilihan Lokasi untuk Ekspansi Bisnis Hijab

Faktor Pemilihan Lokasi untuk Ekspansi Bisnis Hijab

Faktor Pemilihan Lokasi untuk Ekspansi Bisnis Hijab

Memiliki official store atau toko resmi akan membantu kamu untuk menyediakan transaksi secara langsung. Terutama bagi pelanggan yang ingin melihat barang terlebih dahulu dan tidak ingin mendapat resiko barang tidak sesuai dengan gambar. Namun, tahukah kamu apa saja faktor pemilihan lokasi yang penting untuk perluas lokasi bisnis?

Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Hijab

Agar memiliki lokasi toko yang tepat untuk bisnis hijab, ada lima faktor yang harus kamu perhatikan. Berikut penjelasannya di bawah ini:

1. Faktor Pertama: Banyak Target Pasar

Yang harus kamu perhatikan saat pemilihan lokasi perluasan bisnis adalah bagaimana lingkungan lokasi tersebut. Memiliki bisnis hijab berarti kamu punya target pasar khusus. 

Apabila target pasar dari brand milikmu adalah para muda-mudi berumur belasan, dua puluh hingga tiga puluh tahunan. Maka daerah kota dekat universitas dan kantor adalah tempat yang tepat. Sebab, disanalah target pasarmu berada dan kamu tidak akan kesusahan untuk mendapat pelanggan yang bertransaksi secara langsung.

Namun, apabila target pasar merupakan para ibu dari berbagai umur, maka memiliki lokasi di sekitar perumahan atau pertengahan kota adalah tempat yang sesuai. Kamu bisa membangun toko yang cukup besar di sana dan menarik perhatian melalui banner di pinggir jalan. 

2. Faktor Kedua: Visibilitas 

Setelah memiliki lokasi yang strategis, kamu juga harus memberikan informasi terkait adanya toko hijab milikmu di lokasi tersebut. Oleh sebab itu, visibilitas adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa mempertimbangkannya dengan cara membuat palang dengan tanda logo brand di atasnya. 

Selain itu, kamu bisa memesan banner dengan desain khusus yang memperlihatkan bahwa toko hijab ada di lokasi tersebut. Jasa desain pun tidak terlalu mahal, ada beberapa yang menjajakan jasanya dengan harga puluhan ribu saja. 

Sebagai tambahan, visibilitas juga berarti toko harus terlihat dengan mudah dalam jarak pandang yang umum. Hal ini berkaitan dengan lokasi yang akan lebih baik apabila ada di pinggir jalan umum dan dekat dengan lampu lalu lintas. 

Sebab, semakin banyak yang melihat, semakin mudah para pelanggan mendapatkan informasi terkait toko hijab milikmu. 

3. Faktor Ketiga: Kemudahan Akses Lokasi Toko Hijab

Selanjutnya kemudahan akses, terutama untuk karyawan dari brand dan untuk pelanggan. Akses ini berhubungan dengan kemudahan mencari alamat, sehingga supplier dari gudang dan pelanggan tidak kesusahan dalam mencari toko hijabmu.

Selain itu, kemudahan akses juga diartikan sebagai kemudahan untuk melakukan transaksi. Ketika memiliki toko, maka kamu akan membutuhkan lahan untuk parkir, baik untuk kendaraan roda dua atau roda empat. 

Perhatikan apakah lokasi tersebut aman dan tidak harus mengambil jalan raya untuk tempat parkir? Supaya pelanggan merasakan kenyamanan dan keamanan saat berbelanja. 

Apabila kamu ingin lokasi lebih aman, jangan lupa pasang CCTV di beberapa titik, terutama di tempat parkir. Keamanan adalah nomor satu dan kamu bisa memperhatikan lewat CCTV tersebut. 

Semakin kamu memperhatikan para karyawan dan pelanggan, maka semakin baik pula lingkungan lokasi perluasan hijab yang ingin kamu usahakan. 

4. Faktor Keempat: Pemilihan Lokasi Sepi Kompetitor

Bisnis hijab di Indonesia ada ribuan, namun hal ini tidak berarti kamu tidak bisa untung. Sebab, brand hijab yang punya identitas pasti lebih dilirik daripada brand yang biasa-biasa saja. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan lokasi perluasan dengan mempelajari para pebisnis di tempat tersebut.

Pastikan bahwa tidak ada kompetitor yang berjualan di lokasi yang sama, sehingga kamu bisa memaksimalkan toko offline yang kamu punya. Apabila ada kompetitor yang lokasinya dekat, maka kamu akan kesusahan. Oleh sebab itu, pastikan tempat sudah sesuai, tanpa adanya kompetitor paling tidak 5 hingga 10 km dari tokomu. 

Sebagai tambahan, lokasi sepi kompetitor akan menguntungkan kamu agar bisa berbaur dengan pebisnis yang menggeluti bidang lain. Jadi, ketika kamu memilih tempat sepi kompetitor, kamu bisa melengkapi lokasi perbelanjaan tersebut dengan bisnis hijab yang kamu punya.

5. Faktor Kelima: Menyesuaikan Budget

Faktor terakhir yang harus kamu perhatikan saat pemilihan lokasi perluasan bisnis hijab adalah budget. Maksudnya, kamu tidak boleh memaksakan diri untuk melakukan sewa atau membeli tempat yang memiliki harga lebih daripada budget yang sudah kamu siapkan.

Berbisnis tidak hanya tentang uang dan apabila kamu rugi, maka tidak akan ada pelanggan yang percaya lagi. Jangan memaksa untuk menyewa atau membeli tempat yang berlebihan. Apabila budget Rp 100 juta, kamu bisa menyewa tempat dengan harga sesuai atau lebih baik lagi apabila harganya kurang dari budget itu. 

Sebagai tambahan, lokasi strategis memang bagus, namun apabila kamu kekurangan uang, maka mundur dan carilah lokasi strategis lain sesuai kemampuan. 

Yuk, Pilih Lokasi untuk Bisnis Hijab yang Ramai!

Memperluas bisnis hijab dengan cara memiliki toko offline akan menguntungkan pelanggan yang ingin membeli secara langsung. Kamu bisa menghias toko dengan berbagai produk dan memamerkannya, agar banyak orang yang tergiur dengan produk yang kamu tawarkan.

Namun, ada lima faktor yang harus kamu perhatikan saat pemilihan lokasi tersebut. Jangan sampai meremehkannya apabila kamu ingin toko ramai pelanggan. 

Terutama untuk kemudahan akses dan visibilitasnya. Sebab apabila, toko berada di tempat terpencil, tidak hanya pelanggan. Kamu dan karyawan juga akan kesusahan nantinya. 


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Pemilihan Lokasi untuk Ekspansi Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​