Home » Strategi-bisnis » Kiat Sukses Pebisnis Hijab di Indonesia dari Brand Terkenal

Kiat Sukses Pebisnis Hijab di Indonesia dari Brand Terkenal

Kiat Sukses Pebisnis Hijab di Indonesia dari Brand Terkenal

Berkembangnya bisnis fashion muslim di tanah air tidak lekang dari kiat sukses pebisnis hijab untuk membangun sebuah brand. Mereka juga tentu melakukannya secara konsisten selama bertahun-tahun.

Terlebih lagi pergeseran trend fashion yang amat dinamis pastinya menuntut para pebisnis hijab untuk terus berpikir kreatif. Mulai dari observasi trend, cara promosi, hingga mengatur harga produk di pasaran.

Nah, kali ini kita akan menilik kiat sukses pebisnis hijab di tanah air yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya hingga besar. Kamu juga bisa meniru kiat bisnis mereka, lho.

Perkembangan Bisnis Busana Muslim di Indonesia

Sebelum membahas kiat-kiat para pebisnis hijab, ada baiknya kamu tahu tentang kondisi market busana muslim terbaru.

Di Indonesia perkembangan bisnis busana muslim cukup pesat. Faktor utamanya tentu karena mayoritas penduduk perempuannya adalah muslimah. Di dalam satu dekade terakhir, trend hijab juga semakin digemari khalayak ramai.

Pada tahun 2018 misalnya, industri fashion domestik mengalami kenaikan 8,7% dari tahun sebelumnya. Melansir Katadata, Indonesia bahkan sudah menguasai 1,9% pasar fashion dunia hingga Juli 2018.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, meyakini bahwa Indonesia bisa menjadi kiblat fashion muslim dunia. Terlebih lagi, Indonesia adalah pengekspor fashion muslim terbesar di dunia yang masuk dalam 5 besar Organisasi Kerjasama Negara Islam (OKI).

Kiat Sukses Pebisnis Hijab

Beberapa nama brand hijab yang cukup dikenal oleh muslimah Indonesia, yaitu Elzatta, Ria Miranda, Buttonscarves, Vanilla HIjab, Umama, Zoya, dan Lozy Hijab. Berikut ini ada kiat sukses pebisnis hijab yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membangun brand hijab milikmu:

1. Up-To-Date Terhadap Trend Market Hijab

Tidak bisa dipungkiri jika berbisnis memang harus selalu mengikuti trend market yang sangat dinamis. Begitu pula bisnis hijab yang semakin hari selalu ada trend baru yang  booming.

Misalnya, pada tahun 2020-2022 trend hijab terus berubah dari hijab organza, detail bulu, hijab satin, hijab turki, pashmina ceruti, hijab voal, dan hijab printing.

Para pebisnis hijab tentu tidak kehilangan momen ini untuk mengeluarkan koleksi terbaru sesuai dengan trend yang sedang naik. Selain itu, mereka juga berlomba-lomba menawarkan kualitas dengan bahan terbaik di kelasnya.

Misalnya, pada 13 April 2022 lalu, Vaniilla Hijab launching lini hijab printing Nirwana Scarf yang sedang trending saat Hari Raya Idul Fitri. Nirwana Scarf memadukan motif bunga yang indah dengan warna-warna pastel yang lembut.

Belakangan ini hijab bermotif memang sedang digandrungi kaum hawa, karena memberikan kesan mewah yang elegan. Sama halnya dengan warna-warna pastel dan earthy tone yang tidak mencolok dan lebih lembut dipandang mata.

2. Endorsement oleh Public Figure

Kiat sukses pebisnis hijab yang selalu mereka tekuni, yaitu menggunakan jasa endorsement oleh public figure yang memiliki personal branding dan citra yang baik.

Karena para pebisnis ini bergelut di bidang fashion muslim, mereka cenderung memilih public figure yang menggunakan hijab. Pasalnya, kebanyakan public figure muslimah ini memiliki followers dengan niche yang sama.

Contohnya seperti Vanilla Hijab yang menggandeng banyak public figure berhijab. Mulai dari Dinda Hauw, Mega Iskanti, Fanny Fabriana, Hamidah Rachmayanti, Zeezee Shahab, Soraya Larasati, Revalina Temat, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Vanilla Hijab juga menyadari bahwa target market muslimah mereka tidak semuanya berhijab. Maka dari itu, mereka juga meluncurkan produk yang bisa digunakan oleh muslimah tanpa hijab, seperti dress dan blouse.

Adapun public figure yang dipercaya untuk membawa produk edisi ini, diantaranya Nikita Willy, Ussy Sulistiawaty, Febby Rastanty, Titi Kamal, dan Anissa Aziza.

3. Penawaran Menarik

Nah, kiat sukses pebisnis hijab kali ini berkaitan dengan produknya, nih. Mereka biasanya memberikan penawaran menarik untuk konsumen melalui giveaway, diskon, voucher belanja, dan produk bundle.

Vanilla Hijab juga termasuk brand yang kerap melakukan program giveaway kepada para followers-nya. Hadiahnya mulai dari produk hijab, dress, tas branded, kosmetik, hingga uang tunai total puluhan juta rupiah.

Ada pula Elzatta yang mengadakan program “Funtastic Sale: Ambil 5 Bayar 2 All Items” pada 24 September – 3 Oktober 2021 lalu.

4. Fashion Show

Brand-brand besar yang sudah mempunyai nama tak segan untuk menggelar acara fashion show secara mandiri. Tujuannya yakni untuk menaikkan brand awareness diantara para penggemar produknya, mengenalkan brand ke calon pembeli potensial, dan meningkatkan value brand tersebut.

Contohnya seperti Vanilla Hijab yang setiap tahunnya selalu mengadakan #vanillaannualshow untuk mengenalkan koleksi-koleksi terbarunya. Acara ini rutin diadakan sejak tahun 2019.

Pada 2019 acara ini digelar dengan tajuk “Vanilla Menyapa Senja”, namun tidak diadakan lagi pada dua tahun berikutnya karena pandemi COVID-19. Kemudian, pada 2022 Vanilla kembali mengadakan acara yang lebih kecil, yaitu “Vanilla Garden Party” untuk bersilaturahmi dengan konsumen setianya.

Nah, ini adalah kiat sukses pebisnis hijab untuk menjaga solidaritas antara brand dan konsumen. Sehingga tercipta ikatan batin yang lebih kuat karena sudah merasa seperti bagian dari brand tersebut.

Sudah Siap untuk Menerapkan Kiat Sukses Pebisnis Hijab?

Baik, seperti itulah 4 kiat sukses dari pebisnis hijab terkenal di Indonesia yang bisa kamu tiru untuk mengembangkan dan meraih kesuksesan dalam berbisnis hijab. Yuk, langsung terapkan sekarang!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kiat Sukses Pebisnis Hijab di Indonesia dari Brand Terkenal

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​