Home » Strategi Bisnis » Ide Konsep Desain Toko Hijab yang Paling Banyak Disukai

Ide Konsep Desain Toko Hijab yang Paling Banyak Disukai

Memiliki toko sendiri adalah impian bagi semua pebisnis. Selain memasarkan produk hijab melalui media sosial dan e-commerce, kamu juga bisa memasarkannya di toko offline agar omzet penjualan meningkat. Jika tertarik ingin membuka toko hijab, contek ide konsep desain toko hijab yang menarik hanya di artikel ini!

Ide Konsep Desain Toko Hijab yang Menarik

Perlu diketahui, konsumen saat ini lebih tertarik dengan toko yang memiliki konsep unik dan memanjakan mata. Selain itu, kenyamanan juga menjadi poin berikutnya yang akan dijadikan sebagai pertimbangan mereka untuk mengunjungi sebuah toko. Silahkan contek ide konsep desainnya berikut ini:

1. Toko Hijab yang Cozy dengan Konsep Minimalis

Membuka toko hijab tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Yup, dengan lahan kecil seperti sisa tanah di depan rumah ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuka toko hijab dengan konsep desain yang minimalis.

Konsep minimalis yang kerap ditemukan pada cafe atau restoran ini juga cocok untuk toko fashion, termasuk hijab. Seperti konsepnya, kamu tidak perlu membangun banyak ruang, sehingga hemat pengeluaran. Selain itu, furniture yang bisa kamu gunakan juga tidak perlu banyak agar konsep minimalis tetap terjaga.

Manfaatkanlah lahan depan rumah atau ruko yang sudah kamu sewa dengan menonjolkan area dalam yang hangat melalui bukaan kaca jendela berukuran besar. Sebaiknya pilihlah kaca jenis sunergy glass karena bisa menyerap panas matahari sehingga ruangan dalam toko tidak panas. Sebagai informasi, harga kaca sunergy berukuran 5 mm dibanderol sekitar Rp 450 ribu.

2. Konsep Toko yang Elegan

Ide konsep desain toko hijab berikutnya adalah serba elegan dan berkelas. Konsep ini sangat sesuai dengan hijab yang identik sebagai salah satu fashion items wanita muslim untuk menunjang penampilannya.

Jika produk hijab kamu ditujukan untuk menunjang penampilan yang elegan dan berkelas, maka konsep toko hijab yang ingin kamu buat juga harus elegan. Baik dari segi bentuk, cat, hingga furniture di dalamnya.

Jika luas toko sangat terbatas, kamu bisa menghadirkan kaca berukuran besar dengan bingkai warna hitam dan berbahan sintetis. Keberadaan kaca ini bisa membuat area dalam terkesan lapang dan membuat pengunjung lebih betah.

Furniture yang tidak boleh kamu lewatkan agar konsep elegan pada toko hijab menonjol adalah lampu. Pilihlah lampu gantung yang menyerupai kerucut dengan warna hitam.

Lampu model satu ini juga ada yang berwarna kuning keemasan, sehingga semakin mempercantik area toko hijab kamu nantinya. Soal harga, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp 700 ribu – Rp 2 juta tergantung berapa banyak lampu yang kamu gunakan.

3. Konsep Modern dan Feminin

Konsep desain toko hijab terakhir yang bisa kamu coba adalah modern dan feminin. Yup, konsep ini juga sangat cocok untuk mewakilkan hijab yang merupakan fashion item penting bagi wanita muslim.

Khusus konsep desain yang satu ini, kamu harus membuat aura ruangan di dalam toko menjadi feminin dengan sentuhan yang modern. Misalnya, menggunakan cat dinding berwarna pastel merk Avitex dengan kisaran harga mulai dari Rp 29.000/kg. 

Jika tidak mau repot mengecat dinding, kamu bisa menggunakan wallpaper dengan motif floral 3D modern yang lembut  yang harganya sekitar Rp 210.000/m2.

Pemilihan furniture juga tidak boleh sembarangan. Tambahkan sofa minimalis seharga kurang lebih Rp 1.520.000 agar pelanggan betah dan nyaman berada di dalam toko. 

Selain itu, tambahkan juga bantal sofa empuk seharga Rp 59.900/pcs atau bangku kecil dengan harga Rp 462.000/pcs bernuansa trendi. Agar ruangan toko tidak terlalu membosankan.

Kamu juga harus memperhatikan tata letak hijab dengan baik. Tempatkan standing rak display hijab yang harganya mulai dari Rp 65.000/pcs atau standing hijab gantung seharga Rp 348.000/pcs secara strategis. Kamu bisa meletakkan rak tersebut secara berhadap-hadapan dengan memberikan jarak. 

Susunlah hijab sesuai dengan bahannya. Agar lebih cantik, kamu bisa menatanya sesuai dengan tingkatan warna hijab yang kamu jual. Mulai dari yang soft, hingga warna yang agak strong.

Kisaran Biaya Sewa Ruko

Itulah tiga konsep desain toko hijab yang bisa kamu contek. Tidak hanya memanjakan mata dan membuat nyaman konsumen, toko hijab dengan konsep kekinian juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable. Jadi, sebelum membuka toko hijab, kamu perlu merencanakannya dengan matang.

Apalagi jika kamu tidak memiliki lahan dan mengharuskan untuk menyewa ruko, otomatis budget yang harus kamu siapkan pun tidak sedikit. Rata-rata biaya sewa ruko dengan luas tanah sebesar 80 m2 dan luas bangunan 300 m2 sekitar Rp 200 juta per tahun atau Rp 16,6 juta per bulan. Harga sewa ini tergantung lokasi ruko berada. Semakin strategis lokasinya, maka semakin besar pula biaya sewanya.

Desain Toko Hijabmu dengan Konsep Kekinian!

Meski toko hijab tidak begitu luas, kamu bisa membuat konsumen nyaman dan betah dengan memberikan sentuhan desain toko yang kekinian. Jadi, tunggu apalagi? Jika ingin toko hijab kamu ramai dikunjungi oleh pelanggan, cobalah memberikan sentuhan desain seperti contoh di atas, ya.

Selamat mencoba.


Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​