Home » Strategi Bisnis » Tips Manajemen Karyawan dalam Bisnis Hijab, Tingkatkan Mutu Pekerja

Tips Manajemen Karyawan dalam Bisnis Hijab, Tingkatkan Mutu Pekerja

Bisnis hijab harus memiliki manajemen karyawan yang bagus. Hubungan antara owner dan karyawan harus berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, terapkanlah tips-tips manajemen karyawan dalam bisnis hijab secara tepat.

Tips Manajemen Karyawan dalam Bisnis Hijab

Sebagai seorang yang bergelut dalam bisnis hijab, kamu perlu menata manajemen karyawan dengan benar. Berikut beberapa tips yang perlu kamu lakukan:

Merencanakan Prosedur Terbaik

Membuat perencanaan secara maksimal adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Buatlah prosedur yang dapat mencapai tujuan-tujuan bisnis, yakni dengan menetapkan strategi yang mumpuni.

Khusus bisnis hijab, contoh perencanaan prosedur yang baik adalah dengan memakai sistem target. Buatlah target bisnis untuk karyawan, seperti jumlah penjualan hijab perhari, jumlah hijab yang diproduksi, dan lain sebagainya.

Pengorganisasian Terhadap Karyawan

Jika kamu ingin memiliki tenaga kerja dengan mutu bagus, maka kenalilah karyawanmu. Buat langkah strategis yang mampu mewujudkan rencana bisnis dengan tepat.

Sebagai contoh, kamu bisa membagi karyawan dalam beberapa komponen. Bisa berdasarkan shift kerja, kemampuan, ketersediaan, maupun pengalaman. Pastikan bahwa komponen tersebut mampu menghasilkan pencapaian yang baik.

Jadi, kamu bisa membagi tim karyawan berdasarkan komponen tersebut. Misalnya, masukkan karyawan yang kemampuan jahitnya stabil dengan tim yang setara. Bisa juga berdasarkan pengalaman, sebaiknya pilih karyawan yang pengalaman tentang bisnis hijab.

Memberikan Pengarahan

Tips manajemen karyawan dalam bisnis hijab yang berikutnya adalah memberikan pengarahan. Cara memberikan pengarahan yang baik, yakni dengan melakukan pemberian gambaran mengenai kegiatan karyawan sehingga mereka bisa termotivasi dan semakin giat bekerja.

Contohnya, lakukan pengarahan tentang tugas karyawan. Selain itu, berikan juga arahan untuk melayani pelanggan dengan baik. Karyawan juga perlu menawarkan hijab kepada pelanggan dengan gaya yang lugas. Jadi, jangan lupa beri arahan tentang cara menggaet pelanggan.

Melakukan Koordinasi

Di dalam sebuah bisnis, untuk mencapai tujuan tentunya membutuhkan integrasi yang sempurna. Oleh sebab itu, lakukanlah koordinasi karyawan secara menyeluruh sehingga kamu akan mengetahui seberapa cakapnya mereka dalam bekerja. 

Bagaimana cara melakukan koordinasi yang baik? Kamu harus mengetahui karakter masing-masing karyawan dan menjaga komunikasi dengan erat. Sehingga, target bisnis bisa dicapai bersama-sama.

Sebagai contoh, lakukan pembinaan tentang tugas dan kinerja karyawan secara berkala. Kemudian, buatlah kuesioner yang berisi pendapat karyawan tentang tugas pekerjaan mereka. Jadi, kamu bisa menentukan lebih lanjut apakah karyawan tersebut sudah sesuai penempatan tugas atau tidak. 

Mengawasi Kinerja Karyawan

Untuk melakukan pengawasan terhadap karyawan, kamu bisa menggunakan evaluasi antar tim maupun personal. Lakukan penjadwalan evaluasi secara berkala. Tidak lupa untuk berikan deadline dan target pekerjaan sehingga mereka lebih mudah termotivasi.

Sebagai contoh, adakan meeting evaluasi bersama karyawan. Kamu bisa memperlihatkan hasil evaluasi kepada karyawan secara terbuka. Hal ini agar karyawan bisa mulai berbenah diri terhadap kinerja mereka.

Membangun Komunikasi yang Efektif

Komunikasi adalah pondasi utama dalam keberhasilan dan pengembangan sebuah bisnis. Pastikan bahwa komunikasi antara kamu dengan karyawan telah berfungsi dengan jelas dan efektif. 

Misalnya, selalu berdiskusi dengan karyawan perihal pekerjaan dan tugas mereka. Karena tanpa adanya komunikasi yang baik, akan membuat koordinasi manajemen bisnis menjadi buruk dan cenderung terjadi miskomunikasi. Tampung juga saran dari karyawan, sehingga kamu bisa memperlihatkan sikap pemimpin yang baik.

Agar komunikasi semakin baik, kamu bisa menggunakan cara face to face maupun virtual. Khusus komunikasi virtual, kamu bisa menggunakan gmeet, zoom meeting, atau bahkan hanya sekedar chatting saja. Kini, sudah banyak alat elektronik canggih yang bisa membantu karyawan dalam berinteraksi dengan atasan.

Memberikan Training Khusus

Pemberian training akan membuat karyawan belajar banyak hal, terutama yang berkaitan dengan tugasnya. Berikan pelatihan khusus tentang bisnis hijab kepada karyawan untuk meningkatkan mutu mereka.

Misalnya seperti training menjahit hijab, cara packing hijab yang benar, dan lain sebagainya. Kamu bisa melakukan pelatihan khusus di lembaga kursus seperti @jahitjilbabonline, Jahit Jilbabmu Sendiri, atau B’yafa. Pastikan bahwa training memang sudah sesuai kebutuhan perusahaan atau bisnis yang kamu geluti.

Menciptakan Lingkungan Kerja Positif

Sebagai seorang pemilik usaha, kamu harus memiliki empati untuk membangun hubungan positif dengan karyawan.

Kamu bisa menciptakan lingkungan kerja positif dengan cara melakukan komunikasi. Bukan hanya dekat dengan kamu saja, namun dekatkan juga karyawan satu dengan lainnya. Sehingga akan menghasilkan tim yang solid.

Bagaimana si contoh lingkungan kerja yang positif? Ini bisa berupa tim dengan kepercayaan tinggi, atasan penuh empati, gaji sesuai standar, dan hari libur yang tepat.

Perhatikan Personal Development Karyawan

Tips manajemen karyawan dalam bisnis hijab yang terakhir adalah personal development. Personal development merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Mulai dari mengasah skill, meningkatkan kinerja, dan lain sebagainya.  

Kamu bisa mengajak para karyawan untuk berdiskusi tentang tugas-tugas mereka. Jika ada kendala dalam pekerjaannya, bantu karyawan untuk membenahi sehingga karyawan bisa mengasah kemampuan mereka. Melalui tips ini, kamu bisa membantu karyawan untuk membangun kepribadian yang lebih baik.

Yuk, Terapkan Manajemen Karyawan Bisnis Hijab yang Baik!

Kesuksesan bisnis hijab dapat diukur dari seberapa mahirnya kamu mengatur manajemen karyawan. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan tips manajemen karyawan dalam bisnis hijab di atas karena manajemen karyawan bagus dapat membuat bisnis hijab kamu menjadi sukses!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​