Home » Strategi Bisnis » 11 Cara Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Katering, Lengkap!

11 Cara Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Katering, Lengkap!

Promosi adalah salah satu hal penting dalam bisnis yang mesti kamu perhatikan agar bisnis bisa berkembang pesat.

Ini berlaku ke semua jenis bisnis lho, terutama bisnis katering.

Salah satu strategi paling ampuh yang bisa dicoba agar bisnis katering kamu lebih cepat dikenal banyak orang adalah media sosial, contohnya melalui Instagram.

Perlu diketahui, bahwa promosi lewat media sosial Instagram adalah cara yang lumayan ampuh sekaligus populer, karena platform Instagram sendiri digunakan banyak orang sekarang untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

Apa kelebihan yang dimiliki media sosial yang satu ini? Setidaknya ada beberapa alasan, seperti:

  • Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki user sangat banyak. Data di bulan Mei menyebutkan user yang aktif di Instagram mencapai jumlah 1 milyar pengguna.
  • Kehadiran smartphone dengan spek kamera canggih yang menjamur di era digital seperti sekarang ini membuat banyak orang beralih ke media sosial yang mengedepankan aspek, visual seperti Instagram.
  • Instagram memiliki banyak fitur yang bisa membantu kamu untuk berpromosi dengan mudah.
  • Instagram tidak mengenal batas. Aplikasi ini mampu menjangkau pengguna di mana pun mereka berada, selama terhubung dengan jaringan internet.

Untuk itulah, sangat penting bagi para pemiliki bisnis untuk memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media promosi yang tepat, agar brand mereka cepat dikenal oleh calon konsumen.

Bagaimana Cara Menambah Followers di Instagram untuk Bisnis Katering?

Caranya adalah dengan membuat akun bisnis di Instagram, lalu menerapkan beragam strategi kreatif  agar akun bisnis kamu cepat menarik perhatian banyak orang.

Apa saja sih caranya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Unggah konten pada jam aktif followers

Salah satu keutamaan akun bisnis Instagram (ingat, akun Instagram yang kategori bisnis ya, bukan jenis akun yang untuk pribadi) adalah bahwa kamu bisa menggunakan fitur keren seperti Insight.

Fitur ini bisa membantu kamu untuk membangun persona pelanggan yang komprehensif untuk semua followers kamu. Hal yang paling penting adalah dengan fitur ini kamu bisa menemukan pada waktu kapan followers kamu banyak aktif di Instagram.

Pada saat jam-jam ramai seperti itulah kamu bisa mengunggah foto/gambar yang relevan, misalnya seperti contoh menu masakan katering kamu.

Umumnya pada hari kerja biasa, para pengguna aktif di platform Instagran pada waktu istirahat (jam makan siang), pada saat sore sepulang kerja, serta pada malam hari sebelum tidur.

2. Manfaatkan aplikasi editor agar konten lebih menarik

Instagram adalah media sosial yang sangat erat kaitannya dengan gambar atau foto yang estetis.

Karena itulah sangat penting bagi kamu untuk mengunggah konten-konten yang memiliki visual menarik, sekaligus berkualitas tinggi. Namun bila ingin mengunggah konten video, optimalkan dengan ukuran & durasi video yang tepat, agar membuatnya tampak semakin berkualitas, serta tidak membosankan

Nah, untuk mendapatkan foto atau gambar yang menarik dan eye-catching, coba manfaatkan beberapa Contohnya seperti Canva dan Adobe Lightroom. Untuk menambah ciri khas dari brand, kamu bisa coba  menggunakan filter dan palette warna yang senada, serta konsisten di tiap unggahan.

Selain membuatnya menarik, pastinya ini juga akan membangun brand image yang bagus untuk bisnis kamu.

Selain proses editing agar konten gambar yang ditampilkan lebih menarik, jangan lupa untuk memperhatikan resolusi foto atau gambar tersebut. Hindari penggunaan gambar yang pecah dan yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari yang disarankan oleh Instagram.

3. Analisa pola algoritma dari Instagram

Sebagai media sosial yang populer dan kekinian, Instagram sudah menerapkan Artificial Intelligence (AI) dalam sistem mereka lho!

Hal itu dilakukan agar sistem-nya bisa menentukan unggahan mana yang akan muncul pertama kali di setiap rekomendasi penggunanya.

Perlu kamu ketahui, umumnya Instagram akan memberikan peringkat lebih tinggi pada unggahan dari user yang tampak seperti “keluarga atau teman” kamu, daripada hanya sekedar unggahan random. Artinya, bila kamu sering memberikan like, mengomentari unggahan seseorang, bahkan mengirimkan direct message ke orang tersebut, maka unggahan mereka-lah yang akan lebih sering terlihat pertama kali di rekomendasi kamu.

Jadi, dengan kata lain semakin sering kamu berinteraksi dengan audience yang akan kamu incar, maka semakin tinggi pula kemungkinan unggahan kamu dimunculkan Instagram pada rekomendasi linimasa mereka.

Tak hanya itu, unggahan baru juga mendapatkan prioritas tinggi dalam algoritma Instagram. Karena itulah, semakin sering & konsisten kamu mengunggah konten baru, maka semakin besar pula akun bisnis Instagram katering kamu mendapatkan attention dari banyak user.

Intinya, Instagram akan memberikan prioritas kepada unggahan-unggahan baru, dimulai dari yang paling menarik dan paling relevan, dan yang sudah disesuaikan dengan aktivitas, serta interaksi akun Instagram bisnis katering kamu selama ini.

4. Optimalkan penggunaan tagar (hashtag)

Tagar atau hashtag merupakan aspek yang cukup penting dalam media sosial, terutama di platform Instagram.

Tujuannya adalah agar konten yang dilengkapi dengan tagar tersebut dapat lebih mudah dicari dan ditemukan oleh user yang memiliki minat terhadap keywords di tagar tersebut.

Namun, pastikan juga bahwa tagar yang akan kamu gunakan itu memang relevan dengan bisnis dan target audience yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan alat pelacak hashtag seperti HashtagForLikes, untuk mencari tagar mana yang cocok untuk bisnis kamu.

5. Tingkatkan engagement dengan Instagram Live & Instagram Story

Kedua fitur populer Instagram ini dapat juga dimanfaatkan untuk menaikkan jumlah followers pada akun Instagram bisnis katering kamu.

Pertama, Instagram Live adalah pengambilan video langsung secara real-time, dan melibatkan audience dalam waktu lama. Ini juga lebih diprioritaskan Instagram untuk menempati posisi pertama pada daftar Story followers kamu. Lewat fitur ini, kamu bisa melakukan demo produk, wawancara, serta tanya jawab langsung dengan audience.

Supaya prosesnya berjalan lancar, sebaiknya kamu menyiapkan terlebih dahulu format dasar dan skrip yang akan kamu jelaskan.

Kedua, kamu bisa juga menggunakan fitur Instagram Story. Agar lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan beragam “stiker” menarik. Misalnya kamu sudah memiliki lebih dari 10.000 followers, kamu bisa menambahkan fitur “Swipe Up” di Instagram Story agar penonton bisa langsung diarahkan ke situs bisnis kamu.

Dua fitur Instagram di atas merupakan cara yang tepat untuk membuat konten, dan cukup efektif untuk memicu banyak followers untuk berinteraksi dengan akun Instagram bisnis katering kamu.

Semakin banyak konten Instagram kamu yang di-save dan share oleh followers, maka semakin diprioritaskan juga akun bisnis kamu untuk ditampilkan ke lebih banyak user oleh Instagram. Users ini nantinya berpotensi menjadi followers baru kamu.

6. Unggah ulang user-generated content

Cara lain untuk memperkaya sekaligus mempromosikan bisnis kamu lewat Instagram adalah dengan mengunggah ulang di Story dari users lain, di Instagram Story kamu, terutama Story yang membawa username Instagram akun bisnis katering kamu.

Manfaat mengunggah ulang ini cukup besar, karena tidak butuh biaya sama sekali namun malah membuka lebar potensi interaksi kamu dengan followers yang baru.

7. Repost konten yang sejalan dengan bisnis katering kamu

Cara yang satu ini sering digunakan banyak orang untuk meningkatkan jumlah followers akun bisnis mereka.

Cara yang digunakan adalah mengunggah ulang konten Instagram pihak lain yang ada hubungannya dengan produk kamu. Misalnya, konten di profil Instagram orang lain tentang menu makanan sehat, yang juga menjadi salah satu menu di bisnis katering kamu.

Cara ini sangat jitu untuk meningkatkan jumlah followers bahkan membangun hubungan mutualisme dengan pihak lain. Tentunya kamu tidak boleh asal me-repost konten orang lain ya.

Saat mengunggah, harap cantumkan nama pembuat aslinya, atau atribusikan unggahan tersebut kepada pembuat konten yang asli. Ada baiknya juga jika kamu meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik asli konten, untuk mengunggah ulang kontennya di Instagram kamu.

8. Manfaatkan fitur Instagram TV (IGTV)

Sama dengan Instagram Story, fitur yang satu ini juga digunakan untuk mengunggah konten video dalam durasi waktu yang lebih panjang.

Untuk menghasilkan video yang bagus, kamu bisa coba beberapa aplikasi gratis seperti FilmoraGo dan iMovie.

Untuk menyajikan konten dalam format video seperti IGTV ini, sebisa mungkin untuk membatasi durasinya hingga maksimal 15 menit saja.

Formatnya harus berupa .mp4, dan foto cover harap disimpan dalam format .png atau .jpg. Pertahankan resolusinya pada 720p, hingga lebih tinggi dengan rasio aspeknya sekitar 9:16, untuk mendapatkan video dengan hasil terbaik.

9. Follow akun influencers, culinary enthusiast, dan chef terkenal

Cara yang satu ini termasuk cara paling aman dan mudah untuk diterapkan.

Kamu bisa coba follow akun beberapa influencer populer di Instagram serta para chef terkenal yang memiliki jumlah followers tinggi, misalnya yang memiliki lebih dari 5.000.000 followers.

Pada bagian bawah tombol “follow” tersebut, akan muncul rekomendasi akun lain untuk kamu follow. Follow saja semua akun tersebut, dan lambat laun banyak dari followers mereka akan mengikuti akun kamu, terutama jika kamu sering berinteraksi dan mengupload konten.

Memang butuh kesabaran untuk menanti banyak akun mulai mengikuti akun bisnis katering kamu, namun ini adalah cara organik paling ampuh yang bisa dicoba.

10. Promosikan akun Instagram kamu di platform lain

Cara jitu lain yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan media sosial lain untuk meningkatkan followers Instagram bisnis katering kamu. Misalnya, di media sosial seperti Facebook, YouTube, dan Twitter.

Lakukan promosi akun bisnis kamu di platform-platform tersebut.

11. Hubungkan konten dengan akun Instagram user lain yang relevan

Jika kamu membuat sebuah konten terkait katering dan menu makanan, tag akun yang membahas hal yang serupa di unggahan kamu. Misalnya, akun seorang chef atau penggiat makanan lain.

Cara ini dilakukan dengan harapan agar pemilik akun yang di-tag ini berkenan me-repost konten kamu. Dengan begitu, akun kamu akan memiliki kesempatan untuk di-notice dan di-follow oleh followers mereka.

. . .

Itulah beberapa tips atau cara menaikkan followers untuk akun Instagram bisnis katering kamu.

Tunggu apa lagi?

Selamat mencoba ya!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​