Home » Strategi Bisnis » 8 Langkah Mudah Memulai Bisnis Katering Bagi Pemula

8 Langkah Mudah Memulai Bisnis Katering Bagi Pemula

Ingin punya bisnis sampingan yang dapat dikerjakan di tengah-tengah kesibukan?

Kamu bisa mencoba memulai bisnis katering. Jika dilakukan dengan konsisten, keuntungannya cukup menjanjikan, lho! Tertarik?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini terkait bagaimana cara memulai bisnis katering bagi seorang pemula!

8 Cara Memulai Bisnis Katering Bagi Pemula

 

Siapkan modal awal sesuai kemampuan

Satu hal utama dan paling penting yang mesti kamu pertimbangkan jika ingin berbisnis katering adalah modal.

Jumlah modal awal yang mesti disiapkan tergantung pada jenis katering apa yang kamu pilih. Makin besar acaranya, makin banyak pula modal yang mesti dikeluarkan. Namun hal itu juga berbanding lurus dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Meskipun begitu, kamu juga harus tetap realistis ya. Jangan terlalu memaksakan diri; sesuaikan bisnis yang kamu miliki dengan modal yang tersedia serta kemampuan keuangan kamu. Jika modal yang kamu punya terbatas, ada baiknya mencoba bisnis katering yang lebih sederhana terlebih dahulu, seperti misalnya bisnis katering rumahan.

Lantas, untuk apa saja modal yang kamu miliki tersebut? Selain untuk membeli bahan baku makanan, modal awal juga digunakan untuk membeli semua peralatan katering dan perlengkapan dapur yang dibutuhkan.

Bila bisnis katering kamu masih dalam skala rumahan dan modalnya pun masih terbatas, tidak perlu membeli peralatan dapur dengan membabi-buta. Manfaatkan saja apa yang ada di dapur rumah kamu .

Tenang, kamu bisa memperbanyak alat-alat dapur untuk bisnis katering dari profit nantinya. Profit nantinya juga dapat digunakan untuk menambah pegawai, hingga merenovasi dapur kamu.

 

Pilih jenis katering sesuai kemampuan dan jumlah modal

Ingin mulai bisnis katering namun bingung mau pilih jenis mana yang mampu kamu jalankan?

Ada beragam jenis bisnis katering yang dapat kamu coba. Setiap jenis punya tujuan dan kapasitas masing-masing. Jadi, bagi yang masih pemula, sebelum benar-benar terjun ke bisnis katering yang skalanya lebih besar dan mengurus beberapa jenis katering, ada baiknya fokus pada satu jenis katering saja dulu.

Apa sajakah jenis katering yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Katering rumahan: sederhana dan cocok bagi pemula

Bisa dibilang jika jenis katering yang satu ini merupakan jenis katering yang paling sederhana.

Hal itu dikarenakan modal yang diperlukan tidak terlalu besar, sehingga cocok bagi pebisnis pemula. Umumnya, jumlah maksimal kotak makanan yang disediakan oleh katering jenis ini adalah sekitar 150 – 200 kotak.

Namun sayangnya, sifat katering rumahan itu musiman. Artinya, hanya dijalankan pada waktu & kesempatan tertentu saja. Contohnya, kegiatan yang biasa menggunakan jasa katering ini adalah kegiatan ibu-ibu PKK, acara kompleks & arisan, serta masih banyak lagi.

2. Katering harian: tambah cuan setiap hari

Katering harian berbeda dengan jenis katering lain yang musiman karena hanya dilakukan pada waktu tertentu saja.

Pada katering harian berarti kamu harus mempersiapkan menu makanan setiap hari. Biasanya katering yang satu ini banyak dipesan oleh mahasiswa, karyawan, dan pekerja kantoran, yang tidak sempat menyiapkan makanan mereka sendiri.

Keadaan seperti itu pastinya menjadi peluang bisnis yang berguna bagi kamu. Kamu bisa mencoba katering harian ini sembari menunggu order musiman lainnya.

3. Katering anak sekolah: perhatikan gizi dan nutrisinya

Siapa bilang menyiapkan makanan katering untuk anak sekolah itu mudah?

Walau modalnya tidak besar, kamu harus memperhatikan jumlah gizi dan nutrisi yang terkandung dalam menunya. Usahakan untuk menyediakan menu yang baik bagi pertumbuhan mereka. Perhatikan juga bila ada anak yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Untuk penyajiannya pun sederhana, cukup memakai kotak/tempat makanan yang lucu & menarik, anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

4. Katering pesta: bisnis cepat dikenal luas

Ingin bisnis katering kamu cepat dikenal banyak orang dari berbagai daerah dan kota?

Kamu harus memilih jenis katering pesta atau social gathering yang khusus disediakan pada acara-acara tertentu seperti seminar, pernikahan, anniversary, ulang tahun, hingga workshop. Meski hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu, namun efeknya lumayan besar lho!

Jika menu masakan katering kamu benar-benar lezat, ditambah juga dengan pelayanan yang baik, bukan tidak mungkin berikutnya ada yang tertarik untuk menggunakan jasa katering kamu.

Semakin besar skalanya, maka modal yang diperlukan pun juga besar. Belum lagi jika disajikan secara prasmanan. Karena itulah, agar semuanya berlangsung dengan lancar, kamu memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang matang bila ingin menjalankan jenis katering yang satu ini.

5. Katering kantor atau perusahaan: untung besar

Sangat cocok dipilih untuk kamu yang tinggal dalam kawasan perkantoran atau perusahaan.

Namun, jika ingin menjalankan bisnis yang satu ini, kamu juga harus mempersiapkan modal yang tak sedikit. Begitu juga dengan jumlah makanan yang akan dihidangkan.

Umumnya, pada hari-hari biasa makanan untuk katering kantor atau perusahaan disajikan dalam bentuk kotak. Tetapi jika mengadakan acara-acara penting & khusus seperti rapat yang dilakukan antar cabang perusahaan, gathering, juga pesta anniversary kantor, maka biasanya pihak kantor akan meminta menu makanan disajikan dalam bentuk prasmanan.

6. Katering sehat: menu sehat, gaya hidup sehat

Umumnya katering ini dipilih oleh mereka yang sedang menjalani gaya hidup sehat atau sedang mengatur pola makannya.

Karena itulah, dalam menjalankan jenis katering yang satu ini, kamu mungkin akan memerlukan konsultasi dari seorang ahli gizi untuk menentukan menu-menu makanan mana yang sekiranya sehat dan cocok bagi pelanggan kamu.

Untuk mengetahui cocok tidaknya dengan pelanggan kamu, perlu adanya pengetahuan terkait informasi kesehatan pelanggan yang akan mengonsumsi makanan katering kamu. Misalnya, apakah konsumen tersebut sedang hamil, diet, atau memiliki penyakit tertentu.

 

Tentukan nama brand bisnis

Untuk menentukan nama brand suatu bisnis itu memang tidaklah gampang.

Pemilihan nama brand haruslah unik, tidak pasaran, serta jelas, sehingga brand kamu akan lebih mudah diingat dan dikenal. Brand di sini tak hanya terpaku untuk katering berskala besar saja, seperti katering untuk perusahaan dan katering pesta, tetapi katering rumahan juga butuh brand.

Brand  nantinya akan menjadi identitas khusus yang membuat bisnis kamu mudah dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu, wajib untuk memilih nama-nama yang unik untuk brand kamu, dan juga belum digunakan oleh orang lain, serta mudah diingat.

 

Jangan lupakan supplier!

Sama dengan bisnis restoran atau café, katering juga wajib memperhatikan supplier yang memasok bahan baku masakan yang akan mereka buat.

Karena itu, sangatlah penting untuk mendapatkan pemasok terpercaya dengan harga bahan baku yang terjangkau. Ingat, kamu butuh stok bahan baku makanan yang selalu fresh, karena ada beberapa bahan makanan yang tidak baik untuk disimpan dalam waktu lama.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, kamu dapat memiliki lebih dari satu pemasok. Hal ini untuk menghindari bila sekiranya pemasok utama kamu sedang memiliki kesulitan untuk memenuhi permintaan bisnis kamu.

 

Menentukan menu itu penting!

Seiring waktu berjalan, update terus menu katering kamu.

Ubah beberapa menu agar pelanggan lama tidak  cepat bosan ketika memesan katering dari bisnis katering kamu. Salah satu cara dalam mendapatkan ide menu yaitu dengan mengamati tren pasar; menu mana saja yang happening dan sedang populer di masyarakat.

Tidak hanya mengganti menu, buat juga menu khusus dengan sistem penjualan terbatas. Kemudian masukkan ke dalam sistem paket; misalnya, menu yang spesial disediakan hanya satu minggu, atau satu bulan sekali. Dengan adanya menu spesial, pelanggan kamu pun semakin penasaran dan tergoda untuk memesan.

 

Lakukan quality control yang ketat

Quality control tidak hanya dilakukan di perusahaan atau di pabrik besar saja.

Dalam bisnis katering hal itu juga berlaku. Quality control yang ketat dapat menjaga cita rasa makanan katering kamu tetap konsisten, enak, dan berkualitas.

Apa manfaat melakukan quality control dalam bisnis katering? Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui apa makanan kamu enak di lidah konsumen atau tidak. Hal ini dilakukan karena selera tiap orang bisa saja berbeda. Sedikit saja rasa berubah, maka mungkin banyak yang langsung menyadari, bahkan bisa mengganti jasa katering.

Jadi, menjaga kualitas & konsistensi cita rasa masakan kamu agar  bisa diterima oleh konsumen itu perlu. Hal ini akan membantu kamu mempertahankan konsumen yang sudah setia dengan katering kamu selama ini.

Nah, biar makanan kamu tetap fresh saat dikirimkan kepada pelanggan, kamu perlu memikirkan untuk mencoba mempunyai sebuah mobil khusus pengantar dan penyimpanan makanan. Mobil seperti ini dapat kamu beli setelah mengumpulkan keuntungan sedikit demi sedikit, atau dengan menyewa.

 

Promosikan bisnis katering kamu

Percuma jika kamu punya usaha tapi tidak ada yang mengenal dan mengetahuinya.

Sehingga, sangat penting bagi kamu untuk dapat mempromosikan bisnis ini meskipun masih dalam skala kecil atau rumahan. Karena itu, mulailah untuk melakukan promosi.

Misalnya, bila kamu memilih katering untuk kantor atau perusahaan, maka lakukan promosi di area perkantoran dan wilayah-wilayah yang masuk dalam kawasan perusahaan. Jika ada kerabat kamu yang bekerja di kantoran, kamu dapat mempromosikan bisnis kamu lewat mereka.

Jika kamu memilih katering rumahan, maka mulailah mempromosikannya ke tetangga-tetangga terdekat atau sekitar rumah.

Selain bentuk promosi konvensional atau dari mulut ke mulut, kamu dapat juga memasarkannya menggunakan berbagai metode digital marketing via internet. Misalnya, via toko online, iklan online, website pribadi, bahkan media sosial. Jenis media sosial di sini merupakan akun media sosial yang biasa kamu gunakan, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Agar konsumen lebih tertarik, dan calon konsumen jadi penasaran, kamu harus lebih konsisten saat mengunggah foto/gambar & konten terkait dengan bisnis katering yang kamu jalani. Atau, dapat juga memasukkan testimoni dari konsumen yang pernah menggunakan jasa katering kamu.

Semakin sering kamu melakukan promosi, maka kesempatan untuk konsumen baru bermunculan akan semakin tinggi.

 

Berikan pelayanan yang terbaik

Sebagai seorang pemilik bisnis, tentu saja tak hanya produk bisnis yang harus kamu perhatikan.

Namun, bentuk pelayanan yang kamu berikan juga termasuk faktor penting. Sebelum mempekerjakan pegawai, lebih baik kamu melakukan training terlebih dahulu, agar nantinya mereka dapat mengetahui cara memberi pelayanan yang baik kepada konsumen.

Jangan sampai pelayanan yang kurang maksimal menyebabkan konsumen tidak lagi memercayai jasa katering kamu.

. . .

Demikianlah beberapa cara penting yang bisa segera kamu lakukan saat memulai bisnis katering.

Sudah memiliki gambaran mengenai jenis-jenis katering mana saja yang akan kamu mulai ‘kan?

Selamat mencoba ya!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​