Home » Strategi Bisnis » 4 Hal yang Wajib Dipelajari Pemilik Bisnis Katering

4 Hal yang Wajib Dipelajari Pemilik Bisnis Katering

4 Hal yang Wajib Dipelajari Pemilik Bisnis Katering

Sebagai pemilik bisnis katering, kamu wajib mengasah kemampuan dengan memperhatikan beberapa hal yang harus dipelajari. Dalam dunia bisnis, persaingan akan terus terjadi, sehingga kamu perlu bertahan dengan menjadi unggul.

4 Hal yang Wajib Dipelajari Pemilik Bisnis Katering

Berikut ini ada beberapa pengetahuan dan informasi dalam bisnis katering, yaitu:

Konsep Bisnis Katering

Hal pertama yang wajib dipelajari, yaitu menentukan konsep bisnis katering. Owner Beranda Kitchen dan Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI), Tasya Megananda Yukki, mengatakan bahwa jenis bisnis katering sangat beragam. Mulai dari konsep bisnis dan cara pengaturan bisnis tersebut.

Maka dari itu, kamu perlu menentukan konsep bisnis katering. Contohnya, katering acara pernikahan, harian, industri perkantoran, maskapai penerbangan,dan lainnya.

Misalnya, kamu membuka bisnis katering acara pernikahan. Maka, kamu perlu mempelajari table plating, dekorasi meja buffet, menyediakan beragam pilihan menu, dan fasilitas yang memadai.

Beragam pilihan menu yang bisa kamu sediakan, misalnya aneka olahan:

  • Nasi (nasi merah, nasi liwet, nasi rames) 
  • Ayam (ayam rica-rica, ayam kecap, sate ayam) 
  • Sayuran (capcay, sup jagung, sup ayam sosis, asinan) 
  • Ikan (ikan kakap asam manis, udang goreng tepung)
  • Menu lainnya

Biasanya, setiap pelanggan akan menanyakan konsep katering yang vendor sediakan. Nah, kamu bisa menyediakan minimal tiga konsep, yaitu prasmanan, plated meal, dan gaya brunch.

Konsep prasmanan akan memudahkan para tamu undangan untuk mengambil makanan sendiri. Sedangkan konsep plated meal, makanan akan dijatah di piring. Kemudian, tinggal mengantarkannya ke tamu pernikahan.

Selanjutnya, konsep katering bergaya brunch, yaitu hanya menyajikan makanan ringan seperti kue dan roti, tetapi ditata dengan cantik. Kamu bisa menjelaskan konsep tersebut kepada pelanggan.

Rencana Promosi

Beberapa rencana promosi yang bisa kamu terapkan antara lain, yaitu:

Brosur

Kamu bisa mencetak brosur yang berisi daftar menu, konsep katering yang kamu sediakan, harga yang ditawarkan, lokasi bisnis, dan nomor telepon. Setelah itu, kamu dapat menyebarkan brosur tersebut kepada pelanggan potensial.

Misalnya, kamu memiliki bisnis katering acara ulang tahun anak-anak. Maka, pelanggan potensial kamu adalah orang tua yang memiliki anak. Kamu dapat menyebarkan brosur kepada orang tua saat mengantar atau menjemput anak sekolah.

Kemudian jika kamu sudah mendapat pelanggan. Jangan lupa bagikan brosur kepada tamu acara ulang tahun tersebut.

Network

Selain melalui brosur, kamu bisa membangun network dengan beberapa pihak yang potensial mendatangkan pelanggan. 

Apabila kamu bergerak di bisnis katering pernikahan, maka jelas kamu perlu membangun network dengan wedding organizer, jasa dokumentasi wedding, venue wedding, dan komunitas pengusaha katering.

Media Sosial

Kamu bisa membuat website dan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan agar mereka lebih dekat dengan kamu. Berikan konten yang menarik di media sosial seperti video demo masak menu yang kamu sajikan agar pelanggan dapat melihat cara pembuatan dan menilai kebersihannya.

Selain itu, sajikan pula konten testimoni dari pelanggan, video katering ketika di sebuah acara tertentu, dan konten tips&trik (cara memilih vendor katering atau lainnya). Jika membutuhkan referensi, kamu bisa mengunjungi akun IG @umaracatering, channel Youtube Ciwie Catering Channel, dan masih banyak lagi.

Kemampuan Memasak

Cara meningkatkan kemampuan memasak yang dapat kamu lakukan antara lain, yaitu memiliki alat-alat yang memadai. Misalnya, berbagai jenis pisau yang tajam untuk menghasilkan potongan cantik dan mengenali bahan-bahan makanan agar tidak menghancurkan rasa makanan

Selain itu, kamu dapat mencoba resep baru untuk menemukan menu baru yang lebih lezat serta mencatat hidangan yang telah kamu buat sebagai bahan evaluasi. Apabila ingin lebih profesional lagi, kamu bisa mengikuti kursus masak di lembaga pelatihan seperti Lezata Academy, Cindelaras Catering, atau yang lainnya.

Mengelola Bisnis

Hal  terakhir, yaitu kemampuan mengelola bisnis. Mulai dari memperhatikan kondisi keuangan, memantau kinerja karyawan, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, memikirkan rencana promosi, hingga memilih supplier bahan baku yang terbaik.

Kamu perlu mencatat semua uang yang masuk dan keluar agar kondisi keuangan dapat diketahui dengan jelas menggunakan aplikasi akuntansi, seperti Gplus, Sage, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk membuat target omset dan profit dengan tepat. 

Perhatikan pula biaya pembelian bahan baku makanan dan biaya operasional seperti gaji karyawan, biaya listrik, biaya air, dan biaya pengiriman katering. Agar tidak lebih besar dari pendapatan atau penjualan.

Pemantauan kinerja karyawan bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi tracking karyawan, yaitu Qontak.com dan dayTrack untuk mengetahui karyawan bekerja dengan baik.

Kamu bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan cara menjawab semua pertanyaan pelanggan seputar katering sampai mereka menemukan yang dibutuhkan. Jangan menunjukkan wajah cemberut saat pelanggan bertanya.

Selanjutnya, pemilihan supplier akan menentukan cita rasa masakan sehingga kamu wajib memilih supplier terbaik. Contoh supplier terbaik bahan katering, antara lain PT Khalifa Global Indonesia, PT Graha Dwi Mitra Mandiri, dan PT Natura Niaga Nusantara.

Jika kamu mampu mengelola bisnis katering dengan baik, tentu kamu bisa bersaing dengan para kompetitor.

Apa yang Sudah Dipelajari Sebagai Pemilik Bisnis Katering?

Demikian beberapa hal yang wajib dipelajari sebagai pemilik bisnis katering. Mulai dari mempelajari berbagai konsep bisnis katering hingga memperbaiki kemampuan mengelola bisnis. 

Apabila kamu mempelajari hal-hal di atas, kamu dapat mengembangkan bisnis katering tanpa khawatir kalah dengan para kompetitor.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​