Home » Strategi Bisnis » Inilah Peralatan untuk Memulai Bisnis Katering, Beserta Harganya!

Inilah Peralatan untuk Memulai Bisnis Katering, Beserta Harganya!

Bagi kamu yang baru akan memulai bisnis katering, mungkin merasa kebingungan; apa saja sih peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk memulai bisnis ini?

Sebenarnya itu semua tergantung jenis penyajian bisnis katering yang kamu pilih, serta menu apa saja yang ingin kamu buat.

Bagi yang memilih bisnis katering boks, tentunya menggunakan perlengkapan yang berbeda dengan bisnis katering yang disediakan secara prasmanan.

Namun, ada baiknya kamu untuk mengetahui terlebih dahulu peralatan dapur pokok apa saja yang wajib dimiliki, baik itu untuk yang katering boks maupun katering prasmanan.

14 Perlengkapan Penting untuk Menunjang Bisnis Katering

Ini beberapa alat yang wajib kamu punya jika ingin memulai bisnis katering:

1. Kompor atau stove

Peralatan paling utama yang harus kamu siapkan adalah kompor.

Kamu bisa menggunakan kompor tanam, kompor gas biasa, atau kompor listrik. Kamu juga bisa menggunakan kompor yang sudah kamu punya, apabila katering kamu masih skala rumahan.

Namun, satu hal penting yang mesti kamu ingat dalam memilih kompor adalah kualitas kompor yang tahan banting, bisa awet dalam jangka waktu yang lama, berapa jumlah tungku yang tersedia, dan juga tidak boros dalam penggunaan gas (jika menggunakan kompor gas, ya).

Jika ingin kompor katering kamu bisa bertahan lama, maka pilihlah kompor gas yang terbuat dari bahan stainless steel. Kompor jenis ini lebih tahan lama dari kompor rumah biasa.

Kamu bisa membeli kompor langsung di pasar, atau di toko peralatan dapur. Kalau ingin membeli secara online, kamu bisa coba di beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Kisaran harga kompor gas dimulai dari Rp164.000,00 hingga Rp685.000,00.

2. Wajan

Untuk wajan, pastikan kamu memiliki wajan anti lengket yang tidak mudah panas, sehingga hasil masakan pun jadi lebih optimal.

Pastikan juga ukurannya beragam, untuk proses memasak yang lebih efisien. Perbedaan ukuran tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan memasak. Misalnya, ada wajan yang untuk menggoreng, ada yang khusus untuk menumis, dan ada juga yang untuk memasak sambal.

Untuk harga, biasanya tergantung pada ukurannya. Di Tokopedia, wajan penggorengan baja super tebal dengan ukuran 80cm dan anti lengket, dibanderol dengan harga Rp940.000,00. Sementara untuk wajan ukuran 60cm merk Calypso, di Shopee bisa dibeli dengan harga Rp400.000,00.

Lakukan riset kecil-kecilan di berbagai marketplace bila kamu membutuhkan wajan yang berukuran lain ya.

3. Panci pengukus

Selain wajan, panci kukus atau pengukus juga sangatlah penting ada untuk menambah variasi menu masakan kamu.

Ukurannya bervariasi tergantung kebutuhan, dan pastinya disesuaikan dengan skala bisnis katering kamu.

Harganya tentu tergantung dengan ukuran. Di Tokopedia, kamu bisa mendapatkan panci kukus seharga Rp83.000,00 – Rp179.000.00, atau model yang tiga susun mulai dari Rp199.000.00 – Rp600.000,00.

4. Spatula set

Spatula set juga sangatlah penting dalam bisnis katering.

Ukuran dan bentuknya bervariasi, tergantung tujuan pemakaiannya. Ada spatula yang digunakan untuk membolak-balikkan masakan dalam wajan, ada juga yang digunakan untuk mengaduk. Ada juga yang fungsinya untuk menyaring gorengan dengan bentuk khasnya yang berongga. Kemudian ada juga spatula yang berbentuk cekung, yang dikenal sebagai centong, untuk mengaduk masakan berkuah, seperti bakso.

Di Tokopedia, kamu bisa mendapatkan spatula set mulai dari Rp46.000,00 – Rp279.000,00.

5. Pisau set dan talenan

Perlengkapan yang tak kalah pentingnya untuk memulai bisnis katering adalah pisau dan talenan.

Jika bisa, usahakan untuk memiliki pisau set dalam berbagai ukuran; contohnya pisau untuk memotong daging, pisau untuk bawang, sayur, buah, dan lain-lain.

Di Tokopedia kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp46.000,00 – Rp153.000,00.

Sementara itu untuk talenan juga tersedia dalam berbagai ukuran. Ukuran yang besar biasanya dipakai untuk memotong daging dan sayuran, sementara yang lebih kecil digunakan untuk memotong bumbu dapur.

Bahan talenannya bisa terbuat dari kayu atau plastik.

Tujuan memiliki jumlah talenan dan ukuran yang bervariasi adalah agar proses memasak menjadi lebih cepat, terutama bila katering kamu berskala besar, dengan jumlah tukang masak lebih dari satu orang.

Untuk harganya, talenan ada di sekitar Rp58.000,00 untuk yang terbuat dari kayu mahoni, hingga Rp158.000,00 untuk yang terbuat dari stainless steel.

6. Pelumat bumbu (food processor)

Dalam bisnis katering, kamu mungkin sudah mengenal alat pelumat bumbu, atau yang disebut dengan nama chopper. Umumnya dikenal juga sebagai food processor, dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Usahakan untuk memiliki alat ini lebih dari satu, agar memudahkan kamu dalam proses memasak.

Jika kamu menggunakan alat ulekan untuk menghaluskan bumbu-bumbu dapur seperti bawang, lengkuas, jahe, cabe, dan lain-lain, kamu bisa memilih untuk menggunakan yang terbuat dari kayu atau batu hitam. Tapi untuk menghaluskan bumbu lebih cepat, kamu mesti menggunakan yang dari batu.

Kamu dapat memperolehnya di berbagai pasar tradisional terdekat, dengan harga yang bervariasi. Biasanya harga yang dari batu hitam akan lebih mahal dibandingkan yang dari kayu. Namun jika ingin membelinya secara online, di Tokopedia kisaran harganya dibanderol mulai dari Rp40.000.00 – Rp112.000,00.

Jika ingin bumbu masakan lebih halus lagi, sebaiknya kamu menggunakan alat modern seperti blender atau food processor. Meskipun harganya akan lebih mahal dibanding alat tradisional seperti ulekan, namun pekerjaan kamu akan menjadi lebih efisien ketika menggunakannya.

Di Tokopedia sendiri kamu bisa membeli dengan harga mulai Rp170.000,00 – Rp2.580.000,00.

7. Lemari pendingin

Perlengkapan wajib lainnya yang perlu ada untuk menunjang bisnis katering kamu adalah lemari es, atau pendingin.

Kegunaannya untuk membantu mengawetkan berbagai jenis bahan makanan yang kamu siapkan untuk memasak. Ingat, semua bahan tersebut harus berada di tempat yang aman, awet, dan tahan lama agar tidak rusak dan bisnis katering kamu terhindar dari kerugian.

Ada banyak brand lemari pendingin yang recommended dan dijual di Indonesia. Contohnya di Tokopedia, kamu bisa mendapatkan kulkas satu pintu seharga Rp1.629.000,00, hingga yang empat pintu di harga sekitar sekitar Rp7.950.000,00.

8. Alat pemanggang

Biasanya menu katering oleh permintaan pelanggan tidak lepas juga dari menu panggang seperti ikan bakar, sate, ayam bakar, dan atau berbagai variasi menu lainnya.

Karena itulah, memiliki alat pemanggang di dapur bisnis katering kamu itu wajib. Jenisnya ada berbagai macam,;ada panggangan listrik, wajan pemanggang, dan ada juga yang masing menggunakan arang.

Walaupun begitu kamu dapat memilih untuk tidak memiliki semua jenisnya. Perhatikan terlebih dahulu fungsi dan kepraktiksan bila digunakan selama proses memasak di bisnis katering kamu.

Harga untuk mendapatkan satu set alat pemanggang mulai dari Rp140.000,00 – Rp475.000,00.

9. Food grinder

Bagi yang berencana menyediakan menu dessert dalam daftar menu katering, maka peralatan yang satu ini wajib ada di dapur kamu.

Grinder berfungsi sebagai alat pengaduk, dan terkadang bisa juga untuk mengolah makanan yang berbahan tepung, misalnya untuk pembuatan kue.

Dalam memilih grinder, kamu sebaiknya memilih grinder yang berkualitas dan telah bersertifikasi. Salah satu contohnya adalah food grinder Bamix dari Swiss.

Harga food grinder yang versi standar lumayan terjangkau, yaitu sekitar Rp90.000,00 – Rp500.000,00.

10. Pemanas air (water boiler)

Jika ingin menyajikan minuman hangat saat katering prasmanan, kamu butuh pemanas air otomatis atau water boiler.

Harganya sekitar Rp110.000,00 – Rp900.000, tergantung kapasitas isinya.

11. Wadah sayuran

Wadah sayuran biasanya terbuat dari stainless steel, atau plastik, dan berfungsi untuk menyiapkan bahan masakan yang akan dimasak.

Biasanya wadah ini digunakan sebagai tempat bahan masakan yang sudah diiris, kemudian disisihkan dan dipisah sebelum dimasak. Tapi bisa juga dipakai sebagai wadah untuk roti atau adonan tepung.

Di Tokopedia, wadah ini bisa didapat harga sekitar Rp7.000,00 – Rp65.000,00. Ada juga model wadah yang memiliki laci-laci penyimpanan sendiri, dengan harga mulai dari Rp120.000,00 – Rp220.000,00.

12. Juicer

Banyak dari jasa katering memilih menyediakan minuman segar, seperti jus buah.

Biasanya jus yang disediakan adalah racikan khas dari dapur sendiri. Karena itulah, kamu juga mungkin memerlukan alat yang dapat membantu menjaga kualitas buah, seperti juicer.

Juicer yang dipilih pun haruslah yang memiliki kualitas material yang bagus. Salah satu merk juicer yang recommended adalah Slow Juicer Silver HW-SBE18W Drum Set dari Hurom.

Harga juicer versi standar ada di sekitar Rp315.000,00 – Rp1.400.000,00.

13. Alat saringan

Penyaring, atau alat saringan, berfungsi untuk membersihkan bahan makanan, mulai dari sayur hingga daging.

Ukurannya pun bervariasi, dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan pemakaian.

Biasanya alat ini dibuat dari bahan plastik atau dari bahan stainless steel.

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp21.000,00 hingga Rp45.000,00.

14. Microwave dan oven

Sebenarnya, alat yang satu ini tidak terlalu krusial, terutama bagi pemilik bisnis katering yang masih pemula.

Pasalnya, microwave & oven memiliki fungsi yang hampir mirip dengan alat pengukus & pemanggang, seperti yang telah disebutkan di atas.

Namun bila kamu ingin menyiapkan variasi menu masakan misalnya untuk dessert, maka salah satu atau kedua alat ini wajib ada di dapur bisnis katering kamu.

Di marketplace, kamu bisa mendapatkannya mulai di harga sekitar Rp850.000,00 – Rp6.800.000,00.

. . .

Demikianlah beberapa peralatan yang sebaiknya kamu siapkan sebelum memulai bisnis katering.

Semua peralatan di atas bisa kamu pilih dulu sesuai modal awal dan kebutuhan bisnis katering kamu.

Selamat mencoba ya!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​