Home » Strategi Bisnis » 6 Rahasia Sukses dari Brand Bisnis Katering Terkenal

6 Rahasia Sukses dari Brand Bisnis Katering Terkenal

6 Rahasia Sukses dari Brand Bisnis Katering Terkenal

Banyaknya event dan acara yang memerlukan makanan dalam jumlah besar dan lezat menjadi prospek emas bagi menjamurnya bisnis katering. Rahasia sukses dari brand dan pemilik bisnis katering terkenal bisa menjadi syarat mutlak apabila kamu berencana menggeluti bisnis ini. 

6 Rahasia Sukses dari Brand Bisnis Katering Terkenal

Keberhasilan pelayanan produk dan jasa dalam bisnis katering tentu memerlukan strategi yang tepat dan jitu agar pelanggan atau konsumen selalu tertarik kembali untuk memesan. Berikut ini ada enam rahasia sukses dari brand bisnis katering terkenal yang bisa kamu tiru:

Kolaborasi dengan Partner atau Tim yang Kredibel

Bisnis katering Berrykitchen yang kini telah diakuisisi oleh Yummykitchen, awalnya dibangun oleh Cyntia Tenggara. Hal tersebut diungkapkan oleh channel Youtube Kebun Design yang memaparkan bahwa Berrykitchen merupakan bisnis yang berkolaborasi dengan orang-orang yang pemiliknya percaya. 

Faktor utamanya adalah karena pemiliknya tidak mempunyai skill memasak. Ketika mencari partner pun, prosesnya tidaklah mulus. Karena Cyntia Tenggara pernah mengalami penolakan oleh 9 chef. 

Namun, tanpa menyerah ia tetap mencari chef kesepuluh yang akhirnya bersedia untuk berkolaborasi dalam bisnisnya sampai saat ini. Keinginan untuk berkolaborasi dengan tenaga profesional merupakan hal penting bagi kamu dalam membangun bisnis.

Buat Sistem yang Mudah

Berrykitchen merupakan bisnis katering dengan sistem pemesanan mudah dan efektif. Sebagaimana dijelaskan oleh youtube Kebun Design dalam melakukan pemesanan dapat dilakukan online oleh pelanggan, kebebasan dalam pemilihan menu, tidak memiliki syarat minimum order, serta biaya pengantaran.

Sehingga, membuat konsumen tertarik dan berpeluang besar untuk melakukan pemesanan ulang. 

Tidak Pantang Menyerah dan Selalu Berinovasi

Selalu memperbaharui inovasi dan tidak mudah menyerah juga merupakan salah satu rahasia sukses dalam membangun brand bisnis katering. Dijabarkan oleh Ibu Irma dalam channel youtube Dari Rumah, inovasi dalam usaha katering dengan nama brand d’vanillacatering ditopang dengan kemampuan teknik memasak yang baik. 

Ibu Irma menjelaskan teknik memasak kering kentang adalah rendam dengan air kapur terlebih dahulu. Inovasi kering kentang Ibu Irma merupakan buah dari rasa tidak pantang menyerah menjawab tantangan klien atau pengguna jasa katering.

Sehingga yang mulanya hanya sebagai lauk pauk dalam menu katering merambah sebagai andalan usaha sampingan kering kentang kemasan yang laris saat orderan katering sepi ketika pandemi.

Persiapkan Modal Awal 

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam membangun suatu bisnis diperlukan modal yang tidak sedikit. Contohnya, Cyntia Tenggara tidak ragu untuk menguras isi tabungannya sebesar Rp 70 juta.

Modal ini keseluruhannya dialokasikan untuk memulai bisnis katering Berrykitchen, dimana ia membagi Rp 50 juta untuk modal awal katering dan Rp 20 juta untuk biaya operasional. 

Seperti disebutkan pada poin awal bahwa Berrykitchen menerapkan kolaborasi dan sistem yang mudah yang menyebabkan omset tahun 2019 mencapai Rp 16 juta per bulan dari modal awal Rp 70 juta. 

Riset Pasar

Analisis bisnis katering didahului dengan melihat kebutuhan di pasar, seperti dipaparkan William Susilo Yunior, Co-founder dan Chairman Gorry Gourmet dalam channel youtube CNBC Indonesia. Lalu, pertimbangkan kebutuhan yang dibutuhkan tersebut bersifat sesaat atau berkesinambungan. 

William juga menjelaskan dalam proses screen dalam pangsa pasar bisnis katering atau F&B terdiri size the market (growth, kompetisi). Informasi mengenai size the market berfungsi dalam melihat dimana letak white space dari bisnis kamu. 

White space ini menggambarkan sejauh mana bisnis memiliki diferensiasi dengan kompetitor pada segmen tersebut untuk kemudian menentukan perangkat inovasi yang dibangun. 

Apabila telah selesai menilai riset pasar, maka kamu harus melanjutkan membuat prototype atau disebut pula makanan tester. William Susilo Yunior dalam web CNBC Indonesia juga memaparkan bahwa makanan tester dapat ditujukan pada orang yang dikenal maupun tidak. 

Hal terakhir yang dipertimbangkan oleh William setelah menentukan prototype dan modifikasinya, maka perlu menentukan cost atau harga yang kompetitif. 

Kesuksesan bisnis Gorry Gourmet berdasarkan video profil Gorry Gourmet, yaitu pada tahun 2018 saja sudah memiliki lebih dari 100.000 member Gorry Community Members. 

Kesuksesan lainnya, yaitu membantu orang dengan kebutuhan diet sehat dan berhasil menurunkan lebih dari 35.000 kg pengurangan lemak tubuh tahun 2018.

Lakukan Promosi

Channel youtube Le’ Toen  mengungkapkan bahwa tanpa promosi yang baik dan optimal, maka bisnis katering milikmu akan sulit dikenal banyak orang. Lakukan promosi melalui media Facebook, Instagram, hingga membuat blog untuk memperluas jangkauan dan jaringan kepada calon pengguna jasa katering. 

Promosi yang kamu lakukan dapat dikreasikan dengan metode endorse dari influencer agar jangkauan pemasaran bisa menyentuh lebih banyak orang. 

Misalnya, Umara Catering mempromosikan melalui website dan Instagram (feed utama maupun metode promosi oleh artis atau selebritis). Kesuksesannya, yaitu telah dipercaya oleh berbagai institusi mulai dari Kominfo, British Council, BNI, BRI, Mandiri, Telkomsel, Pertamina, hingga Garuda.

Siap Terapkan Rahasia Sukses Bisnis Katering?

Nah itulah enam rahasia sukses dari brand bisnis katering terkenal. Kiat dan pelajaran itu tentunya dapat kamu terapkan untuk bisnis katering milikmu. Perpaduan antara penerapan yang tepat dengan inovasi khas dari bisnis milikmu akan menarik konsumen.

Sehingga menyebabkan peningkatan omset serta kepopuleran brand bisnismu. Yuk, jangan takut mencoba dan belajar, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​