Home » Strategi-bisnis » 4 Tips Memilih Alat Katering Berkualitas dengan Tepat

4 Tips Memilih Alat Katering Berkualitas dengan Tepat

4 Tips Memilih Alat Katering Berkualitas dengan Tepat

Alat katering berkualitas merupakan bagian paling penting dalam menjalankan bisnis katering. Mengapa bisnis katering harus menggunakan peralatan yang berkualitas? Lalu, bagaimana tips memilih alat katering berkualitas yang benar? Yuk, cari tahu semua jawabannya hanya di artikel ini!

4 Tips Memilih Alat Katering Berkualitas

Agar tidak salah pilih, berikut empat tips memilih alat katering berkualitas yang bisa kamu lakukan:

Peralatan Sesuai dengan Standar Kesehatan

Alat katering berkualitas harus sesuai dengan standar kesehatan. Peralatan-peralatan tersebut meliputi sendok, garpu, piring, gelas, dan wadah penyimpanan lainnya.

Pastikan peralatan tersebut menggunakan bahan baku yang aman dan tidak mudah terkontaminasi dengan makanan. Contoh bahan baku yang aman dan sesuai dengan standar kesehatan, antara lain stainless steel, kaca, hingga keramik.

Ciri-ciri peralatan katering berbahan stainless steel yang aman seperti:

  • Peralatan katering cenderung tebal dan kokoh.
  • Terlihat mengkilap dan tidak kusam.
  • Mudah dibersihkan.
  • Terdapat anti karat.

Umumnya bisnis katering menggunakan peralatan stainless steel. Selain aman, stainless steel juga memiliki daya tahan cukup lama atau awet. Sehingga pengeluaran bisnis katering kamu lebih hemat.

Harga peralatan katering yang terbuat dari bahan stainless steel sekitar Rp 55 ribu per satuan dengan ukuran 34 cm x 28 cm x 6 cm. Ini adalah ukuran standar sebuah wadah penyimpanan makanan pada bisnis katering.

Peralatan dengan Fitur Hot Pot

Hot pot merupakan fitur yang paling banyak direkomendasikan untuk melengkapi peralatan katering. Sebab, fitur satu ini sangat berkualitas dalam menjaga kualitas makanan agar tahan lama atau tidak cepat basi.

Tidak hanya itu, peralatan katering dengan fitur hot pot ini juga cocok untuk menyimpan makanan yang perlu dipanaskan. Dengan alat ini, proses pemanasan makanan akan lebih mudah dan tidak membuang banyak waktu.

Contoh peralatan katering yang memiliki fitur hot pot adalah Roll Top Hotel Round Chafing Dish. Alat ini menggunakan bahan baku stainless steel, sehingga tahan lama dan kuat. Jenis hot pot satu ini juga sudah dilengkapi anti karat dan mudah saat dibersihkan.

Selain desainnya yang cantik, pemanas makanan ini juga memudahkan kamu saat memanaskan makanan dengan cepat. Keberadaan kompor di bawah alat pemanas ini akan menjaga makanan selalu hangat dan tidak cepat basi.

Kapasitas dari Roll Top Hotel Round Chafing Dish ini mencapai 6,8 liter. Harga satuannya bisa mencapai Rp 950 ribu. Meski tergolong mahal, alat ini sangat layak untuk kamu miliki, karena dibekali fitur dan menggunakan bahan baku berkualitas.

Awet dan Tahan Lama

Tips memilih alat katering berikutnya adalah memperhatikan daya simpan dan daya gunanya. Tidak semua bahan katering yang aman memiliki daya tahan yang lama, seperti tembikar.

Di antara semua bahan peralatan katering yang aman, bahan aluminium atau stainless steel memiliki tingkat keawetan yang cukup baik.

Tidak hanya itu, keunggulan lain dari bahan stainless steel adalah mudah dibersihkan. Yup, bisnis katering makanan memang akan berhubungan dengan beragam jenis masakan. Salah satunya masakan berlemak yang cukup sulit untuk dibersihkan.

Dengan menggunakan peralatan katering dari bahan aluminium, bekas makanan berlemak tersebut akan mudah dibersihkan.

Tampilan dari peralatan stainless steel ini juga terkesan mewah dan profesional. Hal ini akan semakin menjadi daya tarik konsumen untuk menggunakan jasa katering milikmu untuk acara-acara formal seperti pernikahan.

Memilih Supplier yang Benar

Terakhir adalah memilih supplier atau penjual peralatan katering yang tepat. Pilihlah supplier yang sudah memiliki track record baik dari pelanggannya. Hal ini bisa kamu lihat melalui website atau toko online mereka yang ada di e-commerce.

Pilih toko yang mendapatkan rating atau penilaian di atas 4.7. Kemudian, bacalah ulasan-ulasan dari para pembeli. Perhatikan bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan pembeli, cara mereka mengemas produk katering, dan tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan masalah.

Agar lebih menghemat, kamu bisa memilih toko yang menyediakan peralatan katering lengkap. Biasanya toko tersebut akan menjual peralatan katering dalam bentuk satu set. Contohnya, ARZ Store di Lazada.

Dalam satu set, kamu akan mendapatkan 5 buah fast food berbentuk kotak, 5 sendok kerang, 1 sendok sup, dan 1 buah warmer stove untuk sup. Harga satu set peralatan katering ini berkisar Rp 2 juta – Rp 3 juta.

Pentingnya Memilih Alat Katering Berkualitas

Peralatan dalam bisnis katering menjadi poin utama bagi pelanggan untuk memberikan penilaian. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu memilih alat katering berkualitas, di antaranya:

  • Menjaga kualitas makanan: Alat katering yang berkualitas otomatis lebih efektif untuk menjaga kualitas makanan-makanan di dalamnya. Contoh, alat katering yang kedap udara bisa menjaga makanan tetap fresh dan tidak cepat basi.
  • Lebih menyehatkan: Peralatan katering yang berkualitas biasanya tidak mengandung bahan berbahaya yang bisa memicu timbulnya penyakit, seperti pencernaan, asma, bronchitis, hingga kanker.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen: Bisnis katering tidak hanya dinilai berdasarkan pelayanan dan cita rasa masakannya saja. Kualitas peralatan yang digunakan juga akan membantu bisnis katering milikmu mendapat kepercayaan penuh dari konsumen.

Dengan adanya kepercayaan ini, secara tidak langsung brand dari bisnis katering milikmu akan semakin berkembang dan terkenal. Bahkan tidak jarang konsumen-konsumen tersebut akan kembali menggunakan jasa katering milikmu.

Yuk, Pilih Alat Katering yang Berkualitas Sekarang Juga!

Itulah empat tips memilih alat katering berkualitas yang bisa kamu coba sekarang juga. Tunggu apalagi? Selamat mencoba, ya!


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Tips Memilih Alat Katering Berkualitas dengan Tepat

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​