Home » Strategi-bisnis » 8 Cara Membangun Bisnis Kosmetik, Lengkap Untuk Pemula!

8 Cara Membangun Bisnis Kosmetik, Lengkap Untuk Pemula!

8 Cara Membangun Bisnis Kosmetik, Lengkap Untuk Pemula!

Peran kosmetik tanpa disadari telah menjadi bagian dari keseharian kita.

Mulai dari penggunaan riasan, hinggga ke perawatan kulit & rambut, semua tak lepas dari fungsinya untuk menyempurnakan penampilan agar tetap menawan sesuai usia.

Tren di dunia kosmetik juga kian berkembang seiring berjalannya waktu. Kini kita melihat semakin banyak pilihan produk, mulai dari brand lokal hingga ke produk-produk internasional yang menawarkan manfaat & keunggulan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Melihat potensi dan tingginya minat masyarakat akan kebutuhan kosmetik, ternyata telah membuka peluang tersendiri untuk mengembangkan bisnis yang satu ini.

Jika kamu menyukai dan tertarik ingin menjalani bisnis kosmetik, di bawah ini adalah beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan agar bisnismu mulai berjalan dengan lancar. Simak cara berikut ini, ya!

 

8 Cara untuk Memulai Bisnis Kosmetik Kamu

1. Tentukan jenis bisnis kosmetik yang akan kamu jalani

Perlu kamu ketahui sejak awal bahwa cakupan industri kosmetik sebenarnya sangat luas. Lini bisnis ini tidak terpaku kepada penjualan produk-produk kecantikan saja, tetapi juga meliputi aktivitas bisnis di klinik kecantikan, salon, dan spa, hingga ke profesi individual seperti make-up artists.

Hal yang harus kamu lakukan adalah memilih bidang kecantikan yang ingin kamu fokus jalani.

Maka, selanjutnya akan lebih mudah untuk memulai persiapan dan perencanaan berikutnya.

 

2. Riset pasar dan tren kecantikan yang sedang berkembang

Saat kamu memutuskan untuk memulai berbisnis kosmetik, penting untuk melakukan riset pasar dan mengamati tren kecantikan terkini. Contohnya, memperhatikan perkembangan pada produk-produk kecantikan seperti lipstick, foundation, produk-produk skincare, toner, pelembab, sampai dengan face wash.

Tren ini bisa dijadikan semacam acuan agar kamu bisa menciptakan produk yang dibutuhkan saat ini; apakah ingin produk yang memiliki khasiat yang sama, atau justru memberikan inovasi yang baru dari produk yang sudah ada?

Misalnya, seperti produk-produk kosmetik dari Korea Selatan yang kini sedang lumayan banyak beredar di pasaran. Keunggulannya adalah pengguna produk tersebut bisa tampil menawan, hanya dengan riasan simpel bernuansa natural, tetapi memberikan efek glowing. Apakah kamu berencana untuk menciptakan produk yang sama, atau mengembangkan keunggulan dari produk kosmetik tersebut?

 

3. Tentukan target market yang ingin dituju

Saat akan menciptakan sebuah produk atau brand kecantikan, sangat penting untuk menentukan target market atau target audience yang ingin dituju.

Apakah kamu memilih target market untuk remaja, dewasa atau keduanya?

Hal ini perlu menjadi perhatian karena kebutuhan untuk menjaga kecantikan di masing-masing usia tersebut berbeda. Bagi mereka yang usia dewasa membutuhkan kosmetik yang memiliki formula anti-aging agar penampilan tetap menawan, mulai dari krim pagi sampai dengan serum.

Sedangkan bagi usia remaja membutuhkan produk yang formulanya lebih ringan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas jerawat.

 

4. Tentukan brand dan logo yang mudah dikenali

Ketika memutuskan untuk membangun branding dari bisnis kamu, coba berikan nama brand yang sesuai dan sejalan dengan tujuanmu.

Kamu bisa menciptakan nama brand yang bernuansa lokal, maupun internasional, agar mudah dikenali oleh konsumen, serta menjadi pembeda di antara para kompetitor. Setelah menemukan nama yang sesuai, ciptakan logo yang menarik dan paling mewakili citra brand yang ingin kamu kembangkan.

 

5. Mengurus perizinan dan hak cipta untuk produk-produk kosmetik

Langkah selanjutnya adalah mengikuti prosedur untuk mengurus proses perizinan dan hak cipta produk kamu.

Selain membuat produk yang berkualitas dan aman untuk digunakan, penamaan produk kamu juga penting sebagai identitas dari brand tersebut, dan juga untuk membangun kepercayaan konsumen.

Karena jika sudah didaftarkan, maka tidak akan ada pihak lain yang bisa menggunakan nama yang sama karena sudah dilindungi secara hukum.

 

6. Prioritaskan keamanan produk

Bahan-bahan yang terkandung kosmetik dalam produk wajib memenuhi standar keamanan, dan sesuai dengan rekomendasi BPOM. Lakukan uji produk terlebih dahulu sebelum dipasarkan dan diproduksi secara massal.

Pastikan jangan sampai ada bahan-bahan yang tidak dianjurkan terdapat dalam produk kosmetikmu.

 

7. Manfaatkan potensi media sosial untuk promosi

Jika produk sudah siap dirilis, maka bisa langsung dipromosikan lewat media sosial. Maksimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram, Twitter, Tiktok dan Facebook sebagai media promosi untuk memperkenalkan ragam produk yang akan kamu pasarkan. Ajak audience-mu untuk mengenal lebih dalam dengan brand kamu melalui postingan-postingan yang sifatnya informatif dan interaktif.

 

8. Berkolaborasi dengan influencers dan beauty bloggers

Setelah mempromosikan bisnis di awal, bagaimana jika kamu ingin bisnis kosmetikmu semakin dikenal oleh publik, terutama di kalangan beauty enthusiasts?

Kamu bisa coba untuk mulai berkolaborasi dengan influencers atau beauty bloggers di bidang kecantikan. Biasanya mereka ini adalah key opinion leaders di bidangnya, dan memiliki audience yang cukup besar.

Ajak mereka berkolaborasi untuk memperkenalkan produkmu melalui sosial media. Contoh-contoh kolaborasi yang bisa dijalankan seperti membuat konten produk untuk diposting melalui feed di media sosial, membuat video tutorial make-up, atau bisa juga tentang keseharian influencer tersebut saat menggunakan produk-produk dari brand kamu.

Pastikan peran dan keterlibatan mereka memberikan dampak positif untuk kemajuan bisnis kosmetik kamu, misalnya untuk meningkatkan jumlah followers dan/atau engagement.

. . .

Demikan beberapa cara yang jitu untuk memulai sebuah bisnis kosmetik.

Jadi, apakah sudah siap memulai bisnis kosmetik kamu?

Selamat mencoba!

 


 

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
8 Cara Membangun Bisnis Kosmetik, Lengkap Untuk Pemula!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​