Home » Strategi-bisnis » 9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Kosmetik

9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Kosmetik

9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Kosmetik

Ketika ingin mengenal brand kosmetik tertentu, langkah pertama apakah yang perlu kamu lakukan?

Tentunya adalah mencari tahu tentang detail produk tersebut, bisa dari situs resminya, atau dari media sosial.

Nah, kalau kamu perhatikan dari beragam media sosial, seringkali Instagram menjadi pilihan utama untuk memperkenalkan produk, branding, dan promosi, karena fiturnya yang bervariasi.

Biasanya, kesan pertama terhadap sebuah brand kosmetik bisa dilihat dari profil akun, unggahan gambar atau foto di feed, dan tentunya juga dari jumlah followers.

Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menambah jumlah followers dan meningkatkan engagement di akun Instagram bisnis kamu.

Simak 9 caranya di bawah ini:

9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Kamu

1. Fokus dengan produkmu

Ketika menjalankan bisnis kosmetik seperti produk skincare atau make-up, kamu perlu menunjukkan identitas tentang produk tersebut kepada followers.

Namun, penggambaran identitas produk ini tidak sekedar untuk memperkenalkan produk tersebut saja, tapi juga bisa menjelaskan bagaimana manfaat, keunggulan, dan hal-hal positif lainnya yang bisa mereka dapatkan jika menggunakan produk-produk kamu.

2. Unggah foto terbaik, dan berikan caption yang berkesan

Unggah foto dengan hasil terbaik, danhindari mengunggah foto yang terlalu simpel atau tidak rapi, karena bisa mempengaruhi citra dari brand kamu.

Persiapkan perencanaan yang matang untuk pengambilan gambar, seperti pencahayaan yang tepat, komposisi warna, dan framing yang baik.

Agar konten tersebut semakin bermakna, berikan caption yang informatif dan bisa membuat followers semakin mengenal brand kamu.

Misalnya, bisa dijelaskan tentang manfaat produk, atau bisa juga dengan berbagi tips seputar kecantikan, yang tentunya sejalan dengan identitas brand.

3. Memilih waktu posting yang tepat

Persiapkan terlebih dahulu materi yang dibutuhkan seperti foto, teks, dan tagarnya untuk diunggah. Kemudian tentukan jadwal posting di feed dengan tema yang konsisten.

Pilihlah waktu yang terbaik untuk mengunggah gambar, misalnya dalam sehari kamu menetapkan waktu posting sebanyak 4 kali, yaitu pagi, siang, sore, dan malam.

Agar lebih teratur dan terarah, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk menjadwalkan atau mengingatkan waktu posting.

4. Buat tagar, atau hashtag, yang unik dan menarik

Ciptakan tagar atau hashtag yang unik & menarik, karena sangat penting untuk kegiatan promosi, dan memudahkan audience untuk melakukan pencarian brand atau akun kamu nantinya.

Perlu diingat dalam setiap unggahan, biasanya ada batas maksimal penggunaan tagar. Jadi pergunakan tagar yang ada sebaik dan seunik mungkin, ya.

Lakukan survey sebelumnya untuk menghasilkan tagar yang paling pas untuk mewakili produkmu.

Jika sedang merintis bisnis kosmetik, dianjurkan untuk tidak memilih terlalu banyak tagar yang telah digunakan di banyak foto.

Sebagai contoh, tagar yang termasuk kategori umum seperti #skincare. Maka, disarankan untuk memilih tagar yang lebih spesifik, misalnya #cleanbeauty atau #botanicalbeauty agar bisa lebih fokus dan mempermudah pencarian brand kamu.

5. Jadilah top 9

Saat melihat tagar, kamu akan melihat 9 foto terpopuler teratas untuk tagar tertentu pada saat itu.  Jika tagar yang kamu gunakan bisa kena tepat pada sasaran, dan masuk ke daftar top 9, maka brand kamu berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak followers.

Perhatikan algoritma instagram untuk melihat dinamikanya, khususnya tagar untuk produkmu.

6. Bekerjasama dengan influencer atau brand ambassador

Bekerjasama dengan influencer atau menggunakan brand ambassador yang memiliki banyak audience, bisa menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan jumlah followers dari brand kamu.

Hal ini lebih efektif, karena influencer maupun brand ambassador biasanya memiliki audience, atau followers, yang sesuai dengan target audience dari produk & bisnis kamu.

7. Ciptakan promosi dengan sesi interaktif, seperti Giveaway

Kamu bisa buat promosi yang memiliki interaksi lebih dengan audience dengan mengadakan kegiatan giveaway. Persiapkan persyaratannya yang sebaik mungkin, dan berikan hadiah yang menarik bagi para followers.

Nah, jangan lupa untuk ajak mereka follow Instagram kamu, dan tag teman-teman mereka untuk mendapatkan produk promosi.

8. Manfaatkan potensi Instagram Live

Kamu juga bisa menggunakan fitur Instagram Live untuk berinteraksi dengan para followers dan mengenalkan produk-produk secara virtual dan real-time. Kamu bisa memanfaatkan panel siaran ini ketika merilis bisnis kosmetik kamu pertama kali.

Ke depannya, supaya lebih beragam, kamu juga bisa mengundang beauty bloggers, pakar kecantikan, dokter kulit, atau bahkan beberapa konsumen yang loyal, dalam sebuah diskusi lewat Instagram Live.

9. Rangkum setiap unggahan story dalam highlights

Selain Instagram Live, kamu juga dapat mengatur & merangkum unggah story untuk mempromosikan produk, dan juga memberikan informasi seputar bisnis kosmetik kamu dalam fitur highlights.

Hal ini dikarenakan unggahan story hanya bisa dilihat selama 24 jam saja, dan kumpulan story dalam highlights bisa memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para followers, dan juga dapat dilihat kapan saja.

Jangan lupa membuat kumpulan story dan mengelompokkannya dalam highlights yang sesuai ya.

. . .

Itulah beberapa cara simpel untuk menaikkan followers Instagram bisnis kamu, dan juga meningkatkan engagement. Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
9 Cara Menaikkan Followers Instagram untuk Bisnis Kosmetik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​