Home » Strategi-bisnis » Tips Jitu Mencari Bahan Baku Kosmetik Berkualitas

Tips Jitu Mencari Bahan Baku Kosmetik Berkualitas

Tips Jitu Mencari Bahan Baku Kosmetik Berkualitas

Di dalam membangun bisnis kosmetik, bahan baku utama berpengaruh penting agar produk dapat laku terjual. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara mencari bahan baku kosmetik berkualitas sebelum memproduksi makeup.

Jellinex mendefinisikan kosmetologi adalah ilmu pengetahuan yang menggabungkan hukum-hukum fisika, kimia, biologi, dan mikrobiologi tentang seluk beluk bahan kosmetika. Hal ini termasuk cara pembuatan, penyimpanan, dan cara penggunaan bahan.

Tips Mencari Bahan Baku Kosmetik Berkualitas

Bahan baku kosmetik berkualitas menjadi poin penting dalam berbisnis makeup. Berikut beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan bahan baku kosmetik berkualitas bagus:

1. Mencari Supplier Terpercaya

Ketika mencari bahan baku kosmetik berkualitas, kamu perlu mencari supplier yang terpercaya. Sekarang ini mencari supplier sangat mudah, bisa dari kenalan rekan, online melalui web perusahaan, bahkan dari e-commerce. Tetapi, bagaimana cara mengetahui jika supplier yang kamu kontak adalah terpercaya?

Beberapa tips mencari supplier terpercaya bisa kamu lakukan dengan memperhatikan beberapa hal. Mulai dari track record, memperhitungkan kemampuan supplier untuk menyelesaikan pesanan, dan memperhatikan konsistensi dalam memenuhi pesanan.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi perusahaan yang memberikan layanan sebagai supplier bahan baku kosmetik berkualitas:

PT. Narda Tita

Narda Tita berdiri di tahun 1982, yang menjadi bagian dari Messrs Wilhelm Welzien & Co. Produk yang ditawarkan tidak hanya bahan baku kosmetik saja, tetapi juga farmasi dan bahan makanan. Beberapa produknya juga sudah bekerja sama dengan Dupont, Jiangxi Energy, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin menghubungi kontaknya, kamu bisa menelpon nomor +622150636888 atau meninggalkan pesan melalui website PT. Narda Tita.

PT. Mitra Tsalasa Jaya

Selain dari website perusahaan, kamu bisa menemukan supplier bahan baku berkualitas dari website supplier. Contohnya, PT. Mitra Tsalasa Jaya yang menawarkan jasanya di indotrading.com.

Mitra Tsalasa Jaya menawarkan bahan baku kosmetik bersifat kimia, seperti lactic acid, glutamic acid, dan bahan kimia lain. Jika ingin bekerja sama, kamu bisa menghubungi nomor +6285819523339 melalui telepon.

CV. Cipta Anugerah Bakti Mandiri

Terakhir, supplier bahan baku kosmetik yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu adalah CV. Cipta Anugerah Bakti Mandiri. Perusahaan tersebut sudah terverifikasi menjadi supplier dan menyediakan bahan baku kosmetik seperti witch hazel, hydroxypropyl methylcellulose, carnauba wax, dan lain sebagainya.

Apabila kamu tertarik, kamu bisa menghubungi nomor +6281937652420 melalui Whatsapp. Beberapa produknya dapat kamu cek melalui website.

Selain mendapatkan informasi supplier dari website perusahaan, kamu juga bisa mencari bahan baku kosmetik berkualitas dari marketplace. Contohnya, dari laman Alibaba atau Tokopedia. Kamu bisa mencari dengan kata kunci cosmetic raw material atau bahan baku kosmetik.

2. Menggunakan Bahan Baku Alami

Selain memilih supplier terpercaya, hal yang perlu diperhatikan dalam mencari bahan baku kosmetik berkualitas adalah pemilihan material itu sendiri. Contohnya, apakah kamu akan menggunakan bahan baku kimia atau bahan baku alami?

Menggunakan bahan baku alami dapat menjadi pertimbangan untukmu karena memiliki beberapa kelebihan. Contohnya, seperti mengurangi paparan kulit dari bahan kimia yang berlebihan, lebih aman untuk kulit, dan trend clean beauty yang bisa membantu kamu memasarkan produk.

Clean beauty adalah konsep yang berkembang di masyarakat untuk menggunakan bahan baku alami dan mengedepankan keamanan produk dari segi material. Selain itu, produk clean beauty juga ramah terhadap lingkungan. 

Beberapa contoh bahan kosmetik alami adalah minyak kelapa, shea butter, alpukat, madu, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mencari supplier bahan baku kosmetik berkualitas dan alami, Nose Herbalindo adalah salah satunya. 

Mereka memiliki spesialisasi dalam pembuatan bahan baku kosmetik alami seperti minyak kelapa, alpukat, essential oil lemon, dan lain sebagainya.

3. Pastikan Menggunakan Bahan Baku Tersertifikasi

Terakhir, sebelum memutuskan memilih bahan baku kosmetik, pastikan material yang kamu gunakan sudah tersertifikasi. Hal ini cukup penting, karena dapat mempengaruhi citra brand yang akan kamu bangun.

Selain mendapatkan sertifikat dari BPOM, akan lebih baik jika kamu bisa mendapatkan sertifikasi halal pada produk kosmetik kamu. Perihal persyaratan sertifikat produksi kosmetika, ada banyak dokumen yang perlu kamu persiapkan. Beberapa diantaranya dapat kamu cek melalui laman dinas pmptsp berikut.

Tidak hanya sertifikasi dari Indonesia saja, jika produk kosmetikmu mendapatkan sertifikasi dari organisasi dari luar negeri akan lebih baik. Contohnya, label cruelty free dari People for the Ethical Treatment of Animals atau PETA atau organisasi Cruelty Free International.

Apabila kamu membutuhkan jasa untuk mengurus legalitas pada produk kosmetik yang sudah kamu produksi, ada layanan dari legalitas.com untuk mengurus jasa sertifikasi di BPOM.

Khusus produk dari material alami, ada jasa sertifikasi dari Biorus sebagai perusahaan yang melakukan uji kosmetik. Beberapa layanan yang bisa kamu dapatkan adalah sertifikasi vegan, aman untuk batu karang, menggunakan material organik, dan sebagainya.

Pentingnya Bahan Baku Kosmetik Berkualitas

Nah, itu dia beberapa tips penting dalam mencari bahan baku kosmetik berkualitas. Mengingat bahan baku menjadi poin penting dalam bisnis kosmetik. 

Maka kamu harus mencari bahan terbaik untuk menghasilkan produksi make-up yang disukai masyarakat. Pastikan juga produk kosmetik yang kamu produksi sudah bersertifikat resmi.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Jitu Mencari Bahan Baku Kosmetik Berkualitas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​