Home » Strategi Bisnis » Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Kosmetik

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama Bisnis Kosmetik

Di dalam aktivitas bisnis, promosi memiliki banyak bentuk, salah satunya dalam bisnis kosmetik. Para pelaku bisnis di bidang tersebut wajib mengenal bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama. Tujuannya agar produk kamu tetap menjadi pilihan utama bagi mereka.

Di sisi lain, promosi tidak hanya sekedar mengenalkan barang saja. Membuat promosi membutuhkan rencana dan pengamatan. Kami akan menjelaskan apa saja bentuk-bentuk promosi yang cocok untuk produk kosmetik kamu. Jadi silakan simak artikel ini hingga selesai.

Tujuan Promosi dalam Bisnis kosmetik

Sebelum kami paparkan bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama, kami paparkan lebih dulu mengenai tujuan promosi. 

Perlu kamu ketahui, memberikan informasi merupakan salah satu tujuan promosi yang membantu untuk mengenalkan manfaat dan keunggulannya. Selain itu juga memiliki tujuan lain sebagai berikut:

Mengubah Sudut Pandang dan Tingkah Laku Customer

Promosi sejatinya digunakan sebagai aktivitas atau kegiatan untuk mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap produk kosmetik milikmu. 

Customer yang sudah melihat promosi sebuah produk, diharapkan bisa tertarik untuk membeli.

Membentuk Citra yang Baik di Benak Pelanggan

Promosi juga dikenal dengan istilah branding. Pasalnya, promosi yang baik dan benar bisa membantu mengenalkan brand milikmu kepada para pelanggan hingga mengingatnya dengan baik.

Bersaing dengan Kompetitor

Mempromosikan produk kosmetik milikmu juga merupakan suatu kegiatan agar produk kamu bisa bersaing dengan kompetitor. Karena seperti yang kamu ketahui, perang promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang sudah ada sejak lama.

Membantu Meningkatkan Keuntungan

Tujuan yang paling penting dari promosi yaitu untuk meningkatkan keuntungan. Promosi digunakan sebagai cara untuk meraup keuntungan yang lebih tinggi. 

Dengan promosi, banyak masyarakat yang akhirnya mengenal produk kamu baik dari segi manfaat maupun keunggulan.

Mendapatkan Calon Customer Baru

Selanjutnya, promosi memiliki tujuan untuk mengubah pandangan customer baru terhadap produk milikmu. Itu artinya, promosi juga bisa membantumu untuk mendapatkan calon customer baru.

Menyebarkan Informasi

Selain memaparkan informasi, promosi juga bertujuan untuk menyebarkan informasi. Informasi berupa hal-hal penting seputar keunggulan, manfaat, dan lain-lain. Dengan begitu, customer akan mengenal produkmu secara detail.

Bentuk-Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru dan Lama

Ada beberapa bentuk promosi yang dapat kamu implementasikan dalam bisnis kosmetik. Berikut kami sudah merangkum beberapa bentuknya yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan strategi promosi.

Promosi Tradisional

Kami akan memulai dari yang paling jadul namun tetap dipakai hingga saat ini. Traditional marketing seperti menggunakan media cetak berbentuk koran, papan reklame, brosur dan lainnya masih tetap populer hingga kini.

Promosi tradisional juga meliputi TV dan juga radio. Bentuk pengiklanan ini juga bisa menjangkau area yang luas. Namun sayangnya, jika ingin jangkauan yang lebih luas, kamu harus menyiapkan biaya yang besar, salah satunya seperti mengiklankan produk melalui stasiun TV.

Promosi Digital

Pemasaran digital atau digital marketing berhasil mengubah cara promosi menjadi lebih mudah dan murah. Hadirnya platform seperti website hingga social media bisa membantu para pelaku bisnis mempromosikan produknya menjadi lebih luas.

Saat ini, promosi digital menjadi strategi wajib untuk mengenalkan brand. Kamu bisa menggunakan berbagai platform mulai dari website, Instagram, TikTok, dan lainnya untuk berpromosi.

Bentuk-bentuk promosi digital pun memiliki banyak ragamnya. Beberapa contohnya seperti SEO, Social Media Promotion, dan lain-lain. Beberapa social media bahkan sudah menyediakan fitur iklan berbayar untuk mengoptimalkan promosi brand kosmetik milik kamu.

Endorsement Promotion

Promosi berikutnya ini merupakan strategi yang bisa dikatakan baru. Bahkan model promosi ini lebih baru dibandingkan digital marketing. Efeknya pun bagus untuk memberikan citra dan kesan kepada para customer baru maupun lama.

Strategi promosi ini hampir mirip dengan digital marketing. Promosi ini memanfaatkan social media untuk mempromosikan brand kamu. Namun, dalam endorsement, kamu akan bekerja sama dengan salah seorang atau beberapa influencer untuk mempromosikan produk.

Kamu perlu mencari influencer seperti contoh selebgram yang sudah punya banyak followers. Kamu bisa meminta jasa endorsement mereka untuk mengiklankan produk milikmu di akun miliknya.

Selain Instagram, kamu juga bisa memilih influencer di TikTok yang saat ini menjadi salah satu social media yang tak kalah populer dari Instagram maupun Facebook.

Kamu perlu bijak dalam memilih influencer. Alangkah baiknya influencer yang kamu pilih adalah seorang yang sudah berpengalaman meng-endorse produk kosmetik. Tujuannya agar promosi yang mereka lakukan lebih berkualitas.

Direct Marketing

Proses promosi ini dikenal juga dengan sebutan promosi secara langsung. Cara ini memiliki keuntungan tersendiri untuk bisnis kamu, karena prosesnya menggunakan sales representative yang bisa langsung berkomunikasi dengan konsumen.

Direct marketing merupakan kegiatan promosi yang juga bisa langsung mendapatkan interaksi dengan pembeli. Selain itu, sales juga bisa langsung membujuk para customer untuk menggunakan atau membeli barang yang kamu tawarkan.

Untuk melaksanakan strategi pemasaran ini, kamu harus punya tenaga ekstra berupa tim tambahan. Selain itu kamu juga harus punya toko atau stand agar proses direct marketing bisa lebih optimal.

Demikian ulasan seputar bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama di dalam bisnis kosmetik. Bagaimana, cukup mudah bukan?


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​