Home » Strategi Bisnis » Membuka Cabang Bisnis Kosmetik? Perhatikan Hal Ini

Membuka Cabang Bisnis Kosmetik? Perhatikan Hal Ini

Bisnis kosmetik adalah salah satu bisnis yang sangat menggiurkan saat ini, mengingat banyak orang mulai memperhatikan penampilan diri. Oleh karena itu, membuka cabang bisnis kosmetik bisa jadi ide yang sangat baik, khususnya bagi kamu yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuka cabang bisnis kosmetik.

Tips Membuka Cabang Bisnis Kosmetik

Membuka cabang bisnis kosmetik tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Inilah 6 tips atau hal yang harus kamu perhatikan:  

1. Pastikan Bisnis Utama Kamu Sudah Berjalan dengan Baik

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bisnis pertama kamu harus bisa berjalan dengan baik tanpa perlu banyak diawasi. Saat membuka cabang bisnis baru, kamu harus memberikan perhatian lebih pada cabang tersebut.

Ada banyak yang perlu kamu lakukan saat mengurus bisnis baru, mulai dari mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang tersedia pada bisnis kosmetik cabang hingga membiasakan karyawan untuk menaati SOP.

Pekerjaanmu juga semakin sulit ketika kamu harus menarik banyak pelanggan setia pada bisnis barumu.

2. Siapkan Modal yang Dibutuhkan

Membuka cabang bisnis kosmetik bisa memakan modal yang sangat besar,  tergantung tempat kamu membuka bisnis tersebut.

Kamu juga perlu memikirkan penyiapan modal untuk bisnis cabang kamu, apakah kamu sudah punya cukup modal untuk membuka bisnis cabang yang baru? Apakah kamu akan menggunakan dana tabungan atau ingin mengambil pinjaman usaha dari bank?

Jika ingin mengambil pinjaman usaha dari bank, sebaiknya pikirkan juga jaminan, resiko, dan keuntungannya. Penuhi persyaratan seperti sertifikat jaminan, fotocopy KTP, kartu keluarga, laporan keuangan usaha, NPWP, fotocopy buku tabungan dan berbagai dokumen pendukung lainnya sesuai kebijakan masing-masing bank.  

3. Pastikan Kualitas Kosmetik Kamu Cukup Baik

Kosmetik adalah salah satu produk esensial yang bersentuhan langsung dengan kulitmu. Jika kualitas produk kosmetik kamu tidak baik, maka kosmetik buatanmu bisa merusak kulit customer. Jika hal ini sampai terjadi, bisnis kosmetikmu bisa mendapat banyak komplain dari customer.

Kamu bisa bekerjasama dengan pabrik kosmetik untuk membuat produk kosmetikmu sendiri.

Berdasarkan referensi dari Nose Herbalindo, biaya yang dibutuhkan untuk membuat produk kosmetik sendiri adalah kisaran Rp 50–100 juta.

4. Tentukan Model Bisnismu

Ketika membuat bisnis kosmetik yang baru, kamu perlu menentukan model bisnismu, apakah modelnya berupa B2B, B2C, atau kombinasi keduanya. Konsep B2B dalam bisnis kosmetik biasanya memanfaatkan jaringan reseller, seperti yang dilakukan oleh MS Glow. Konsep B2C adalah penjualan yang dilakukan langsung kepada customer, baik melalui toko fisik maupun toko online.

Jika kamu ingin mengkombinasikan kedua model bisnis ini, kamu harus pastikan supply produk yang kamu jual mencukupi.

5. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Bisnis yang baru berarti kamu harus menemukan customer yang baru. Terapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan pasar yang ingin kamu tuju. Langkah-langkah strategi pemasaran yang efektif, yaitu:

Kenali Pelanggan dengan Baik

Langkah pertama pemasaran yang efektif adalah menentukan target pasar. Sesuaikan target pasarmu dengan kosmetik yang kamu buat. Misalnya, produk kosmetik kamu diperuntukkan khusus remaja dengan rentang usia 13-18 tahun.  

Melakukan Promosi dengan Tepat

Lakukanlah promosi yang tepat sesuai dengan target pasar. Pilih channel promosi yang sesuai dengan target pasarmu. Misalnya, target pasarmu adalah usia 18 hingga 25 tahun, maka sosial media adalah channel promosi yang tepat.

Jika target pasarmu adalah ibu rumah tangga yang lebih banyak menonton televisi, maka iklan televisi adalah media promosi yang sesuai. 

Jangan lupa juga untuk melakukan promosi secara rutin dan konsisten. Misalnya, 3 hari sekali posting feed di akun Instagram bisnis kosmetik kamu dengan tema konten yang berbeda-beda. Mulai dari tips menggunakan kosmetik untuk kulit sensitif hingga promo produk terbaru. 

Jalin Hubungan yang Baik dengan Customer

Setelah mendapat atensi dari customer melalui promosi, maka jalinlah hubungan yang baik dengan customer. Menjalin hubungan yang baik dengan customer bisa dilakukan melalui pembuatan akun sosial media bisnis dan membuat toko online sendiri, agar bisnismu bisa berinteraksi dengan customer.

Contohnya, kamu juga bisa memberikan free product atau hadiah khusus kepada customer yang sudah membeli produk kamu.

6. Perhatikan Tren serta Kebutuhan Pasar

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah tren di dunia kosmetik. Dunia kecantikan bergerak dinamis sesuai dengan tren. Kamu harus mengikuti tren dan perkembangan kebutuhan pasar agar bisa bertahan di dunia kosmetik.

Kamu harus terus menerus menciptakan berbagai produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sebagai contoh, saat ini sedang tren liptint yang tidak membuat bibir kering. Maka buatlah produk yang serupa dengan menyesuaikan ciri khas brand kosmetik kamu.

Contoh lain, brand kamu mengusung produk yang aman untuk bibir remaja. Maka, kamu bisa membuat liptint yang kaya akan kandungan minyak nabati agar menghasilkan produk yang mampu membuat bibir customer lebih sehat.

Persiapkan Cabang Bisnis Kosmetik Kamu Sekarang!

Kamu bisa persiapkan bisnis cabang kosmetikmu mulai dari sekarang. Perhatikanlah 6 hal penting di atas agar bisnis kosmetikmu bisa berjalan sukses.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​