Home » Strategi-bisnis » Cara Melakukan Analisa Pasar untuk Bisnis Kosmetik

Cara Melakukan Analisa Pasar untuk Bisnis Kosmetik

Cara Melakukan Analisa Pasar untuk Bisnis Kosmetik

Analisa adalah salah satu strategi pemasaran produk yang perlu diperhatikan, khususnya untuk bisnis kosmetik. Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara melakukan analisa pasar yang baik dan benar untuk bisnis tersebut?  

Di sini kami akan coba menjelaskan tentang pentingnya analisa dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Jadi silakan simak artikel ini hingga selesai untuk menghindari gagal paham.

Penjelasan Tentang Apa Itu Analisa Pasar?

Kami akan coba menjelaskan dari hal yang paling dasar. Analisa pasar merupakan suatu kegiatan mempelajari berbagai masalah mengenai keadaan pasar.

Strategi ini menjadi pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran produk kosmetik milikmu selanjutnya. Perlu dicatat, bahwa produk milikmu tidak mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan atau keinginan yang beragam.

Analisa pasar bisa membantumu untuk mengidentifikasi pembeli atau pasar mana yang akan dilayani sebagai target pemasaran.

Manfaat Analisa Pasar untuk Bisnis Kosmetik

Sebelum kami jelaskan langkah-langkahnya, kami juga wajib memberi tahu kamu manfaat dari analisa tersebut. Tujuannya agar kamu paham betapa pentingnya strategi ini. Berikut manfaat-manfaatnya.

Mendapatkan Konsumen yang Tertarget

Analisa akan membantu kamu untuk mendapatkan konsumen maupun calon konsumen tertarget yang relevan dengan produk kosmetik yang kamu pasarkan.

Melihat Persaingan

Proses analisa pasar juga akan membantumu untuk melihat persaingan bisnis. Kamu juga berpotensi untuk mengetahui seluk beluk kompetitor mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga layanan yang mereka miliki.

Mengurangi Risiko Kerugian

Setiap bisnis berisiko mengalami kerugian. Namun dengan analisa pasar yang kamu lakukan, sedikitnya kamu bisa menguranginya. Hal ini juga bisa membantu kamu untuk mengurangi potensi gagal bisnis.

Membuat Rencana Jangka Panjang

Proses analisa juga akan membantu kamu untuk membuat planning bisnis jangka panjang. Dengan begitu kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih optimal.

Membangun Tren Bisnis

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan yaitu berpotensi untuk menjadi tren bisnis. Karena hasil analisa yang kamu lakukan bisa memunculkan ide-ide baru pada bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini.

Inovasi yang lahir dari ide kreatif kamu akan membantu membangun perusahaan agar menjadi trend setter. Jika sudah demikian, maka penjualan pun akan semakin meningkat.

Cara Melakukan Analisa Pasar dalam Bisnis Kosmetik

Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan analisa pasar. Artinya kamu tidak boleh melakukannya sembarangan. Berikut sudah kami rangkum langkah-langkahnya.

Menentukan Target Pasar yang Relevan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memahami pasar produk kosmetik yang kamu miliki. Seperti yang diketahui, ada banyak sekali jenis produk kosmetik yang saat ini diminati oleh para konsumen.

Contohnya ada kosmetik untuk kulit sensitif, di sisi lain ada juga untuk kulit yang berminyak. Jadi target konsumen mana yang relevan?

Dari permasalahan di atas maka kita bisa mengambil kesimpulan. Jika kosmetik kamu untuk kulit yang berminyak, maka target pasar yang harus kamu fokuskan yaitu konsumen yang punya masalah dengan kulit berminyak.

Melakukan Analisa Permintaan Primer

Cara melakukan analisa pasar berikutnya adalah menganalisa permintaan primer. Caranya masih tetap sama seperti yang kami jelaskan di atas, yaitu kosmetik untuk jenis-jenis kulit tertentu.

Silakan lakukan analisa apa yang menjadi faktor utama konsumen tersebut memilih salah satu dari beberapa jenis kosmetik. Kemudian analisa mana yang paling banyak dicari dan dibutuhkan untuk menemukan produk yang potensial.

Menganalisa Pasar Secara Selektif

Proses menganalisa pasar juga bisa melibatkan konsumen yang loyal pada satu merek tertentu. Kamu bisa menganalisa secara selektif apa yang membuat konsumen tersebut setia menggunakan produk kosmetik pada suatu merek.

Dengan mengetahui alasan suatu konsumen setia terhadap suatu merek, maka kamu bisa menemukan salah satu ‘kunci’ sukses. Hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai formula untuk membuat produk yang dibutuhkan konsumen dan membuat mereka setia pada merek milikmu.

Menganalisa Segmen Pasar

Langkah-langkah sebelumnya akan membantumu untuk mendapatkan data-data tentang kondisi pasar. Selanjutnya kamu kumpulkan data tersebut untuk mengelompokkan konsumen pada segmen-segmen.

Fungsi dari langkah ini yaitu agar produk yang kamu pasarkan relevan. Artinya produk yang kamu pasarkan tidak salah sasaran.

Melakukan Analisa Persaingan

Selain dari sisi produk, lakukan juga analisa persaingan. Caranya yaitu membandingkan tingkat persaingan produk milikmu dengan milik kompetitor. Hal ini bisa membantumu agar bisa mempertahankan kualitas dan siap bersaing dengan pesaing.

Fungsi lain dari analisa yaitu agar produk tidak kalah saing saat berada di pasaran. Maka dari itu, carilah kelebihan dan kelemahan produk kompetitor, lalu implementasikan pada produk yang kamu miliki agar menciptakan produk yang lebih baik dari kompetitor.

Menganalisa Pasar untuk Menemukan Target Potensial

Yang kami maksud target potensial yaitu audiens/calon konsumen atau konsumen yang berpotensi membeli produk kamu. Artinya target potensial adalah orang yang sedang membutuhkan produk kosmetik yang kamu jual.

Proses analisa target potensial ini merupakan langkah terakhir. Dengan melakukan identifikasi target potensial, diharapkan kamu bisa memberikan kepuasan kepada para konsumen yang membeli produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Cara melakukan analisa pasar yang kami paparkan di atas akan membantu bisnis kosmetik kamu berkembang dengan potensi penghasilan yang tinggi. Selamat mencoba.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Melakukan Analisa Pasar untuk Bisnis Kosmetik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​