Home » Strategi Bisnis » Bisnis Kosmetik Sukses, Intip Cara Membuat Konten di Tiktok

Bisnis Kosmetik Sukses, Intip Cara Membuat Konten di Tiktok

Tiktok menjadi salah satu platform yang banyak digunakan saat ini. Konten-konten di dalamnya bermacam-macam dan dapat sangat menghibur di saat orang-orang tengah merasa bosan. Untuk kamu yang sedang merintis bisnis misalnya di bidang kosmetik, Tiktok dapat menjadi sarana untuk memasarkan produk milikmu. Pahami cara membuat konten di Tiktok untuk bisnis kosmetik di bawah ini untuk menarik perhatian pembeli.

Berbagai Ide dan Cara Membuat Konten di Tiktok untuk Bisnis

Kamu ingin mengembangkan bisnis di Tiktok tapi masih bingung caranya? Simak penjelasan ini:

Konten Hashtag Challenge

Konten semacam ini dapat membantu mempromosikan bisnis kosmetik dalam waktu yang terbilang cepat. Kamu dapat memasukkan salah satu produk unggulan ke dalam konten ini.

Kamu dapat menggunakan ide konten yang sudah ada di Tiktok, kemudian kamu modifikasi disesuaikan dengan tujuan promosi yang kamu inginkan. Namun tetap cermat dalam memilih konten yang sesuai dengan brand kosmetik milikmu. 

Beberapa contoh Tiktok challenge yang sesuai dengan promosi bisnis kosmetik diantaranya Pass The Brush Challenge, Fridge Challenge, Any Song Challenge, dan masih banyak lagi. 

Gunakan hashtag yang relevan dengan produk yang ingin kamu promosikan dan pakai hashtag yang mudah diingat. Dengan begitu, konten milikmu akan lebih cepat mencapai target pasar yang diinginkan.  

Konten Deskripsi Produk

Dalam konten ini, kamu dapat membedah secara detail mengenai produk yang kamu miliki. Misal kamu dapat membahas mengenai komposisi bahan yang digunakan, cara penggunaan, proses pembuatan, proses pengemasan, hingga proses pengiriman barang sampai ke konsumen.

Tidak ada salahnya kamu menyebutkan kekurangan yang dimiliki produkmu, namun sebisa mungkin untuk lebih menonjolkan keunggulannya.

Dengan memperkenalkan produk secara lebih jelas seperti ini, kamu dapat memperlihatkan keunggulan yang dimiliki produk kosmetik dibandingkan dengan brand lain. Lebih jauh lagi, konten seperti ini dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam memilih produk kosmetik mana yang paling menarik dan cocok untuknya. 

Konten Beauty Tips & Hack

Makeup merupakan media kreasi bagi para wanita. Biasanya kaum wanita akan meramu sendiri kombinasi makeup yang digunakan hingga menemukan kombinasi yang paling cocok. 

Konten semacam ini tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita karena dapat memberikan inspirasi dalam ber-makeup. Maka dari itu, dengan membuat konten tips dan hack makeup secara rutin dengan menyisipkan konten soft selling akan menambah nilai promosi dan memperluas target pasar. 

Konten Kolaborasi dengan Beauty Influencer

Cara membuat konten di Tiktok untuk bisnis kosmetik selanjutnya dengan mencoba kolaborasi dengan beauty influencer atau orang-orang yang secara profesional terjun langsung ke dunia makeup. Misal Makeup Artist (MUA), Beauty Blogger atau Beauty Reviewer. Cara ini terbukti cukup efektif dan menjanjikan dalam meningkatkan penjualan produk kosmetik. 

Kamu perlu menganalisis terlebih dahulu seperti apa karakter dari audiens beauty influencer tersebut, apakah cocok dengan target market brand kosmetik yang kamu miliki atau tidak. Coba untuk melihat keaktifan audiens dari like dan comment yang ada di akun influencer tersebut.

Kamu dapat menentukan tema terlebih dahulu sebelum mengajak beauty influencer berkolaborasi. Misal membahas isu kecantikan yang ada di masyarakat, membahas bagaimana mereka merintis karir, atau berdiskusi mengenai pandangan mereka terhadap brand-brand kosmetik baik lokal maupun internasional yang beredar di pasaran.

Sisipkanlah poin-poin penting mengenai produk kosmetik milikmu agar dapat membantu meningkatkan rasa ingin tahu konsumen pada produk yang ingin kamu kenalkan.

Konten Behind the Scene

Untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap brand kosmetik milikmu, kamu dapat memberikan transparansi mengenai detail produk yang dimiliki. Kamu dapat memperlihatkan kepada konsumen bagaimana proses pembuatan produk, pengemasan hingga pendistribusian barang.

Dengan cara seperti ini, kamu dapat meyakinkan konsumen bahwa kamu berkomitmen penuh dalam menjalankan usaha tersebut. Perlahan tapi pasti, konsumen akan mulai percaya terhadap produk yang kamu jual.

Konten Tutorial

Cara membuat konten bisnis kosmetik lainnya dengan membuat konten berbagai tutorial makeup. Konten ini lebih kepada membahas cara-cara seputar pembelian, pemesanan, pengiriman dan atau pengembalian barang.

Konten semacam ini cukup penting untuk kamu buat karena ada saja konsumen yang tidak mengetahui proses transaksi yang harus dilakukan. Dengan begitu, kamu akan membangun citra mudahnya bertransaksi di brand kosmetik milikmu.

Gunakan Fitur Live Streaming 

Untuk mendorong penjualan dari brand kosmetik, kamu dapat menggunakan fitur live streaming untuk berjualan secara langsung. Dengan fitur ini, kamu dapat mendapatkan beberapa manfaat untuk bisnis kosmetik, diantaranya:

  • Dapat berinteraksi secara langsung dengan calon konsumen. Mereka juga dapat secara bebas menanyakan mengenai detail produk yang kamu promosikan. 
  • Dapat meningkatkan brand awareness atas brand kosmetik milikmu. Semakin sering produkmu dilihat oleh banyak orang, semakin tinggi kemungkinan untuk meraup keuntungan yang lebih besar.
  • Dapat membantu meningkatkan penjualan secara signifikan, apalagi jika pada saat live streaming kamu memberikan berbagai tawaran menarik pada calon konsumen seperti diskon, cashback, atau menggunakan sistem lelang dengan durasi waktu yang terbatas. 
  • Dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan karena pemaparan produk akan terlihat lebih nyata dibandingkan hanya melihat foto saja.

Itulah berbagai cara membuat konten di Tiktok untuk bisnis kosmetik agar mengalami peningkatan penjualan. Yuk, coba buat konten menarik versi kamu sendiri!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​