Home » Strategi Bisnis » Cara Memperluas Target Pasar Baru Online Bisnis Kosmetik

Cara Memperluas Target Pasar Baru Online Bisnis Kosmetik

Mengembangkan bisnis di bidang kosmetik dengan cara memperluas pasar bisa membantu dongkrak keuntungan. Semakin luas targetnya, semakin besar juga peluang penjualan terjadi. Namun kamu harus tahu cara memperluas target pasar baru terlebih dahulu sebelum memulai.

Saat ini ada banyak cara memperluas target pasar, salah satunya melalui internet. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Cara Memperluas Target Pasar Baru untuk Bisnis Kosmetik

Internet adalah salah satu media yang tepat untuk memperluas jaringan pemasaran produk kosmetik. Akan tetapi, pengetahuan terhadap internet saja tidak cukup. Kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut untuk membantu memperluas jaringan pemasaran.

Memilih Platform yang Tepat

Ada beberapa pilihan platform yang bisa kamu gunakan untuk pemasaran online. Kamu bisa menggunakan website, Facebook, Instagram dan platform lainnya. Silakan pilih salah satu atau beberapa di antaranya.

Kami menyarankan untuk membangun website sebagai media pemasaran. Pasalnya, website dapat membantu usaha kamu agar terlihat lebih profesional. Sementara untuk media sosial, pilihlah salah satu terlebih dahulu agar bisa fokus.

Perhatikan juga aspek-aspek yang lebih mendetail seperti pembuatan konten, gambar, dan lain-lain. Tujuannya agar platform yang kamu gunakan bisa tampak lebih menarik dan terlihat profesional di mata pelanggan atau audiens.

Menjangkau Pasar ke Daerah Baru

Saat ini media sosial seperti Facebook sudah menyediakan layanan iklan berbayar. Salah satu fitur iklan berbayar miliknya bisa membantumu menjangkau pasar yang lebih luas.

Iklan berbayar di media sosial seperti Facebook sudah menyediakan fitur buyer persona. Fitur tersebut memungkinkan produk kamu muncul pada audiens yang benar-benar membutuhkannya. Salah satunya yaitu menargetkan promosi kepada audiens di daerah-daerah tertentu.

Dengan fitur buyer persona, produk kosmetik milikmu bisa menjangkau ke berbagai daerah sesuai dengan keinginan. Silakan cari daerah yang menurut kamu potensial untuk pemasaran.

Imbangi dengan Penambahan Produk

Cara memperluas target pasar baru akan sulit terwujud jika kamu tidak mengimbanginya dengan ketersediaan barang. Artinya, memperluas jangkauan pemasaran memerlukan stok barang yang lebih banyak karena potensi penjualan produk menjadi lebih tinggi.

Silakan kamu hitung dahulu estimasi produk yang akan dipasarkan. Semakin banyak daerah yang kamu targetkan, maka semakin banyak produk yang juga harus kamu siapkan untuk mengimbangi pesanan yang kemungkinan membludak.

Mulai Menargetkan Pasar dan Pelanggan Baru

Selain target pasar baru, kamu juga harus siap menargetkan pelanggan baru karena beda daerah, beda juga pelanggannya. Kamu harus menargetkan kembali promosimu sesuai dengan usia, lokasi, jenis kelamin dan lainnya.

Selain itu gunakan juga platform yang tepat, khususnya dalam memilih media sosial. Contohnya untuk kosmetik yang menyasar pelanggan di usia remaja atau dewasa, maka sebaiknya memilih Instagram saja.

Upgrade Sistem Penjualan

Strategi pemasaran online untuk menjangkau pasar yang lebih luas menuntut kamu untuk memasuki dunia bisnis yang baru. Terlebih jika kamu sudah mempersiapkan website dan media sosial untuk menopang pemasaran.

Strategi pemasaran kamu juga harus ikut berubah seiring dengan berkembangnya inovasi pemasaran perusahaan, terutama dari yang tadinya hanya toko kecil kemudian beralih menjadi besar dengan target pemasaran yang lebih luas.

Strategi pemasaran di internet juga tergolong berbeda. Ada banyak hal yang harus kamu tambahkan mulai dari sistem delivery, metode pembayaran baru yang harus disiapkan, strategi promosi online dan lainnya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memperluas Target Pasar?

Selain mengetahui caranya, kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Persiapan sangat penting agar strategi perluasan target pasar bisa berjalan lancar. Berikut waktu yang ideal untuk memperluas pasar.

Mulai Saat Bisnis Berjalan Secara Stabil

Memperluas jaringan pemasaran hanya bisa berjalan lancar ketika bisnis kamu saat ini sudah berjalan stabil. Jika belum, sebaiknya kamu fokus pada bisnis yang ada saat ini. Jika sudah stabil, kamu dapat menyusun strategi untuk pemasaran yang lebih luas.

Sudah Memiliki Banyak Pelanggan yang Tetap

Memiliki pelanggan tetap adalah indikator bahwa bisnis yang kamu jalankan sudah cukup stabil. Jika pelanggan kamu masih bersifat musiman atau sedikit, kami tidak disarankan untuk fokus pada pemasaran dan target yang lebih luas.

Target Bisnis Sebelumnya Sudah Tercapai

Jika pemasaran bisnis kamu saat ini sudah mencapai target yang kamu inginkan, maka kamu sudah bisa mulai untuk memperluas pemasaran. Dengan menyelesaikan target satu per satu, maka proses pemasaran yang lebih luas akan mudah diwujudkan.

Memiliki Tim yang Solid

Semakin luas target pasar kamu, semakin banyak juga kamu bertemu dengan orang-orang yang baru. Maka, kamu juga harus mempersiapkan tim yang solid untuk membantu kamu mencapai target bisnis yang baru.

Persiapan Dana Mencukupi

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, dalam memperluas target pasar, kamu juga harus memperbanyak produk kosmetik. Hal ini akan menyebabkan peningkatan dana produksi atau modal untuk mewujudkannya.

Cara memperluas target pasar baru yang kami paparkan di sini sedikit banyaknya bisa membantu kamu untuk mengembangkan usaha. Akan tetapi, kamu harus melakukannya dengan persiapan yang matang. Selamat mencoba.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​