Home » Strategi Bisnis » Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil untuk Toko Kosmetik

Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil untuk Toko Kosmetik

Penting bagi para pemilik toko kosmetik untuk mencatat keuangan dengan baik. Salah satu alat bantu supaya tidak repot saat mencatat adalah dengan kas kecil. Tapi sebelumnya, kamu harus mengetahui dulu bagaimana cara mencatat pengeluaran di kas kecil.

Kas kecil atau petty cash adalah dana yang disimpan dalam jumlah kecil untuk operasional bisnis. Misal untuk membayar listrik toko, internet atau bahkan biaya makan karyawan toko. 

Manfaat Kas Kecil untuk Toko Kosmetik

Kas kecil berguna untuk mempermudah dalam pencatatan keuangan bisnis kamu. Dana kas kecil ini berbentuk cash dan dipegang oleh karyawan yang dipercaya pemilik toko. Berikut manfaat lengkap kas kecil: 

Uang Operasional Toko Kosmetik

Dalam dunia bisnis, selalu ada kegiatan operasional yang dilakukan. Seperti tagihan listrik dari pemanfaatan alat kecantikan, lalu juga biaya air untuk toilet. 

Pembayaran tagihan ini masuk dalam pengeluaran bulanan rutin. Nah untuk membayarnya, bisa diambil dari kas kecil ini. Keuntungan kas kecil adalah kamu tidak perlu melakukan pencairan ke bank sewaktu-waktu jika membutuhkan dana untuk keperluan sehari-hari.

Kebutuhan Tak Terduga

Ada kalanya toko mengalami masalah yang tak terduga seperti saat korsleting listrik, padahal sedang ada pelanggan yang memeriksa keadaan kulit. Solusinya dengan langsung memanggil teknisi listrik.

Ongkos teknisi listrik ini diambil dari kas kecil sehingga kamu tidak perlu melakukan pengajuan kepada akuntan untuk mengatasi masalah ini.

Solusi Praktis Untuk Kebutuhan Toko

Keberadaan kas kecil ini sangat praktis untuk keberlangsungan usaha toko kecantikan. Pada bisnis, jika ingin mengeluarkan dana, harus mengajukan dulu dengan format yang cukup rumit. Itupun tidak bisa langsung cair saat itu juga.

Berbeda jika kamu memiliki kas kecil. Hal tersebut jadi lebih praktis. Sebab pengajuan dilakukan sekali waktu. Jika uang yang dikeluarkan bernominal kecil, maka karyawan tak perlu tombok terlebih dahulu untuk keperluan toko.

Cara Mencatat Pengeluaran di Kas Kecil

Ada dua metode pencatatan pengeluaran pada kas kecil. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis toko kosmetik kamu.

Metode Tetap atau Imprest Fund Method

Pada metode ini, jumlah uang pada kas kecil selalu sama atau tetap. Pemegang kas tidak perlu melakukan pencatatan pengeluaran, melainkan hanya mengumpulkan bukti transaksi.

Saat uang sudah menipis atau ada pada batas akhir periode pengajuan, maka pemegang kas mengajukan kembali kepada akuntan. Nominal yang diajukan berdasarkan nota pengeluaran. Akuntan pun memberi kas kecil lagi sesuai dengan jumlah sebelumnya.

Metode Fluktuatif atau Fluctuating Fund System

Berbeda dengan metode sebelumnya, kas kecil di sini ditetapkan sesuai dengan kebutuhan toko kosmetik setiap bulannya. Setiap pengeluaran harus dicatat pada kredit pengeluaran di jurnal kas kecil sehingga kamu bisa mengetahui jumlah kas kecil secara real time.

Lalu pada saat pengisian kembali, nominal yang ditambahkan tidak harus sama dengan jumlah sebelumnya. Akuntan bebas mengisi berapa saja sesuai dengan kebutuhan. Misal pada bulan ini kas kecil diisi Rp 250.000. Lalu pada bulan depan, akuntan mengisi Rp 500.000 karena akan ada service rutin AC toko.

Nah, ini bebas dilakukan jika menggunakan cara mencatat pengeluaran di kas kecil dengan metode fluktuatif. 

Kamu bisa memilih salah satu dari dua metode tersebut sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya semua metode praktis, yang penting pencatatannya dilakukan secara jelas.

Komponen Penting Untuk Mencatat Pengeluaran Toko Kosmetik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencatat pengeluaran pada kas kecil supaya sistem keuangan juga aman dari penyelewengan.

Bukti Pengeluaran

Setiap pengeluaran pada kas kecil harus ada nota, kwitansi atau faktur. Misal untuk membayar tagihan listrik di toko, maka bukti pembayaran harus ada. 

Bukti ini harus disimpan dan dilampirkan saat melakukan pengisian kembali uang kas kecil. Pada metode tetap, kamu cukup melampirkan bukti. Sementara pada metode fluktuatif, kamu sekaligus mencatatkan pengeluaran pada buku kas kecil.

Permohonan Pengisian Kas Kecil

Berikutnya adalah permohonan pengisian kas kecil. Permohonan ini bisa berupa dokumen yang berisi bukti pengeluaran untuk mengisi kembali kas kecil. Pengajuan dilakukan oleh karyawan toko kepada akuntan.

Permohonan Pengeluaran Kas Kecil

Permohonan pengeluaran ini bisa berupa invoice tagihan atau dokumen lain untuk mengeluarkan kas kecil. Diajukan oleh karyawan ke staf pemegang kas kecil.

Bukti Kas Keluar

Terakhir adalah bukti kas keluar yang dibuat oleh akuntan. Dokumen ini diberikan saat pemegang kas kecil melakukan isi ulang dana. Berikan bukti pengisian supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Kemudian, bukti ini disimpan oleh akuntan sebagai bahan evaluasi bersama apabila ada kebijakan yang diralat untuk dana tetap kas kecil, atau hal lainnya. 

Penggunaan kas kecil pada bisnis toko kosmetik sangat disarankan segera diterapkan untuk membackup dana operasional. Namun jumlah dananya tidak perlu terlalu besar. 

Untuk bisnis toko kecantikan yang masih merintis, kamu bisa mengalokasikan dana Rp 1.000.000. Pos ini bisa kamu evaluasi kembali seiring dengan berkembangnya toko. 

Demikian cara mencatat pengeluaran di kas kecil untuk bisnis toko kosmetik. Bagikan artikel ini ke karyawan kamu, supaya bisa dipelajari bersama. Selamat mencoba!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​