Home » Strategi Bisnis » Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Kosmetik

Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Kosmetik

Promosi merupakan cara terbaik untuk meningkatkan angka penjualan. Langkah ini akan membantu produk dikenal lebih banyak orang dan meningkatkan brand awareness. Penting bagi para pebisnis kosmetik untuk mengetahui cara menentukan budget promosi yang tepat. Jika budget-nya dipersiapkan dengan benar, maka promosi pasti akan berjalan lancar.

Setiap bisnis memang perlu menyediakan anggaran khusus untuk promosi. Ini akan mempermudah kamu menggunakan berbagai jenis media untuk mempromosikan produk. Yuk, cari tahu lebih jauh bagaimana penentuan budget promosi tersebut!

Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis

Saat ini, produk kosmetik yang beredar di pasaran begitu banyak jenisnya. Jika kamu tidak melakukan promosi dengan tepat, maka produkmu bisa saja tenggelam di antara produk-produk lainnya. Berikut adalah beberapa cara dalam menghitung anggaran promosi bisnis kosmetik.

Pahami Kondisi Finansial saat ini

Langkah pertama, pahami dulu seperti apa kondisi finansial bisnismu saat ini. Promosi produk membutuhkan biaya dan kamu bisa menjangkaunya dengan kondisi finansial mencukupi. Tentu saja langkah promosi yang akan diambil harus disesuaikan dengan kondisi finansial bisnis agar tidak terlalu sulit untuk dicapai.

Alokasikan dana promosi sesuai dengan kondisi finansial. Jika memang keuntungan bisnismu sedang bagus atau penjualan sedang tinggi, maka kamu bisa mengeluarkan dana lebih untuk promosi. Namun jika bisnis baru dimulai dan belum mendapatkan banyak keuntungan, maka gunakan saja media promosi yang low budget.

Tentukan Target Audiens

Penentuan dana promosi juga harus memperhatikan target audiens. Prinsipnya, semakin luas target audiens promosi bisnis, maka biayanya akan semakin mahal. Begitu juga sebaliknya, biaya akan semakin ringan, jika jangkauan target audiens diperkecil. Jadi tinggal ditentukan saja target audiens yang akan dijangkau supaya lebih mudah menentukan budget pastinya.

Sebuah bisnis tak harus langsung menjadi besar dengan angka penjualan yang tinggi. Mulai saja perlahan-lahan dan tidak masalah jika anggaran promosi masih terbatas. Mulai saja dulu melakukan promosi dengan jangkauan audiens yang kecil. Perluas secara perlahan jika sudah ada dana yang bisa dipakai.

Cari Media Promosi yang Tepat

Saat ini ada banyak sekali pilihan media promosi yang bisa digunakan. Coba untuk memilih dulu mana media promosi yang tepat. Pilih mana yang paling relevan dengan jenis produk dan target pasarnya. Selanjutnya bisa dicari lebih jauh berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk promosi di media tersebut. 

Misal kamu ingin promosi kosmetik lewat Instagram, ada beberapa metode yang bisa dicoba. Pertama, kamu bisa memakai fitur Instagram Ads dengan biaya yang ditentukan oleh luas target audiens dan lama waktu pemasangan iklan. Kamu juga bisa mencoba endorsement. Hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjalin kerja sama endorsement tersebut. 

Buat Rincian Biaya

Segera buat rincian biaya untuk promosi bisnismu. Cara menentukan budget promosi yang jelas dan benar adalah dengan membuat rinciannya. Jadi kamu bisa tahu apa saja kebutuhan promosi yang harus dipenuhi dan berapa besar biaya pasti yang harus dikeluarkan. Misal untuk promosi kosmetik lewat media sosial harus dirinci lagi media sosial apa dan fitur apa yang akan digunakan. 

Tuliskan semua teknik promosi yang akan dipakai dalam rincian tersebut. Jika tak hanya promosi menggunakan digital marketing, lalu tulis juga rincian promosi konvensional yang akan dipakai. Misal pembuatan poster, pemasangan banner, dan lain sebagainya. 

Tentukan Batasan Dana

Promosi produk bisa dilakukan dalam banyak cara. Jika kamu tidak membuat batasan, maka kamu bisa saja terus melakukan promosi dan mengeluarkan begitu banyak biaya. Memang tak ada salahnya untuk rajin melakukan promosi, namun sebaiknya kamu membuat batasan. 

Ingat, kebutuhan dana bisnis itu tidak hanya untuk promosi. Dana bisnis harus dialokasikan untuk berbagai kebutuhan yang lain. Jadi, lebih baik buat batasan dulu berapa banyak dana yang bisa dipakai untuk promosi. Setelah itu, pastikan dana yang sudah ditentukan ini digunakan dengan optimal sehingga promosi bisa berjalan  efektif.

Penyusunan Pembukuan Dana Promosi 

Selain membuat rencana dana promosi, kamu juga harus melakukan evaluasi. Ini dilakukan setelah kamu selesai melakukan promosi dan mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu. Evaluasi dilakukan untuk melihat apakah biaya promosi yang dikeluarkan sudah sesuai dengan kondisi finansial bisnis atau belum. Lalu, bagaimana caranya agar bisa melakukan evaluasi dengan baik? 

Pastikan untuk menyusun pembukuan dana promosi bisnis kosmetikmu. Jadi bukan hanya penjualan dan pembelian saja yang perlu dibukukan, tapi dana promosi juga perlu didokumentasikan. Catatan ini akan sangat efektif digunakan sebagai bahan evaluasi sekaligus acuan untuk melakukan promosi di masa yang akan datang. 

Pembukuan ini harus dibuat serinci mungkin. Catat jenis atau media promosi yang digunakan. Tuliskan juga berapa biayanya dan tanggal berapa dana dikeluarkan. Ini bisa menjadi acuan untuk memperhitungkan kapan sebaiknya dilakukan promosi produk lagi. 

Terapkan cara menentukan budget promosi yang sudah dibahas tadi, ya! Kamu harus merencanakan strategi promosi produk kosmetik dengan matang agar bisa lebih unggul dari kompetitor. Ini juga dilakukan demi mencapai angka penjualan setinggi mungkin agar bisnismu bisa berkembang.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​