Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Kosmetik yang Tepat

Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Kosmetik yang Tepat

Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Kosmetik yang Tepat

Ada banyak pekerjaan yang perlu diurus sebelum kamu menjalankan bisnis kosmetik, salah satunya menentukan gaji karyawan. Sebenarnya cara menentukan gaji karyawan di bidang bisnis kosmetik tidak terlalu rumit karena hampir sama seperti dengan bisnis pada umumnya.

Namun, bagi sebagian orang menentukan nilai yang tepat untuk menggaji karyawan merupakan hal yang cukup memusingkan. Apalagi jika menemukan calon karyawan yang menginginkan gaji di atas kemampuan perusahaan. Pasti sangat merepotkan bukan?

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara menentukan nilai yang tepat untuk menggaji mereka agar kedua belah pihak saling diuntungkan, baik pihak karyawan maupun pemberi kerja atau perusahaan.

Cara Menentukan Gaji Karyawan di Bidang Bisnis Kosmetik

Pelaku bisnis kosmetik pemula pasti banyak yang merasa kesulitan menentukan gaji yang paling tepat untuk calon karyawannya. Jika kamu salah satunya, sebaiknya terapkan beberapa cara berikut.

Lakukan Riset Mengenai Standar Gaji Karyawan

Setiap posisi pekerjaan memiliki standar gaji yang berbeda-beda di masing-masing daerah sehingga kamu perlu mencari tahu berapa jumlah gaji yang umumnya diterima pada masing-masing posisi pekerjaan. 

Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghidupkan jumlah gaji yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Sebab, gaji yang terlalu rendah tentu akan sangat membebani karyawan karena mereka juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.

Sementara gaji yang terlalu tinggi akan merugikan pihak perusahaan atau pemberi kerja karena keuntungan yang didapatkan banyak dikeluarkan untuk menggaji karyawan sehingga keuangan yang diperoleh tidak bisa maksimal dan bisnis pun sudah berkembang.

Rata-rata gaji karyawan di toko kosmetik umumnya mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta tergantung dengan posisi dan daerah tempat bekerja.

Tentukan Berdasarkan Posisi dan Kontribusinya

Di dalam satu bisnis pasti terdiri dari banyak karyawan dengan berbagai keahlian untuk mendukung berjalannya bisnis. Setiap posisi pekerjaan mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda sehingga kontribusi yang mereka berikan pun juga tidak sama.

Semakin besar kontribusi karyawan dalam mengembangkan dan memajukan bisnis, semakin tinggi juga gaji yang mereka terima. Begitu pun sebaliknya.

Tentukan Batasan Gaji 

Cara menentukan gaji karyawan yang tepat untuk bisnis di bidang kosmetik berikutnya, yaitu dengan menentukan batasan gaji yang tepat. Jadi, kamu perlu menentukan seberapa besar batas maksimal dan batas minimal dalam menggaji karyawan.

Cara ini bisa diterapkan pada calon karyawan yang memegang posisi penting yang membutuhkan negosiasi. Calon karyawan yang menawarkan rate gaji melebihi batas maksimal tentu tidak sesuai dengan kriteria yang kamu butuhkan.

Dengan menentukan batas maksimal dan minimal gaji karyawan, kamu bisa lebih mudah merekrut karyawan yang tepat. 

Menentukan Metode Perhitungan Gaji

Sebenarnya metode perhitungan juga mempengaruhi besaran gaji yang akan diterima calon karyawan kamu. Dengan menentukan metode perhitungan gaji, kamu dan calon karyawan bisa lebih leluasa dalam melakukan negosiasi.

Namun, untuk menentukan metode perhitungan gaji yang tepat kamu harus menyesuaikannya dengan posisi pekerjaannya. Apakah pembayaran gaji harus dihitung per jam, harian, atau bulanan?

Misal kamu membutuhkan customer service paruh waktu yang bertugas membalas chat dari pelanggan yang ingin membeli produk kosmetik. Karena posisi pekerjaannya hanya paruh waktu yang artinya tidak bekerja secara full time.Berarti metode perhitungan gajinya bisa dihitung per jam agar sama-sama menguntungkan.

Lain halnya jika kamu membutuhkan SPG produk kosmetik untuk ditempatkan di outlet dengan jam kerja full time. Kamu bisa menggunakan metode perhitungan harian atau bulanan untuk menggaji mereka.

Jangan Ragu Melakukan Negosiasi dengan Calon Karyawan

Alasan sebagian besar orang pindah dari tempat kerja lamanya adalah karena faktor gaji yang mereka dapatkan.  Ada banyak orang yang merasa tidak puas dengan gaji yang mereka terima sehingga membuat mereka mengundurkan diri dan pergi ke perusahaan lain yang lebih menjanjikan.

Agar hal ini tidak terjadi kepada karyawanmu, sebaiknya jangan ragu melakukan negosiasi dengan mereka mengenai gaji yang diinginkan. Jika gaji yang mereka ajukan masih di dalam batas maksimal dan minimal yang sudah ditentukan, kamu bisa merekrut mereka dan memberikan kenaikan gaji atau bonus sesuai dengan performa dan kontribusinya terhadap perusahaan. 

Sesuaikan dengan Biaya Hidup di Wilayah Sekitar

Setiap wilayah di Indonesia memiliki standar biaya hidup yang berbeda-beda sehingga kamu perlu menyesuaikan keputusan saat menentukan gaji yang tepat untuk karyawan.

Pasalnya, setiap bisnis tidak hanya memberikan tempat untuk mengembangkan diri, memberikan pengalaman baru, dan mengapresiasi karyawannya. Namun juga harus memikirkan kesejahteraan karyawan. Jangan sampai saat bekerja di tempatmu, mereka justru kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi, pastikan kamu menentukan standar minimal dan maksimal gaji karyawan sesuai dengan biaya hidup di daerah tempat bisnismu berjalan.

Bagaimana Sudah Siapkah Kamu Menerapkan Cara di Atas?

Dari penjelasan mengenai cara menentukan gaji karyawan tersebut bisa disimpulkan bahwa tanggung jawab seorang pengusaha kosmetik tidak hanya mengenai keberhasilan bisnisnya, tetapi juga harus memikirkan kesejahteraan para karyawannya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Gaji Karyawan Bisnis Kosmetik yang Tepat

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​