Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik, Anti Rugi

Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik, Anti Rugi

Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik, Anti Rugi

Saat mengelola sebuah bisnis dan merilis produk kosmetik di pasaran, kamu harus menentukan harga jual. Dibutuhkan cara menentukan harga jual produk yang efektif agar produk tersebut bisa beredar di pasaran, diminati banyak orang, dan menghasilkan banyak keuntungan. Jangan sampai kamu menetapkan harga jual yang salah sampai akhirnya penjualan tidak menghasilkan profit. 

Prinsip mudah dalam menentukan harga jual produk adalah pilih nominal yang tidak terlalu mahal, tapi juga tidak terlalu murah. Jika harga jual terlampau mahal, maka barang tersebut tidak akan banyak diminati. Sebaliknya, saat harga jual terlalu murah, maka kamu tidak akan bisa balik modal dan mendapat keuntungan. 

Cara Menentukan Harga Jual dengan Mudah

Harga jual produk tidak hanya ditentukan dengan metode kira-kira. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sampai kamu mendapatkan harga jual yang benar-benar tepat. Mari simak 5 cara efektif dan mudah dalam menentukan harga jual produk kosmetik berikut ini:

Tentukan Margin Pricing

Langkah pertama, tentukan dulu margin pricing. Margin ini nantinya akan berpengaruh pada besar keuntungan yang akan kamu dapatkan. Namun agar bisa melakukan perhitungan margin ini, kamu harus menentukan perkiraan harga jual terlebih dahulu. 

Berikut adalah rumus perhitungan yang bisa digunakan:

Margin = (Harga jual – modal membuat produk)/harga jual

Nantinya nilai margin ini akan didapatkan dalam bentuk persentase. Rata-rata batas wajar margin adalah 50%. Ini artinya kamu akan mendapatkan laba 50% dari hasil penjualan produk. Dari perhitungan ini kamu bisa mengetahui apakah harga jual terlalu mahal atau terlalu murah lewat nilai margin

Hitung Markup Pricing 

Berikutnya adalah perhitungan markup pricing. Ini merupakan metode perhitungan yang berkebalikan dengan teknik sebelumnya. Di sini kamu sudah mengetahui berapa banyak persentase margin yang ingin kamu dapatkan. Jadi rumus perhitungannya tinggal kamu balik saja dan kamu akan langsung mendapatkan harga jual. 

Rumus yang bisa digunakan adalah:

Harga jual = Modal + (modal x persentase margin)

Langsung saja tentukan berapa margin yang ingin kamu peroleh, misal 50%. Nantinya kamu bisa mendapatkan harga jual, jika dirasa terlalu mahal maka bisa dikurangi lagi margin keuntungannya.

Membuat Value-based Pricing

Pada dasarnya memang harga produk harus sesuai dengan value atau nilai dari produk itu sendiri. Salah satu cara menentukan harga jual produk yang tepat adalah dengan membuat value-based pricing. Ini merupakan teknik perhitungan harga jual berdasarkan nilai yang akan didapatkan oleh konsumen. Jadi konsumen akan mengeluarkan uang yang sepadan dengan nilai produk tersebut. 

Teknik ini bisa diterapkan saat kamu merilis produk kosmetik limited edition dengan kualitas lebih tinggi dari produk reguler lainnya. Produk ini didesain dengan baik bahkan menyerupai kualitas produk kosmetik dari luar negeri. Di sini kamu bisa langsung menentukan harga jual sesuai dengan nilai yang akan diperoleh konsumen. Itulah mengapa rata-rata harga barang limited edition lebih mahal. 

Sesuaikan dengan Target Pasar

Penentuan harga jual produk juga harus disesuaikan dengan target pasar. Seperti diketahui bahwa saat menjalankan bisnis, kamu harus menentukan siapa target pasarmu. Secara otomatis, kamu harus membuat harga jual yang memang sesuai dengan target tersebut. 

Harga jual yang sesuai dengan kondisi pasar akan jauh lebih diminati oleh banyak orang. Dari sini kamu juga bisa menjadikan kompetitor sebagai bahan pertimbangan. Tentu kamu harus mengamati kompetitor yang segmentasi pasarnya hampir sama denganmu. Harga jual produk yang ditetapkan oleh kompetitor dapat dijadikan acuan untuk produkmu sendiri. 

Terapkan Break Even Pricing

Salah satu cara untuk menentukan harga jual sebuah produk adalah dengan menerapkan break even pricing atau BEP. Ini merupakan penentuan harga yang memperhatikan modal produksi dan permintaan harga pasar. Saat permintaan naik, maka harga produk juga bisa ditingkatkan. Begitu juga sebaliknya saat kondisi permintaan menurun.

Analisisnya, jika penjualan berada di bawah ambang batas BEP berarti bisnismu merugi. Namun jika penjualannya lebih tinggi dari BEP maka kamu berhasil mendapat keuntungan. Teknik ini juga sudah banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis di bidang kosmetik karena dinilai efektif. 

Tentukan Harga Jual Produkmu Sekarang!

Jangan ragu untuk menentukan harga jual produk. Kamu bisa menerapkan beberapa metode yang sudah dibahas tadi. Namun, bagaimanapun juga keputusan harga akan kembali lagi kepada kamu sebagai pelaku bisnis. Pastikan bahwa harga yang sudah kamu tentukan benar-benar tepat dan menguntungkan baik bagi pebisnis maupun konsumen.

Jika kamu sudah menentukan harga jual dan mulai memasarkan produk kosmetik, kamu bisa melihat sendiri sejauh apa efektivitas harga tersebut. Nantinya kamu bisa melakukan evaluasi untuk memperbaiki harga jual sehingga target penjualan bisa tercapai. Tak hanya itu, evaluasi ini juga harus dilakukan demi mencapai target laba yang kamu harapkan dari bisnis kosmetik ini. 

Sesuaikan cara menentukan harga jual produk dengan kondisi bisnismu. Libatkan berbagai data seperti modal, target pasar, dan aspek lainnya agar bisa menemukan harga jual paling tepat. Cari referensi sebanyak mungkin agar kamu tidak melepaskan harga jual yang kurang masuk akal ke pasaran.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik, Anti Rugi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​