Home » Strategi Bisnis » Cara Mengedukasi Konsumen dalam Menggunakan Produk

Cara Mengedukasi Konsumen dalam Menggunakan Produk

Sudah sewajarnya jika perempuan yang baru memasuki usia remaja ingin mencoba untuk menggunakan produk kosmetik. Untuk itu, bagi kamu yang baru pemula atau ingin membantu saudara perempuan juga dapat mengikuti cara mengedukasi konsumen dalam menggunakan produk kosmetik di bawah ini.

Cara Mengedukasi Konsumen dalam Menggunakan Produk Kosmetik bagi Pemula

Para pemula mungkin akan merasa kebingungan saat baru pertama kali belajar menggunakan produk kosmetik. Untuk itu, ada dua hal yang bisa dipelajari agar bisa memakai produk kosmetik dengan aman dan nyaman, yaitu:

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk Kosmetik

Bagi pemula, membeli kosmetik sepertinya masih perlu dipelajari agar tidak menggunakan produk yang salah yang bahkan bisa merusak kulit. Karenanya, perhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum kamu membeli produk kosmetik.

Coba Cari Tahu Tentang Tipe Kulit

Kamu harus mengetahui tipe kulit kamu terlebih dahulu karena biasanya antara tipe kulit kering, berminyak, kombinasi atau sensitif mempunyai konsen tertentu dalam memilih produk. 

Coba Cari Kosmetik yang Sesuai dengan Warna Kulit

Selain jenis kulit, kamu harus memilih produk yang cocok dengan warna kulit. Jika tidak, kosmetik tersebut akan terlihat tidak pas atau gagal saat diaplikasikan ke kulit. Jika kamu membelinya secara langsung di tempat, cobalah untuk memakai tester yang disediakan.

Periksa Kandungan yang Ada di Dalam Kosmetik

Kamu harus mulai mencari banyak informasi terkait kandungan yang boleh dan tidak boleh diaplikasikan ke kulit kamu. Hindari penggunaan kosmetik yang dicampur dengan merkuri walau hanya sedikit karena dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Selektif Dalam Membeli Produk yang Wangi

Kamu mungkin harus menghindari produk yang memberikan aroma dikarenakan ada bahan kimia yang terkandung di dalamnya. 

Periksa Beberapa Bagian Produk

Sebelum kamu membeli produk kosmetik kamu harus memeriksa kemasan, izin edar, dan status halal atau tidaknya suatu produk. 

Jangan sampai kebersihan produk berkurang karena kemasan yang buruk, dianggap ilegal karena tidak terdaftar di BPOM atau ketentuan izin edar lainnya, dan mengandung bahan yang tidak boleh digunakan.

Melakukan Pengamatan Produk Kosmetik Melalui Review Pembeli

Kamu dapat menjadikan review pembeli sebagai patokan dalam membeli kosmetik. Dengan begitu, kamu akan memperoleh sedikit gambaran mengenai produk yang kamu beli akan sesuai atau tidak untuk kulit kamu.

Cara Memakai Produk Kosmetik

Cara mengedukasi konsumen dalam menggunakan produk kosmetik lainnya adalah dengan mengetahui tips memakainya. Karena sebenarnya menggunakan make up harus dibekali dengan teknik yang tepat agar kelihatan cantik saat digunakan. Untuk itu, yuk baca tips ini!

Cuci Muka Sebelum Mengaplikasikan Make Up

Tentunya agar wajah kamu jauh dari kotoran yang mengganggu, kamu harus mencuci muka dan bisa ditambahkan facial foam yang biasa kamu gunakan. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan dalam menggunakan skincare rutin.

Jangan Lupa Aplikasikan Pelembab di Wajah

Sesuai dengan namanya, pelembab dapat membantu kamu untuk melembabkan kulit saat produk kosmetik dipakai. Pakai pelembab secukupnya saja, ya!

Aplikasikan Foundation yang Tepat

Gunakan foundation yang selaras dengan warna kulit kamu agar tampilan terlihat natural. Kamu bisa menambahkan concealer agar noda di wajah dan kantung mata dapat tersamarkan. Spons bisa kamu gunakan agar foundation mengenai seluruh kulit.

Aplikasikan Bedak yang Cocok dengan Tipe Kulit

Bedak tabur cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Untuk pemilik kulit kering, kamu bisa menggunakan bedak padat. Kamu juga bisa mencari tahu mengenai bedak ini dari ahlinya atau ulasan pembeli.

Pakai Eyeshadow dengan Teknik yang Tepat

Untuk memberikan kesan natural, kamu bisa memilih eyeshadow dengan warna coklat. Kamu juga bisa memakai warna yang lebih terang untuk menghasilkan tampilan yang lebih ceria namun jangan terlalu banyak mengaplikasikannya agar terhindar dari penampilan yang menor.

Pakai Blush On di Tulang Pipi 

Blush on akan memberikan kesan cantik pada wajah kamu. Peach adalah warna yang tepat untuk kamu gunakan jika ingin terlihat natural. Gunakan kuas untuk menyebarkannya ke seluruh tulang pipi sambil tersenyum.

Untuk memberikan kesan indah, kamu bisa memberikan highliter di tulang pipi, hidung atau dahi. Catatan penting untuk kamu, keduanya jangan dipakai secara berlebihan!

Gunakan Lipstik yang Sesuai

Pemilik kulit putih mungkin bisa menggunakan lipstik bertemakan nude. Tapi, jangan sampai salah memilih warna karena bibir dapat terlihat pucat. Selain itu, untuk memberikan kesan yang menyegarkan, nude peach sangat cocok digunakan pada pemilik kulit yang lebih gelap.

Tambahkan Alis untuk Mempertegas Tampilan

Bentuk alis kamu harus diwarnai dengan pensil alis agar terlihat lebih elegan. Sebelum menggunakannya, sisir tipis-tipis alis kamu terlebih dahulu.

Lakukan Perawatan Kulit

Kulit yang sehat bisa menunjang tampilan make up kamu menjadi lebih oke. Untuk itu, kamu bisa harus merawat kulit kamu dengan mengikuti pola hidup yang sehat serta memakai skincare yang pastinya sesuai dengan kamu.

Kamu telah mengetahui cara mengedukasi konsumen dalam menggunakan produk kosmetik khususnya untuk pemula. Ayo terus belajar menggunakan produk kosmetik untuk menunjang penampilan kamu, ladies!


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​