Home » Strategi-bisnis » Kesalahan yang Merugikan Bisnis Kosmetik, Wajib Dihindari!

Kesalahan yang Merugikan Bisnis Kosmetik, Wajib Dihindari!

Kesalahan yang Merugikan Bisnis Kosmetik, Wajib Dihindari!

Dalam perjalanan mengembangkan sebuah bisnis, pebisnis akan menemui banyak halangan. Bukan tidak mungkin pebisnis juga akan melakukan kesalahan yang merugikan bisnis. Hal seperti ini juga bisa terjadi pada kamu yang saat ini mengelola bisnis kosmetik. Tentu perlu dicari tahu apa saja jenis kesalahan tersebut sehingga kamu bisa menghindarinya.

Perjalanan bisnis memang penuh dengan liku-liku. Banyak hal yang akan kamu lalui, baik itu hal positif maupun negatif. Tak masalah karena kamu bisa belajar banyak dari semua hal tersebut. Pengalaman inilah yang akan membuat kamu tumbuh jadi pebisnis sukses.

Kesalahan yang Merugikan Bisnis Kosmetik

Banyak jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis produk kosmetik. Sebenarnya wajar jika pebisnis melakukan kesalahan, namun alangkah baik jika bisa menghindari kesalahan seoptimal mungkin. Berikut adalah 5 jenis kesalahan pebisnis kosmetik yang sebaiknya kamu hindari.

Tidak Membuat Rencana Bisnis

Kesalahan pertama yang cukup sering dilakukan para pebisnis, terutama pemula, adalah tidak membuat rencana bisnis. Rencana bisnis ini sangat penting karena sebenarnya dijadikan sebagai acuan atau arah dalam berbisnis. Jika sudah ada rencana bisnis, maka kamu akan lebih mudah mengambil langkah sehingga tujuan bisnis tercapai. 

Rencana bisnis yang dimaksud di sini adalah rencana bisnis jangka panjang dan jangka pendek. Keduanya sama-sama penting dan memberikan kontribusi dalam pengembangan bisnis lebih jauh. Buatlah rincian rencana jangka pendek terlebih dahulu, lalu disusul dengan rencana jangka panjang dengan target yang jauh lebih besar. 

Mengabaikan Posisi Kompetitor

Tak sedikit pebisnis yang mengabaikan posisi kompetitor. Padahal kehadiran kompetitor bisa saja menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnis dan brand-nya sendiri. Dalam bidang bisnis kosmetik, ada banyak sekali kompetitor yang mungkin akan kamu temui. Namun kompetitor ini justru bisa menjadi acuan bagimu dalam mengembangkan bisnis.

Dari kompetitor, kamu bisa belajar bagaimana strategi marketing yang tepat. Kamu juga bisa mengamati produk seperti apa yang mereka hadirkan sehingga pengembangan produkmu lebih terarah. Cari hal-hal positif yang diterapkan oleh kompetitor untuk kamu jadikan acuan agar bisnismu bisa tumbuh lebih besar.

Tidak Mengenali Segmentasi Pasar

Mengabaikan segmentasi pasar juga menjadi sebuah kesalahan yang merugikan bisnis kosmetik. Perlu diketahui bahwa segmentasi pasar adalah poin penting dalam pengembangan bisnis. Produkmu tidak akan laku di pasaran jika kamu saja tidak mengenal segmentasi pasar sendiri. 

Saat seorang pebisnis tidak mengenali segmentasi pasarnya, maka ia akan menjual produk secara asal-asalan. Langkah seperti ini tentu saja tidak efektif. Bisa saja produkmu jadi tidak laku karena kamu menjualnya di pasar yang salah. Oleh sebab itu kenali segmentasi pasar dengan baik dan kembangkanlah secara perlahan agar bisnis tumbuh semakin besar. 

Tidak Mengembangkan Strategi Marketing

Teknik marketing yang sudah kamu terapkan dalam bisnis sebaiknya terus dikembangkan. Jangan hanya terpaku pada satu strategi marketing saja. Kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan menerapkan teknik marketing yang lebih beragam. Ini sangat efektif untuk meningkatkan angka penjualan produk kosmetik yang kamu hadirkan ke publik. 

Misal kamu sudah menggunakan teknik digital marketing lewat media sosial, tapi kamu tidak mengembangkannya ke platform yang lain. Padahal kamu bisa saja menjangkau lebih banyak konsumen lewat e-commerce dan website. Ini penting untuk diperhatikan jika kamu ingin mendapat laba penjualan yang lebih besar. 

Di era digital ini ada banyak media marketing yang bisa kamu eksplor lebih jauh. Jika bisa menggunakan lebih dari satu media marketing, maka pakai saja selama masih sesuai dengan target pasar dan anggaran bisnismu. 

Menunda Inovasi Produk

Kesalahan berikutnya yang juga bisa merugikan bisnismu sendiri adalah menunda inovasi produk. Kosmetik adalah jenis produk yang sebenarnya bisa terus dikembangkan. Kebutuhan masyarakat akan produk ini juga pasti akan terus berubah. Tentu saja mereka akan mencari produk yang kualitasnya jauh lebih baik untuk digunakan.

Jadi sebaiknya jangan menunda inovasi produk-produk yang sudah diluncurkan. Jika formulanya sudah cukup baik, maka cari inovasi di aspek lainnya. Adanya inovasi ini menunjukkan bahwa produkmu dikelola dengan benar dan masih ingin menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Hindari Kesalahan dan Lakukan Langkah yang Tepat

Kini kamu sudah tahu apa saja kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengembangan sebuah bisnis. Pastikan untuk menghindari semua kesalahan-kesalahan tersebut. Lakukan langkah yang tepat agar kamu bisa mengembangkan bisnis lebih besar. Cari referensi lebih banyak agar kamu bisa tahu mana saja langkah pengelolaan bisnis yang benar dan harus dilakukan. 

Supaya lebih mudah untuk mengetahui mana langkah yang benar dan mana yang salah, coba untuk melakukan evaluasi secara berkala. Jika target bisnismu tidak tercapai, maka cari mana yang salah. Dari sini kamu bisa memperbaiki berbagai jenis kesalahan dan menerapkan strategi yang benar sehingga bisnis akan berkembang lebih jauh lagi. 

Kamu mungkin akan menemui banyak jenis kesalahan yang merugikan bisnis lainnya. Tak masalah asalkan kamu mau belajar dari pengalaman dan memperbaiki kesalahan tersebut. Jika memang harus menderita kerugian, maka cari tahu apa yang salah dan perbaiki dengan strategi lain sampai kamu bisa menutup kerugian tersebut.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kesalahan yang Merugikan Bisnis Kosmetik, Wajib Dihindari!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​